9 Supercar Paling Langka di Dunia (Part I)

Mobil-mobil super yang sengaja dibuat dengan tujuan memberikan kesan ekstra eksklusif pada pembelinya. Sengaja diproduksi dengan jumlah yang minim, bahkan ada di antaranya berjumlah tidak lebih dari hitungan jari. Dan bagi masyarakat umum, akan hampir mustahil menjumpainya di pasaran.

Selasa, 01 Juli 2014 10:15
9 Supercar Paling Langka di Dunia (Part I) Supercar paling langka di dunia (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil-mobil super yang sengaja dibuat dengan tujuan memberikan kesan ekstra eksklusif pada pembelinya. Sengaja diproduksi dengan jumlah yang minim, bahkan ada di antaranya berjumlah tidak lebih dari hitungan jari. Dan bagi masyarakat umum, akan hampir mustahil menjumpainya di pasaran.

Karena lebih banyak dari mobil-mobil ini berakhir menjadi koleksi pribadi yang memang tidak dijual secara umum dengan jumlah yang masif, maka para penggunanya sendiri datang dari golongan konglomerat berkantong ekstra tebal yang hobi berburu mobil-mobil langka.

Bagi orang-orang berduit, mobil langka jadi semacam genre baru untuk memperlengkap jenis mobil di garasi mereka. Di dalam daftar ini, akan diurutkan sesuai dengan populasinya dari yang paling banyak, sampai yang paling sedikit.

Nah, Mobil super mana saja yang selain memiliki model yang eksklusif tapi juga berjumlah amat terbatas? Ini dia daftarnya.

1 dari 9 Halaman

Ferrari Enzo

Ferrari Enzo

Salah satu mobil super yang cukup banyak jumlahnya karena diproduksi sampai dengan 400 buah di dunia. Enzo sendiri berhenti diproduksi pada tahun 2004, namun jiwanya tidak berhenti di situ saja. Karena beberapa mobil super dengan sengaja dibuat mengadopsi mobil ini untuk dimasukkan pada mobil mereka.

 

Enzo bermesinkan V12 dengan volume sebesar 6,0 liter, mampu melesat sampai dengan 100 km/jam dengan waktu tidak lebih dari 3,2 detik saja.

2 dari 9 Halaman

Maserati MC12

Maserati MC12

Setelah sempat berhenti memproduksi mobil-mobilnya, Maserati melakukan satu gebrakan dengan memroduksi MC12 sebagai salah satu mobil super yang jadi andalan Maserati setelah absen selama hampir 4 dekade.

Menggunakan sasis milik Ferrari Enzo dan mesin V12 berukuran 6 liter yang juga dicomot dari tubuh Enzo, MC12 diproduksi sampai dengan 55 buah. Masing-masingnya di hargai sampai dengan Rp 9.2 Miliar.

3 dari 9 Halaman

Ferrari FXX

Ferrari FXX

Hampir sama seperti Maserati MC12, Ferrari yang satu ini juga berbasis Enzo. FXX merupakan Ferrari dengan tujuan penggunaan racing. Mobil ini terbilang spesial karena jika ingin mengendarainya, kita harus meminta ijin pada Ferrari, meskipun kita sudah resmi memilikinya.

Dengan mesin yang sedikit diperbesar sampai dengan 6,3 liter, V12 milik mobil ini memiliki tenaga yang tidak main-main sampai dengan 800 hp yang membuatnya memiliki kecepatan yang mengerikan bahkan untuk ukuran mobil sport sekalipun. Itulah kenapa mobil ini hanya dibuat 30 buah saja.

4 dari 9 Halaman

Porsche 911 GTi

Porsche 911 GTi

Desain unik ala mobil sport kental terasa pada Porsche 911 GTi, dikarenakan memang Porsche dengan sengaja membentuknya menjadi mobil sport. Namun Porsche mengatakan bahwa mobil ini juga cocok juga jika digunakan di jalanan umum seperti mobil biasanya.

Dengan ukuran mesin 3.6 liter, mobil ini diklaim mampu berakselerasi sampai dengan kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu yang sulit dipercaya, 4 detik saja. Dengan kecepatan maksimal mencapai 306 km/jam. Mobil ini diproduksi dengan jumlah tidak lebih dari 27 buah.

5 dari 9 Halaman

Mercedes CLK GTR

Mercedes CLK GTR

Mobil ini diciptakan hanya 26 buah di dunia. Dengan rincian 20 buah berbentuk mobil coupe, dan 6 buah sisanya roadsters. Mercy CLK GTR merupakan satu proyek yang meneruskan selesainya proyek DTM yang dibuat pada tahun 1996 silam.

Mercy CLK GTR adalah salah satu mobil yang paling ekstrim buatan Mercedes karena menggunakan mesin V12 berukuran 6 liter yang kemudian semakin diperbesar sampai dengan 6.9 liter. Dengan tenaga sampai 600hp, mobil ini mampu berakselerasi sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik.

6 dari 9 Halaman

Lamborghini Sesto Elemento

Lamborghini Sesto Elemento

Lamborghini yang spesial, karena penggunaannya tidak boleh dilakukan di luar track balap. Sesto Elemento juga spesial karena di sekujur tubuhnya menggunakan sasis carbonfiber. Mulai dengan body, sampai suspensi, membuat mobil ini berbobot tidak lebih dari 1 ton.

Mobil ini bertenagakan hingga 562 hp. Dengan mesin yang dikanibalkan dari Gallardo, V12 berukuran 5,2 liter. Mobil ini juga jadi salah satu mobil paling cepat milik produsen berlogo banteng.

7 dari 9 Halaman

Alfa Romeo Stradale

Alfa Romeo Stradale

Untuk ukuran mobil sport, Stradale memang terkesan tua. Tapi supercar, tetaplah supercar. Dengan tahun pembuatan 1967 tidak membuat Stradale berkesan tua, justru kental dengan aroma racing di sekujur tubuhnya.

Dengan akselerasi maksimal yang bisa ditempuh hanya dalam 5,5 detik saja, terasa cukup spesial karena mesin yang disematkan hanyalah berukuran 2 liter yang kemudian menghadiahi Stradale tenaga sebesar 230 hp. Jumlahnya tidak lebih dari 18 buah di dunia.

8 dari 9 Halaman

Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno

Satu lagi monster yang dibuat oleh Lamborghini tertanam pada diri Veneno. Dengan harga yang spektakuler, sampai dengan Rp 48 miliar, nyaris harganya tidak bisa ditandingi oleh merk mobil manapun.

Konsep futuristik, dan penampilan garang pada Veneno membuat Lamborghini sadar bahwa kelasnya harus ditingkatkan, itulah kenapa tidak labih dari 3 buah coupe dan 3 buah roadster dihasilkan. Mobil ini dibekali dengan mesin V12 bervolume 6,5 liter dengan tenaga sampai dengan 740hp

9 dari 9 Halaman

McLaren F1 LM

McLaren F1 LM

McLaren yang lebih terkenal sebagai tim lomba balap Formula satu juga tidak ketinggalan memroduksi mobil super sebagai produk mahal mereka. Model dari F1 LM terlihat sangat sporty dengan adanya front splitter dan rear diffuser serta sayap yang besar dari GTR.

Mobil ini dibuat hanya berjumlah 5 buah saja, plus dengan 1 buah mobil purwarupanya. Bersenjatakan mesin V12 dengan volume 6,1 liter, mobil ini mampu melakukan akselerasi sampai dengan 100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik saja.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami