Adu Canggih Fitur Yamaha NMax dengan Honda PCX

Yamaha dan Honda bersaing ketat pada sektor skuter maxi. Apa saja perbedaan yang terdapat pada keduanya?

Jum'at, 09 Februari 2018 12:05
Ilustrasi : Cornelius Candra
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Masyarakat Indonesia sedang gila skuter maxi. Pasalnya, 2 brand penguasa pasar kelas matic 150 cc tengah bersaing ketat. Yamaha memiliki Nmax 155 VVA dan Honda mengandalkan All New PCX segai ujung tombaknya.

Honda PCX 150

Persaingan dua pabrikan asal Jepang tersebut membuat konsumen sulit menjatuhkan pilihan. Keduanya memiliki nuansa yang sama, yaitu skuter dimensi besar dengan transmisi otomatis. Tak hanya sealiran, PCX dan NMax memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Keduanya dikemas dalam fisik yang mewah dan elegan.

Yamaha NMax 155 VVA

Aura maxi-scooter keduanya muncul dari dimensi yang 'gambot'. Selain itu, terdapat windshield besar di atas headlamp yang memperkuat kesan touring. Ban yang menopang kedua motor ini sama-sama bertapak lebar dan tidak menggunakan ban dalam (tubeless). Jika Nmax ditopang dengan ban depan berukuran 110/70 R13 dan diimbangi dengan ban 130/70 R13 pada bagian belakang, berbeda dengan PCX yang menggunakan ban 100/80 R14 yang berpadu dengan 120/70 R14 di buritan motor.

Terdapat selisih kubikasi pada mesin Yamaha Nmax dan Honda PCX. Yamaha menyematkan mesin berkapasitas 155 cc SOHC4 klep lengkap dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), liquid cooled, dan ditopang oleh injeksi Yamaha. Sementara itu, Honda masih setia dengan mesin 149,3 cc SOHC 2 klep tanpa V-Tec yang juga didinginkan dengan liquid dan mendapat asupan bahan bakar melalui sitem injeksi PGMFI.

Kapasitas mesin NMax yang sedikit lebih besar membuatnya unggul dengan torsi sebesar 14,4 Nm pada 6000 rpm dengan power maksimum mencapai 11,1 kW pada 8000 rpm. Angka-angka tersebut sedikit lebih besar dibanding Honda PCX yang menghasilkan tenaga sebesar 10,8 kW pada putaran 8500 serta torsi yang hanya mencapai 13,2 Nm/ 6500 rpm.

Untuk teknologi pencahayaan, Honda PCX lebih unggul karena menerapkan full LED light pada semua lampu yang ada, baik headlamp, lampu sein, dan lampu belakang. Meskipun NMax sudah menggunakan LED pada headlamp, tapi bohlam masih dipergunakan pada lampu sein dan tail light.

Kunci kontak yang digunakan NMax belum secanggih milik Honda PCX. Jika NMax masih menggunakan sistem lama, PCX sudah tidak lagi membuat lubang kunci karena menggunakan sistem Keyless.

Tidak terdapat perbedaan pada keduanya mengenai suspensi depan yang menggunakan teleskopik. Tetapi Yamaha sudah menyematkan suspensi tabung sebagai peredam kejut bagian belakang pada versi ABS, sedangkan Honda PCX menggunakan shock breaker ganda tanpa tabung pada kedua versinya.

Pemilik kedua motor ini tidak perlu turun dari motor ketika mengisi bensin. Pasalnya tutup tangki berada di dek tengah. Untuk membuka tutup tangki Nmax yang berkapasitas 6,6 liter cukup menggunakan kunci kontak. Sementara tangki PCX yang lebih besar 1,4 liter dari Yamaha atau 8 liter, dibuka dengan teknologi smart key.

Kemudi PCX tidak mengalami banyak perubahan dari generasi sebelumnya, berpenampilan naked atau telanjang. Sedangkan Yamaha Nmax memakai stang dengan cover. Biasanya pengguna Nmax mengubah kemudi ini menjadi layaknya skuter matik keluaran Honda tersebut.

Kedua pabrikan tersebut sudah menyematkan speedometer digital dengan penampilan canggih. Jika Nmax dikemas dalam bentuk bulat, PCX memiliki bentuk yang melebar.

Harga yang dipatok oleh Yamaha (yamaha-motor.co.id) untuk meminang NMax 155 non ABS ialah sebesar Rp 26.300.000. Bandrol tersebut Rp 700 ribu lebih mmurah dibandingkan dengan Honda PCX non ABS yang seharga Rp 27 juta (astra-honda.com)

Berdasarkan sumber yang sama, Yamaha NMax 155 ABS dijual seharga Rp 30.200.000, sementara Honda PCX ABS dibandrol Rp 32 juta. Terdapat selisih Rp 1,8 juta antara keduanya.

Pilih yang mana Otolovers? Sesuaikan dengan selera dan budget saja karena keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

 

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami