Ada Truk Pengisi BBM Pesawat Parkir di GIIAS, Begini Cara Mengisinya

Dari display truk yang ada, truk pengisi bahan bakar pesawat terbang cukup menggugah rasa penasaran pengunjung GIIAS.

Minggu, 28 Juli 2019 20:00
Ada Truk Pengisi BBM Pesawat Parkir di GIIAS, Begini Cara Mengisinya Truk Hino Dutro 130 MDL (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Deretan booth di GIIAS memang selalu menarik perhatian. Bukan saja orang tua, anak-anak pun menjadikan area ini seolah sebagai tempat bermain. Mereka kerap berpindah dari kepala truk satu ke truk lain. Mungkin dianggapnya seperti “Transformers”, karena memang ukurannya yang besar-besar.

Dari display truk yang ada, truk pengisi bahan bakar pesawat terbang cukup menggugah rasa penasaran pengunjung GIIAS.

Jenisnya adalah truk Hydrant Dispenser ata tepatnya Hino New Dutro 130 MDL. Kendaraan berat ini digunakan untuk pengisian bahan bakar pesawat secara efisien melalui sistem hydrant yang tertanam di bawah tanah.

 

1 dari 1 Halaman

Cara Pengisian

Cara Pengisian

"Truk Hino Dutro 130 MDL dapat digunakan sebagai truk hydrant dispenser untuk pengisian bahan bakar pesawat yang cepat dan efisien, karena truk ini memiliki sasis yang panjang sehingga dapat digunakan untuk beragam aplikasi, termasuk untuk yang spesial purpose sepert ini, yang kami tampilkan dalam GIIAS 2019," ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motors Sales Indonesia.

Menurut Santiko, Bandara Soekarno-Hatta telah memakai sistem dispenser untuk pesawat yang hendak mengisi bahan bakar di sana, di mana pengisian tidak memakai mobil tangki (refuelling) melainkan saat avtur tiba dari kapal tanker, bahan bakar tersebut melewati proses penyaringan (filter) sebelum masuk ke tangki penyimpanan.

Selanjutnya avtur disaring lagi sebelum ditempatkan di tangki pengiriman dan kemudian dialirkan ke pesawat melalui truk hydrant dispenser ini.

Hino Dutro 130 MDL menggunakan mesin bertenaga 130 PS pada 2.700 rpm dengan torsi maksimal hingga 38 kgm/1.800 rpm serta gross vehicle weight (gvw) 7.5 Ton.

(kpl/nzr/ahm)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami