9 Produk Bersejarah Milik BMW

BMW alias Bayerische Motore Werke di awal kelahirannya merupakan produsen dari mesin pesawat terbang, yang rencananya digunakan untuk kepentingan multifungsi, baik kendaraan komersil maupun kebutuhan perang.

Minggu, 29 Juni 2014 09:15
9 Produk Bersejarah Milik BMW Beberapa produk bersejarah milik BMW (foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - BMW alias Bayerische Motore Werke di awal kelahirannya merupakan produsen dari mesin pesawat terbang, yang rencananya digunakan untuk kepentingan multifungsi, baik kendaraan komersil maupun kebutuhan perang.

BMW yang setelahnya lebih menekankan pada produksi mobil, hingga saat ini dikenal sebagai produsen mobil mewah. Dengan ciri khas double kidney, yang jadi semacam 'hidung' pada tiap produk yang dihasilkan pabrikan asal Jerman ini.

Konsisten mengekspansi ke seluruh dunia, BMW juga masuk ke pasar mobil di seluruh dunia, seperti benua Asia dan Amerika yang tidak luput dari 'jejak kaki' BMW, termasuk juga Indonesia.

Merk mobil yang sering 'dibelokkan' dalam bahasa Inggris disebut 'Bavarian Motor Works' setelah sekian tahun eksis, makin menunjukkan keagungan produk-produknya yang bersejarah. Ini dia beberapa di antara yang terbaik dari sejarah BMW.

1 dari 9 Halaman

Mesin Pesawat

Mesin Pesawat

Produk awal dari BMW yang merupakan cikal bakal dari mesin-mesin mobil handal lainnya dimulai dari sini. BMW IV dibuat tahun 1918 sebagai salah satu bagian pesawat terbang.

Mesin dari pesawat terbang ini terbilang sangat kuat, karena di eranya, mesin BMW ini mampu terbang sampai 9.760 meter dengan kinerja maksimal dari karburatornya.

2 dari 9 Halaman

BMW R32

BMW R32

Inilah produk dari BMW yang mungkin paling berbeda, karena BMW yang satu ini adalah motor, bukan mobil. R32 masih belum menggunakan sistem rantai pada penggeraknya, namun dengan model boxer. Dan dari R32 inilah, motor-motor BMW lainnya akan mengikuti sistem model boxer dan drive shaft.

3 dari 9 Halaman

BMW 3/15 PS DA 2 Limousine Sal

BMW 3/15 PS DA 2 Limousine Sal

Mobil pertama keluaran BMW yang satu ini tampil di publik pada tahun 1926, dengan menggunakan mesin 748 cc 4-silinder. Maksimal kecepatan dari mobil ini bisa sampai dengan 75 km/jam.

Body dari mobil ini sejatinya merupakan produk dari Austin Seven. Namun kemudian BMW membeli lisensinya sehingga resmi jadi milik BMW.

4 dari 9 Halaman

BMW 328

BMW 328

Bisa dikatakan ini adalah salah satu sportcar yang paling mutakhir di jamannya. Mobil ini diciptakan pada tahun 1939. Meskipun pada dasarnya mobil ini adalah mobil untuk keperluan sehari-hari, namun BMW membuatnya jadi fleksibel untuk keperluan balap.

Bobotnya amat ringan, bahkan bisa diangkat oleh satu orang saja karena menggunakan magnesium dan alumunium ringan.

5 dari 9 Halaman

BMW 700 LS Coupe

BMW 700 LS Coupe

BMW 700 LS Coupe diciptakan saat terjadinya resesi ekonomi dunia pada tahun 1959. Sehingga BMW 700 LS tidak menggunakan mesin di depan, namun menggunakan mesin sepeda motor boxer 2-silinder 700cc di bagian belakang.

Itulah kenapa pada akhirnya kita tidak akan menemukan 'hidung' khas dari BMW yang biasanya nongkrong di bagian depan mobil buatan BMW.

6 dari 9 Halaman

BMW Isetta

BMW Isetta

Mungkin Isetta adalah mobil paling aneh dan unik yang pernah diproduksi BMW, karena bentuknya yang kecil disebabkan oleh krisis dunia tahun 1955 memaksa BMW membuat mobil dengan ukuran yang lebih kecil.

Mobil ini terinspirasi bentuk dari kulkas, sehingga pintu masuk ke dalam kabin juga dibuat menyerupai kulkas. Bubble car adalah nama akrabnya, sukses dijual hingga lebih dari 160 ribu unit sampai tahun 1962.

7 dari 9 Halaman

BMW 3.0 CSi

BMW 3.0 CSi

Tahun 1962 merupakan tahun yang revolusioner bagi BMW, karena pada tahun inilah BMW memproduksi BMW 3.0 CSi. Penggunaan pilar B sebagai penguat atap dari mobil membuat mobil ini terlihat kokoh.

Logo dari BMW juga tidak ketinggalan disematkan pada sisi belakang body mobil ini. Lebih tepatnya di pilar C, sehingga semakin jelas bahwa ini adalah produk BMW.

8 dari 9 Halaman

BMW 507

BMW 507

Khas dari BMW 507 yang atap terbuka terlihat jelas, otot yang menampilkan ketegasan semacam muscle car terbangun jelas pada mobil ini. Jelas, mobil ini mengadopsi desain muscle car ala Amerika dikarenakan desainernya sendiri merupakan orang Amerika, Count Goertz.

Mobil ini sempat dimiliki Elvis Presley dan dicat merah hanya karena penyebab yang amat remeh, bekas lipstik dari penggemarnya yang selalu ada dan membuat Elvis harus terus membersihkannya.

9 dari 9 Halaman

BMW M1

BMW M1

BMW M1 adalah cikal bakal BMW M-series yang juga merupakan sportscar besutan kerjasama antara BMW dengan Lamborghini yang bermesin tengah. Mobil ini diproduksi untuk keperluan balap.

Hanya saja saat itu Lamborghini mengalami krisis, sehingga proyek dari mobil ini diambil alih sepenuhnya oleh BMW. Setelah itu BMW terus mengeluarkan M series sebagai penerusnya, mulai M635, M5 dan M3 sampai saat ini.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami