8 Mobil Keluarga 'Second' Pilihan di Indonesia

Mobil dari kelas MPV selalu jadi pilihan utama saat para konsumen mobil sudah mulai mempertimbangkan faktor kapasitas untuk seluruh keluarga. Karena kebiasaan masyarakat kita yang lebih senang saat berkendara bersama-sama dan dalam kondisi kabin yang semarak.

Minggu, 22 Juni 2014 09:15
8 Mobil Keluarga 'Second' Pilihan di Indonesia Pilihan beberapa mobil MPV tangan kedua (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil dari kelas MPV selalu jadi pilihan utama saat para konsumen mobil sudah mulai mempertimbangkan faktor kapasitas untuk seluruh keluarga. Karena kebiasaan masyarakat kita yang lebih senang saat berkendara bersama-sama dan dalam kondisi kabin yang semarak.

Kapasitas bagasi dan akomodasi penumpang jadi prioritas untuk jadi pertimbangan sebelum membeli mobil MPV tertentu. Dan lebih jauh lagi sejauh apa kenyamanan yang akan ditawarkan pada konsumen.

MPV yang masuk dalam daftar di sini merupakan MPV dengan kapasitas 7 orang dengan harga tidak lebih dari 250 jutaan. Dan mayoritas mobil-mobil ini merupakan mobil tangan kedua produksi tahun di atas 2008.

Nah semoga pilihan mobil-mobil di bawah ini bisa menjadi pilihan yang pas buat anda dan keluarga.

1 dari 8 Halaman

Toyota Avanza G

Toyota Avanza G

Primadona di bagian MPV memang tak diragukan lagi eksistensinya. Toyota Avanza yang secara konsisten 'meninggalkan' Xenia dalam perburuan konsumen bahkan juga telah sukses dengan memproduksi versi Luxury-nya tahun ini.

Secara spesifik mobil yang diproduksi pertama kali tahun 2010 ini merupakan mobil penunjang mobilitas keluarga. Dengan kapasitas 7 orang, mobil ini jadi mobil yang paling ramai terlihat di jalanan. Sayangnya bangku belakang mobil ini terasa agak sempit.

Dengan mesin berukuran 1.496cc dan bertenaga hingga 109hp, memang tidak membuat mobil ini kencang, namun yang jelas kenyamanan dan harga yang ekonomis bagi masyarakat kita akan jadi nilai plus tersendiri. Harga Toyota Avanza G adalah Rp 125-135 jutaan.

2 dari 8 Halaman

Proton Exora Star

Proton Exora Star

Pabrikan Malaysia ini mulai merambah pasar mobil Indonesia pada tahun 2011 dengan Exora-nya yang menawarkan banyak sekali fitur, namun dengan harga yang terjangkau. Dan model ini dianggap paling murah dan terjangkau dibanding dengan clan Exora lainnya.

Mobil dengan mesin sebesar 1.598cc ini memang tidak terlalu memiliki bantingan yang nyaman, namun yang jelas kapasitas mobil 7 orang ini terasa lebar dan lega baik untuk headroom dan legroomnya.

Di sekujur tubuh Exora Star terdapat banyak fitur. Mulai bluetooth, cupholder, audio control, dan lainnya. Membuat uang Rp 120 jutaan tidak akan terbuang percuma.

3 dari 8 Halaman

Nissan Grand Livina 1.5

Nissan Grand Livina 1.5

Mobil ini dikenal multifungsi, selain itu punya performa prima yang membuat mobil tangan kedua-nya pun masih banyak dicari. Bisa dikatakan Nissan Grand Livina yang satu ini punya bantingan suspensi yang paling nyaman di antara 7 mobil lainnya.

Mobil berkapasitas mesin 1.498cc ini memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat sekalipun digunakan di dalam kemacetan kota. Sehingga terhitung ekonomis.

Hanya saja memang bangku penumpang paling belakang terasa paling tidak lega karena legroom yang kecil. Jadi pasti akan terasa tidak nyaman untuk perjalanan jauh. Mobil ini dibanderol seharga Rp 145 jutaan.

4 dari 8 Halaman

Honda Freed

Honda Freed

Seakan tak ingin terlihat biasa saja, Honda membentuk Freed menjadi mobil yang modis untuk keluarga, terlihat dari grillenya yang khas ala Honda namun dengan body yang besar akan muat untuk seluruh keluarga.

Mobil ini nyatanya menggunakan blok mesin sama persis dengan Honda Jazz. Suspensinya lembut, sehingga anggota keluarga juga akan nyaman masuk di kabin mobil ini.

Honda Freed dibangun dengan jantung pacu sebesar 1.497cc, meskipun tidak berbekal kecepatan yang baik, tapi yang jelas konsumen juga akan merasa semuanya terbayar dengan kenyamanan yang terbayarkan sejumlah Rp 180 jutaan.

5 dari 8 Halaman

Nissan Serena

Nissan Serena

Mobil buatan tahun 2010 yang satu ini memiliki akomodasi pas untuk sekeluarga yang ingin bepergian bebarengan. Jok dalam kabin terasa nyaman dan empuk, eksistensi pintu geser juga membuat mobil ini makin terlihat mewah.

Mobil dengan mesin 2 liter ini memang tidak didesain untuk kecepatan tinggi, nyatanya mobil ini akan mudah untuk limbung di kecepatan di atas 80 km/jam, feedback dari setirnya juga dirasa tidak terlalu bagus.

Tapi selain itu semuanya, kapasitas besar, headroom lega serta tempat menaruh barang-barang dengan cukup leluasa membuat mobil ini serasa pantas untuk dihargai sampai dengan Rp 225 jutaan.

6 dari 8 Halaman

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova

Selain pada diri Avanza, Toyota juga menjadikan Kijang Innova senjata andalan untuk meraup sebanyak mungkin konsumen dengan kebutuhan kendaraan untuk keluarga. Hanya saja Kijang Innova menawarkan kelebihan khusus pada ukuran kabin yang lebih lega.

 

 

Harga jual stabil membuat mobil dengan tahun buatan 2010 ini juga tetap dicari meskipun sudah ada model terbaru dari Toyota Kijang Innova. Model yang sedikit konvensional tak membuat masyarakat berkurang niatannya untuk memburunya.

Untuk Toyota Kijang Innnova tangan keduanya dihargai sekitar Rp 180 jutaan.

 

7 dari 8 Halaman

Mazda 5

Mazda 5

Mobil ini sejatinya dibuat sebelum Mazda menggalakkan penggunaan SKYACTIVE pada produk-produk angkatan barunya. Dimana Mazda juga memberikan pembaharuan supaya mobil MPV nya juga tersemat SKYACTIV.

Mobil ini terlihat paling sporty dan stylish, fun to drive-nya juga membuat mobil ini tetap tidak kehilangan pesona meskipun diproduksi tahun 2008. Pintu slide-nya juga membuat mobil ini terlihat mewah.

Mobil dengan mesin berukuran 1.999cc ini mempunyai tenaga sampai 136hp dan handlingnya juga sangat baik. Dihargai di pasaran sebesar Rp 170 jutaan.

8 dari 8 Halaman

Chevrolet Orlando

Chevrolet Orlando

Meskipun secara reputasi masih sedikit dibawah Chevrolet Captiva, tapi Chevy Orlando menawarkan sesuatu yang berbeda daripada Captiva, dengan eksistensi kabin theater yang terasa memberi kesan signifikan pada penumpangnya.

Namun harus diperhatikan, bahwa mobil dengan kapasitas 1.798cc ini sedikit 'ngos-ngosan' apabila harus dihadapkan dengan trak naik dan membuat driver yang mengendarainya jadi bekerja ekstra karena torsi mobil yang rendah.

Mobil ini memiliki fitur untuk melipat bangku sehingga ruang ekstra bisa didapat segera setelah bangku dilipat, dan Chevy Orlando jadi mobil paling mahal di daftar ini dengan harga di kisaran Rp 250 jutaan.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami