Adu Hemat Rawat New Avanza vs Xpander 3 Tahun

New Avanza menggeliat di awal 2019 ini dengan segala hal tentangnya yang menjadi viral, lantaran tampilannya yang berubah di wajah dan bagian lain secara minor.

Rabu, 16 Januari 2019 20:15
Toyota Avanza 2019 (Toyota)
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - New Avanza menggeliat di awal 2019 ini dengan segala hal tentangnya yang menjadi viral, lantaran tampilannya yang berubah di wajah dan bagian lain secara minor.

Ini artinya, Xpander yang jadi saingan berat gantian dapat tantangan. Apalagi New Avanza coba bertahan dengan harga pembuka yang cuma lebih mahal Rp 50.000 dari Xpander untuk komparasi di kelas 1.500 cc (Veloz).

New Avanza memang masih kalah untuk urusan fitur keselamatan. Soalnya, Xpander masih lebih unggul 3-4 fitur. Makanya tahun lalu, Xpander diganjar 4 bintang dari ASEAN NCAP.

Toyota Veloz 2019 (Toyota)

Tapi bagaimana untuk urusan biaya perawatan? Nah ini menariknya. New Avanza bukan cuma seksi karena tampil dalam wajah baru, tapi juga langsung ditempeli program perawatan gratis.

Xpander pun tidak ketinggalan. Mereka punya paket perawatan premium yang ternyata sedang digeber secara cuma-cuma.

Jadi lebih murah yang mana? Mari kita bahas sama-sama di bawah ini. Dimulai dari Xpander.

Namanya juga saingan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kasih promo yang tidak tanggung-tanggung. Mereka punya Paket Smart Tipe Gold yang berlaku buat semua Xpander! Catat ya, ini berlaku di semua tipe!

Di paket ini, pembeli dapat gratis jasa dan part untuk servis berkala biasa, termasuk

Mitsubishi Motors Genuine Oil (MMGO) selama tiga tahun atau sampai 50.000 kilometer.

Tambahannya berupa minyak rem dan radiator coolant (servis berkala 24 bulan/40.000 km), engine flush (setiap servis berkala kelipatan 6 bulan/10.000 km), dan brake cleaner (setiap servis berkala kelipatan 12 bulan/20.000 km).

Gratisan lainnya misalnya di servis berkala 24 bulan/20.000 km, konsumen berhak dapat penggantian spare part seperti filter oli, gasket untuk penutup oli, air filter, dan air cleaner.

Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Buat pembeli Xpander yang pakai paket SMART juga dapat gratis satu tahun asuransi kecelakaan diri untuk empat orang (pemilik, pasangan dan dua orang anak hingga Rp 100 juta.

Gratisan juga berlaku untuk aplikasi water repellent perawatan bodi kendaraan setiap servis berkala kelipatan 6 bulan/10.000 km dan garansi baterai atau aki selama 2 tahun atau 100.000 km.

Masih ada juga gratisan lain layanan jasa towing gratis dengan jarak radius maksimal 20 km selama 1 tahun untuk Pelayanan Darurat 24 Jam. Yang ini sebenarnya berlaku untuk semua tipe mobil Mitsubishi dengan syarat umur kendaraan masih di bawah 1 tahun.

Lalu bagaimana dengan New Avanza? Toyota masih memakai program yang sama seperti Avanza sebelumnya.

"Toyota memberikan free biaya jasa servis berkala 10.000 sampai 50.000 km. Pelanggan hanya membayar biaya material atau komponen yang harus diganti, seperti oli mesin, oli transmisi, sepatu rem, dan lain-lain," kata Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Rouli Sijabat

Yah, mungkin karena mobil barunya tahan harga, konsekuensinya ada di sini. Tapi setiap model Toyota yang dipasarkan resmi di Indonesia dijamin garansi 3 tahun/100.000 km.

"Namun, harus menjalankan kewajiban servis berkala setiap 10.000 km di bengkel resmi Toyota," tambahnya.

Jelas, biaya rawat Xander tiga tahun lebih banyak gratisannya, sementara New Avanza memang sedang viral. Silakan timbang-timbang sendiri sesuai kebutuhan.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami