8 Mobil Suzuki yang Disuntik Mati, Mulai Estilo Hingga Ignis

Selama beberapa tahun, Maruti Suzuki menjadi brand otomotif paling populer di India. Tapi ada beberapa model Maruti Suzuki yang harus dihentikan sepak terjangnya, karena terlalu tua ataupun sepi peminat.

Jum'at, 15 Februari 2019 11:45
Maruti Suzuki Celerio versi India (GaadiWaadi)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com -

Selama beberapa tahun, Maruti Suzuki menjadi brand otomotif paling populer di India. Tapi ada beberapa model Maruti Suzuki yang harus dihentikan sepak terjangnya, karena terlalu tua ataupun sepi peminat.

Berikut ada delapan model yang disuntik mati sejak 2011 :

1. Zen Estilo (2007-2013)

Maruti Suzuki Zen Estilo versi India (gaadiWaadi)

Estilo di India menggantikan keberadaan hatchback ikonik Suzuki, Zen, sejak 2007. Tapi beberapa tahun dipasarkan, desain Zen Estilo tak bisa menarik perhatian konsumen India. Suzuki sempat menyegarkan Estilo untuk menarik pasar, tapi malah gagal.

2. A-Star (2008-20014)

Maruti Suzuki A-Star ini adalah model pertama Suzuki yang menggunakan mesin bensin K-series di pasar India. Tapi sayangnya, A-Star tak pernah menjadi populer. Alasan utamanya adalah soal harganya yang terlalu tinggi.

3. Kisazhi (2011-2014)

Hanya tiga tahun usia Kisazhi sebagai model sedan premium pertama Suzuki di India. Model ini didatangkan Suzuki secara CBU, dan tentu harganya tak murah. Meski menyandang predikat premium, harga mahal Kisazhi membuat konsumen tak berminat dengan sedan penantang Toyota Camry dan Honda Accord.

4. SX-4 (2007-2014)

Maruti Suzuki SX-4 versi India (GaadiWaadi)

SX-4 dihadirkan Maruti Suzuki ke pasar India untuk menggantikan Baleno sedan. Di awal kemunculannya, SX-4 luar biasa populer. Tapi 2014 adalah tahun merosotnya penjualan SX-4, hingga akhirnya ia digantikan oleh Ciaz.

5. Grand Vitara (2007-2015)

Maruti Suzuki Grand Vitara adalah mobil impor lainnya yang diboyong Suzuki ke pasar India. Dulu Grand Vitara hanya ditawarkan dalam satu versi saja, mesin bensin. Tapi karena rendahnya peminat, 2014 Maruti Suzuki akhirnya menyuntik Mati SUV ini, tapi beberaa varian masih dijual pada tahun 2015.

6. Ritz (Splash) (2009-2017)

Maruti Suzuki Ritz versi India (GaadiWaadi)

Setelah Suzuki merilis Ignis di pasar India, Suzuki menyuntik mati Ritz atau Splash jika di pasar Indonesia, pada tahun 2017. Selama menjelajah pasar India, Suzuki hanya menjual Ritz sebanyak 400.000 unit, dan itu juga untuk pasar fleet.

7. Celerio Diesel (2014-2017)

Maruti Suzuki Celerio menjadi mobil pertama yang ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis (AMT). Selain itu juga Suzuki menawarkan mesin diesel parallel-twin silinder. Tapi malah tak diminati pasar, sejak itu Suzuki tak lagi menawarkan mesin yang sama untuk semua modelnya di India.

8. Ignis Diesel (2017-2018)

Maruti Suzuki baru saja menydahi Ignis diesel di pasar India. Hal ini lantaran adanya peraturan baru dari pemerintah India soal mesin. Ignis diesel tak memenuhi standar BS-VI, dan karena permintaan yang rendah maka, Ignis diesel akhirnya disuntik mati.

SUDAH BACA INI BELUM?

 

 

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami