Adu Fitur All-New Nissan Livina vs Mitsubishi Xpander, Unggul Mana?

Sempat tertunda-tunda, All-New Nissan Livina akhirnya dirilis, Selasa (19/2/2019). Menggunakan basis Xpander, wajah Livina baru seperti kembar dengan MPV Mitsubishi itu.

Rabu, 20 Februari 2019 20:15
All-New Nissan Livina 2019 (Nissan Indonesia)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sempat tertunda-tunda, All-New Nissan Livina akhirnya dirilis, Selasa (19/2/2019). Menggunakan basis Xpander, wajah Livina baru seperti kembar dengan MPV Mitsubishi itu.

Ada lima varian yang ditawarkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Varian terendahnya dipatok mulai Rp 198,8 juta. Harga ini lebih murah ketimbang Xpander, Rp 206,1 juta.

Sedangkan harga varian teratas Livina Rp 261,9 juta, yang mana lebih mahal ketimbang Xpander Rp 260,9 juta.

Wajah keduanya memang tak jauh berbeda. Tapi Livina masih tak menanggalkan grill V-Motion khas Nissan dan lampu depan dual LED berbentuk bumerang, serta day time running light (DRL) LED dan fog lamp.

Sementara interiornya menampilkan kursi berbalut kulit, dengan head unit layar sentuh 7-inci, yang didukung Apple CarPlay dan Android Auto, MID dengan eco indicator.

Livina jua dibekali dengan fitur hill start assist, traction control, vehicle dynamic control, serta fitur keselamatan seperti dual SRS airbag, safety belt 3P ELR 7 pcs, auto hazard light on emergency braking, parking sensor dan kamera belakang. Sistem pengeremannya dilengkapi ABS dengan EBD untuk tipe E MT, EL MT, dan EL AT, serta tambahan BA untuk tipe VE AT dan VL AT.

Sebagai jantung pacu, mesin berkapasitas 1.499cc dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Dengan spesifikasi itu, Livina mampu menghembuskan tenaga hingga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

LMPV teranyar Nissan ini dipasarkan dengan enam pilihan warna, ruby red, sunset orange, black knight, timeless grey, silver tech, dan white pearl.

Sementara itu, ground clearance yang tinggi, 205 milimeter, adalah salah satu keunggulan Mitsubishi Xpander. memiliki mesin yang sama dengan Nissan Livina 2019, tenaga dan torsi yang dihasilkan juga tak memiliki perbedaan.

Tergolong memiliki fitur lengkap untuk kelas LMPV, Xpander juga telah mengadopsi keyless operating system, layar infotainment dengan beragam konektivitas dan DVD player, AC di baris belakang, LED position lamp, coming home light, immobilizer, rem ABS, kendali traksi dan kestabilan, hill start assist, dan dual SRS airbags.

selain itu, Mitsubishi Xpander varian tertinggi juga telah dilengkapi dengan Cruise Control. Fitur ini dinilai sangat membantu, terutama saat melaju di jalan bebas hambatan. Sayangnya Livina baru tak memiliki fitur ini.

Saat jalanan lengang, pengemudi bisa mengaktifkannya pada kecepatan tertentu. Kendaraan bisa melaju stabil, tanpa perlu menginjak pedal gas. Jadi Xpander Ultimate Cruise Control bisa terus berjalan dan naik turun kecepatan hanya dengan mengoperasikan tombol di lingkar kemudi saja.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami