8 Pasang Mobil ini Sering Dianggap 'Mirip'

Kesamaan rumah produksi, kemiripan desain, bahkan sampai penggunaan nama demi mendongkrak penjualan sering menjadi alasan satu mobil bisa mirip dengan yang lainnya.

Senin, 01 Desember 2014 22:15
8 Pasang Mobil ini Sering Dianggap 'Mirip' Mobil-mobil yang dianggap mirip (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Apabila dilihat pada rentang waktu beberapa tahun kebelakang, tren mobil kembar seringkali dikait-kaitkan dengan eksistensi mobil populer seperti Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Daihatsu Terios-Toyota Rush, serta salah satu yang paling terkenal adalah Toyota Avanza-Daihatsu Xenia.

Tapi selain kedua produsen raksasa Toyota dan Daihatsu yang satu sama lain saling berbagi desain, model dan identitas tersebut ternyata masih banyak lagi mobil dengan kondisi 'kembar' yang tersebar luas di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Beberapa kriterianya antara lain adalah kesamaan identitas, kemiripan desain eksterior dan interior. Sehingga di beberapa momen, banyak pecinta otomotif yang akan merasa 'pangling' pada beberapa merk mobil yang mirip satu sama lain.

Dalam daftar ini ada 8 'pasang' mobil yang satu sama lain yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya juga telah dipasarkan di Indonesia. Check this out, Dude!

1 dari 8 Halaman

Daihatsu Sirion-Toyota Passo

Daihatsu Sirion-Toyota Passo

Kembali Daihatsu dan Toyota berbagi desain yang satu sama lain saling mirip. Sirion yang cukup populer di tanah air ternyata memiliki 'kembaran' di belahan bumi yang lainnya pada diri Toyota Passo. Entah sengaja atau tidak, tapi keduanya memiliki identitas dan kemiripan yang nyaris menyeluruh. Terutama pada lekuk tubuh di bagian kap mobil. Selain itu, bagian buritan mobil dari Sirion dan Passo juga saling mirip. Sebenarnya kedua mobil ini juga masih memiliki satu kembaran lagi pada diri Perodua Myvi.

2 dari 8 Halaman

Daihatsu Xenia-FAW Jilin

Daihatsu Xenia-FAW Jilin

First Automobile Works atau disingkat 'FAW' merupakan salah satu produsen mobil yang berdomisili di Jilin, Tiongkok. Dimana salah satu produknya, memiliki kemiripan di sisi model dengan Daihatsu Xenia. Mobil yang dihasilkan memang tidak sepopuler Xenia, tapi dengan miripnya model mereka, bisa jadi satu sama lain akan memanfaatkan nama dan popularitasnya untuk mendongkrak hasil penjualannya.

3 dari 8 Halaman

Lancer EX-Proton Inspira

Lancer EX-Proton Inspira

Proton sebagai salah satu produsen ternama di Negeri Jiran dengan bangga mempersembahkan salah satu karyanya yang memiliki desain cukup familiar, yakni Proton Inspira. Dimana desain dari Inspira mungkin saja 'Terinspirasi' dari model sporty ala Mitsubishi Lancer EX yang lebih dahulu dilaunching dan populer. Kesan sporty otomatis tertanam pada Proton Inspira yang mirip dengan Lancer.

4 dari 8 Halaman

Nissan March-Renault Pulse

Nissan March-Renault Pulse

Renault Pulse yang memang tidak masuk ke pasar Indonesia ternyata memiliki wajah yang hampir sama dengan Nissan March. Salah satu yang membuat mobil ini mirip mungkin adalah eksistensi Nissan March yang di luar negeri bernama Micra. Sehingga saat disandingkan, satu sama lain akan memancarkan model yang nyaris sama. Renault Pulse sendiri bisa dikatakan memiliki wajah yang sedikit lebih garang daripada Nissan March/Micra.

5 dari 8 Halaman

Peugeot 107-Citroen C1

Peugeot 107-Citroen C1

Entah mungkin mengikuti jejak Daihatsu-Toyota yang saling berbagi kemiripan karena mereka satu negara, Peugeot dan Citroen juga memiliki masing-masing produk yang memiliki kemiripan pada diri Peugeot 107 dan Citroen C1. Kabarnya bahkan C1 dan 107 memiliki jantung pacu yang juga sama persis, sehingga secara performa di aspal kedua mobil ini juga tidak terlalu berbeda.

6 dari 8 Halaman

Proton-Youngman Europesta

Proton-Youngman Europesta

Nyaris sebelum ini belum ada nama Youngman Europestar yang muncul di permukaan sebagai mobil yang bahkan 'ada', karena pabrikan Youngman Europestar berada di Tiongkok. Yang notabene memiliki banyak sekali pabrikan mobil dengan reputasi nyaris sama. Dengan bentuk gril yang nyaris sama, bahkan bentuk 'sela' pada bagian tengah gril juga sama. Proton Gen2 sendiri dilaunching di Malaysia semenjak tahun 2004, dengan basis sebagai mobil hatchback, meskipun sekilas lebih mirip sedan.

7 dari 8 Halaman

Suzuki Splash-Vauxhall Agila

Suzuki Splash-Vauxhall Agila

Pabrik mobil asal Britania, Vauxhall, memiliki satu mobil yang cukup mirip dengan salah satu mobil hatchback paling populer di Indonesia, yakni Suzuki Splash. Baik secara ukuran tubuh dan mesin, keduanya cukup memiliki kesamaan, terutama lampu indikator di bagian belakang mobil. Hanya saja, secara subjektif Vauxhall Agila menjadi tidak mirip dengan Suzuki Splash karena eksistensi logo pada gril depan yang sedikit mengaburkan kemiripan mereka berdua.

8 dari 8 Halaman

Toyota Camry-Daihatsu Altis

Toyota Camry-Daihatsu Altis

 

Lagi-lagi Daihatsu dan Toyota saling berbagi kemiripan pada mobil yang mereka produksi. Lebih membingungkan lagi karena Daihatsu memiliki mobil dengan nama yang sama dengan mobil yang telah diproduksi Toyota. Pada diri Daihatsu Altis.

Mobil ini secara fisik memang sangat mirip dengan Toyota Camry. Lebih spesifik lagi, Daihatsu Altis buatan 2006-2010 malah nyaris sama dengan Toyota Altis itu sendiri. Seakan-akan orang melihat Toyota Altis dengan logo Daihatsu.

 

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami