8 Teknologi Mutakhir Pencegah Kecelakaan Mobil

Demi mendapat simpati dan impresi dari masyarakat calon konsumen, banyak produsen mobil berinovasi dengan menaburkan teknologi-teknologi safety berkualitas pada produk mereka.

Selasa, 05 Agustus 2014 09:15
8 Teknologi Mutakhir Pencegah Kecelakaan Mobil Teknologi safety untuk mobil (Foto: Ilustrasi)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Beberapa tahun belakangan perkembangan mobil dengan perlengkapan keamanan selalu jadi pertimbangan yang utama bagi para konsumen untuk menentukan apakah mobil tersebut layak beli atau tidak.

Efeknya, demi mendapat simpati dan impresi dari masyarakat calon konsumen, banyak produsen mobil berinovasi dengan menaburkan teknologi-teknologi safety berkualitas pada produk mereka.

Memang pada akhirnya mobil-mobil tersebut harus diberikan 'banderol' cukup tinggi demi kompensasi yang seimbang sesuai dengan fitur keamanan yang mumpuni tersebut. Tapi dipercaya hal itu tidak akan mengurangi minat masyarakat kepada mobil yang dipasarkan.

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang dikembangkan untuk melakukan tindakan preventif terhadap kecelakaan yang marak dikembangkan oleh produsen-produsen mobil ternama.

1 dari 8 Halaman

Blind Spot Censor

Blind Spot Censor

Dalam posisi yang tidak sejajar, mobil yang ada di dekat mobil anda, namun berada di posisi belakang dan diluar jangkauan pengelihatan, bisa disebut berada dalam posisi blind spot.

Teknologi blind spot censor memang tidak akan memberikan visibilitas jelas terhadap mobil tersebut, tapi paling tidak akan memberikan notifikasi dan pemberitahuan supaya lebih berhati-hati dengan adanya mobil tersebut.

2 dari 8 Halaman

Distance Control Assist

Distance Control Assist

Teknologi ini memungkinkan mobil yang berada di antara jarak tertentu untuk tetap berjalan pada kondisi yang aman satu sama lain. Sehingga kedua mobil tersebut bisa terhindar dari kecelakaan.

Mekanisme teknologi ini adalah dengan menentukan jarak tertentu sebagai patokan apakah mobil tersebut perlu untuk dikurangi kecepatannya atau tidak, sehingga tetap berada di rentang jarak yang aman.

3 dari 8 Halaman

4 Wheel Steering

4 Wheel Steering

Kendala oversteer yang kerap kali muncul pada mobil berpenggerak roda belakang sejatinya mampu diatasi dengan baik menggunakan 4 wheel steering. Karena teknologi ini juga akan menyesuaikan sudut pada roda belakang untuk mengikuti laju mobil.

Teknologi 4 wheel steering sementara ini memang lebih lazim digunakan untuk mobil berpenggerak roda belakang.

4 dari 8 Halaman

Adaptive Front Light System

Adaptive Front Light System

 

Teknologi ini cukup terkenal saat iklan Mazda 6 dipertontonkan dan membuat banyak orang pada akhirnya paham apakah fungsi Adaptive Front Light System.

 

Mobil yang memiliki teknologi ini akan mempunyai kemampuan untuk melihat dari sudut yang cukup sempit saat melewati sebuah tikungan, karena headlight dari mobil tersebut akan lebih dahulu menyorot tikungan yang ada di depannya.

 

 

5 dari 8 Halaman

Intelligent Cruise Control

Intelligent Cruise Control

Teknologi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Distance control assist, yakni memberikan jarak aman dengan mobil yang ada di depan.

Hanya saja, penggunaan kata Intelligent di sini difokuskan pada fungsi untuk memberikan keleluasaan pada pengemudinya, sehingga kaki bisa non-aktif menginjak pedal gas saat berada di kecepatan yang konsisten.

6 dari 8 Halaman

Around View Monitor

Around View Monitor

Dengan kamera berjumlah 5 buah, teknologi ini terlihat jauh lebih mutakhir daripada parking assist yang umumnya memiliki kamera yang jauh lebih sedikit.

Around View Monitor memungkinkan kita untuk melihat dari beberapa sudut pandang, bahkan dengan menggunakan helicopter view yang secara spesifik memberikan pemetaan kepada mobil kita di layar monitor.

7 dari 8 Halaman

Lane Departure Warning

Lane Departure Warning

Kondisi mengantuk sering membuat mobil berada dalam kecepatan yang cukup tinggi, namun dengan setir yang terkadang kurang konsisten, sering berada dalam kondisi 'hampir' berbelok dalam beberapa momentum.

Fitur teknologi ini menggunakan notifikasi berupa suara, sehingga saat pengemudi mengantuk, kemudian berada di luar jalur secara mendadak dan tidak wajar, akan ada peringatan khusus yang 'membangunkan' pengemudinya.

8 dari 8 Halaman

Infra Red

Infra Red

Teknologi infra red memanfaatkan semacam 'night visionyang bisa digunakan oleh konsumennya untuk melihat media-media di depan mobil yang kurang bisa terlihat jelas menggunakan mata telanjang.

Dengan keberadaan infra red, pengemudi mampu untuk mengetahui apakah ada objek, mobil atau orang yang berada di luar jangkauan headlight, terutama saat malam hari tiba.

BERITA UNIK DAN MENARIK LAINNYA

    (kpl/fjr)

    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT


    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami