Menilik Keistimewaan Generasi Pertama Ford Fiesta!

Saat ini, di Indonesia saja Ford Fiesta telah menjadi sebuah City Car idaman yang memiliki wujud mempesona dengan fitur dan teknologi paling canggih. Lalu bagaimana wujud generasi pertamanya?

Selasa, 28 Januari 2014 15:15
Ford Fiesta Mark 1
Editor : Sony

Otosia.com - Saat ini, di Indonesia saja Ford Fiesta telah menjadi sebuah City Car idaman yang memiliki wujud mempesona dengan fitur dan teknologi paling canggih. Bahkan pada tahun 2013 lalu, small city car hatchback ini dinobatkan sebagai 'Best Small Hatchback of the Year' dalam ajang 'Editor's Pick Awards 2013'.

Varian terbaru Ford Fiesta yang telah beredar saat ini berada di garis keenam keturunan Fiesta. Sedangkan generasi pertamanya muncul pada tahun 1976 dengan nama Ford Fiesta Mark 1. Melihat kembali dalam perkembangan sejarahnya, Ford Fiesta ini awalnya dikembangkan dalam sebuah proyek yang diberi nama 'Bobcat' di penghujung tahun 1972, namun ia baru bisa masuk kamar produksi di tahun 1976.

Ford Fiesta Mark 1 front view

Sebelum dipakaikan label 'Fiesta' sebenarnya ada nama lain yang dulu sempat akan dijadikan label mobil tersebut, yaitu 'Bravo'. Namun, Henry Ford II, CEO Ford Motor Company tahun 1960-1972, memutuskan bahwa mobil baru tersebut akan menggunakan nama 'Fiesta', sedangkan nama Bravo dipakai sebagai label edisi spesialnya.

Setelah menjalankan beragam penelitian dan eksperimen, akhirnya Ford mampu menyajikan mobil small front wheel drive pertama mereka, Ford Fiesta Mark 1.

Ford Fiesta Mark 1 rear view

Tunggangan dengan bentuk wajah mengotak khas tahun 70an ini awalnya menggunakan dua varian mesin 'Kent', yakni 975cc dan 1117cc yang masing-masing menyemburkan tenaga 40/47 hp dan 53 hp. Baru setahun setelah peluncurannya, Ford menghadirkan Fiesta bermesin 1300cc yang menghasilkan tenaga 66 hp.

Ford Fiesta Mark 1 XR2

Ia juga hadir dalam versi sport, yakni Ford Fiesta MK1 XR2. Baru diluncurkan tahun 1978, XR2 dibekali mesin yang lebih besar, yakni 'Kent' 1599cc, yang mampu meledakkan tenaga maksimal hingga 84 hp. Dengan mesin tersebut, ia mampu melesat dari 0-100km/jam dalam waktu 9.4 detik dengan top speed yang mencapai 169km/jam.

SIMAK BERITA FORD FIESTA LAINNYA

(kpl/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami