8 Kisah Anak Bangsa di Kancah Otomotif Dunia

Putra-putri terbaik bangsa Indonesia rupanya takkan kalah kalau bersaing dalam kancah otomotif dunia bro. Ini buktinya!

Minggu, 17 Agustus 2014 09:00
8 Kisah Anak Bangsa di Kancah Otomotif Dunia Putra-putri terbaik bangsa di kancah otomotif dunia

Editor : Sony

Otosia.com - Di dunia otomotif internasional yang semakin semarak dengan hadirnya wajah-wajah baru dengan prestasi mereka yang luar biasa tentunya menjadi api penyemangat tersendiri bagi mereka atau bahkan Anda yang berniat untuk menggeluti bidang yang sama.

Mulai dari segi desain mobil hingga terjun sendiri dalam karir sebagai pembalap, atau bahkan menunjukkan kehandalan dan dedikasi yang unik di bidang mobil dan motor, tak sedikit dari wajah berseri penuh ide dan kreatifitas mereka kerap menjadi inspirasi yang penuh janji.

Tapi jangan salah, anak terbaik bangsa Indonesia juga tak kalah dari mereka yang berasal dari Eropa, Afrika maupun Amerika sekali pun, baik di segi dedikasi, prestasi atau pun kreatifitas.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tercinta, mari simak kisah 8 putra-putri terbaik Tanah Air di kancah otomotif dunia berikut ini!

1 dari 8 Halaman

Jeffrey Polnaja

Jeffrey Polnaja

Kisah petualangan biker legendaris Tanah Air, Jeffrey Polnaja, di 5 benua besar dunia telah menjadi cerita yang didengar tak hanya oleh para biker Indonesia, melainkan hampir biker di seluruh dunia.

Ditemani sahabat setianya, sebuah BMW R1150GS Adventure, putra Bandung kelahiran 18 Juni 1962 ini menjadi penjelajah dunia pertama asal Indonesia yang mengemban misi perdamaian yang disambut hangat oleh hampir setiap penduduk negara yang ia lewati.

Telah tuntas melewati lebih dari 78 negara, ia berencana bakal berkelana hingga 220.000 kilometer melintasi negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan hingga Australia dan direncanakan kembali ke Tanah Air secepatnya di tahun 2015.

Bravo 'Jurik Jalanan'!

2 dari 8 Halaman

Chris Lesmana

Chris Lesmana

Siapa sangka seorang putra asal Bandung ada yang memiliki peran besar di balik sejarah hebat salah satu tunggangan legendaris dari Volkswagen. Ia adalah Chris Lesmana, seorang desainer kreatif yang mengharumkan nama Indonesia di dunia dalam kancah desain mobil internasional.

Dari tangan seorang Chris Lesmana, desain anyar dari generasi ketiga VW Beetle atau yang juga dikenal di Indonesia dengan sebutan VW kodok ini tercipta. Mobil buatannya diluncurkan pertama kali di serentak di 3 tempat, yakni New York, Berlin dan Shanghai pada 19 April 2011 lalu.

Lesmana yang saat ini tinggal di Jerman membuat sosok VW Beetle menjadi lebih proporsional dan cantik dengan aura feminim yang lebih kental. Tubuh mungilnya dibuat makin rendah dan bundar, roda yang lebih besar dan juga interior yang makin sporty.

Yang lebih hebat dari pria santun berkacamata ini adalah prestasi yang diperoleh dari satu hasil karyanya yang lain, yakni Volkswagen Up!. Mobil mungil tersebut sukses melewati proses seleksi ketat yang kemudian dianugerahi sebagai World Car Of The Year tahun 2012.

Salut bro!

3 dari 8 Halaman

Didit Hediprasetyo

Didit Hediprasetyo

Satu lagi putra bangsa yang memiliki nama besar di bidang desain mobil internasional. Ia adalah Didit Hediprasetyo, putra dari calon presiden Prabowo Subianto, desainer kawakan yang membuat rancangan paling istimewa untuk automaker raksasa asal Jerman, BMW.

Didit yang merupakan alumnus dari sekolah desain Parsons di Paris, Perancis, sebelumnya telah banyak menuai prestasi di bidang pengetahuan dan seni busana berskala internasional.

Baru di tahun 2012, Didit membuat sejarah baru bersama BMW Series 7 Individual Faceliftyang sisi interior dan eksteriornya ia rancang. Bukan sekadar mobil biasa, melainkan model sedan mewah istimewa yang jumlahnya hanya ada 5 unit di seluruh dunia.

4 dari 8 Halaman

Stephanus Widjanarko

Stephanus Widjanarko

Alumnus ITB yang satu ini tercatat menjadi salah satu pemuda Indonesia yang sukses menorehkan prestasi di dunia desain mobil. Bukan sembarang mobil, pria bernama lengkap Stephanus Widjanarko ini merupakan salah satu engineer yang bertugas untuk membuat desain mobil balap F1 di Italia.

Sukses secara akademis dengan Indeks Prestasi Komulatif 3.95 (IPK) dari skala 4, ia lantas melanjutkan pendidikan setelah mendapat beasiswa S2 di bidang Engineering Fluid Dynamics/Sustainable Energy Technology di Universitas Twente, Belanda.

Tephie, panggilan akrab Stephanus, sejak kecil bermimpi untuk bisa bekerja di perusahaan F1 karena kerap diajak sang ayah menonton serunya adu cepat mobil tersebut. Impian tersebut berhasil ia capai beberapa tahun setelah mengentaskan pendidikan S2-nya.

Kini ia merupakan salah satu anggota kebanggaan dalam tim Scuderia Torro Roso yang merupakan tim junior Red Bull Racing.

5 dari 8 Halaman

Ricky Elson

Ricky Elson

Sosok Ricky Elson dikenal sebagai salah seorang pemuda jenius kelahiran 1980 yang mendapat julukan 'Putra Petir' dari menteri BUMN, Dahlan Iskan. Dari otak cemerlang putra Minang inilah Mobil Listrik Nasional 'Selo' tercipta.

Di usia yang sangat muda, Ricky Elson telah tercatat sebagai penemu 14 teori tentang motor listrik yang kini menjadi paten milik Jepang. Ia juga pernah menjadi kepala Divisi penelitian dan pengembangan teknologi permanen magnet motor dan generatir NIDEC Corporation, Kyoto, Minamiku-Kuzetonoshiro cho388, Japan.

Pulang dari negeri Bunga Sakura, Ricky bersama Dahlan Iskan mengembangkan teknologi mobil listrik dan renewable energi sembari menunggu kepastian nasib tunggangan ramah lingkungan tersebut dari pemerintah.

Mobil Selo buatan Ricky bergerak dengan motor listrik tunggal bertenaga 107 hp. Motor tersebut digabung dengan transmisi otomatis 6-percepatan dan didukung dengan paket baterai 360V. Dengan kemampuan tersebut Selo mampu menembus kecepatan tertinggi hingga 200 km/jam.

6 dari 8 Halaman

Rifat Helmi Sungkar

Rifat Helmi Sungkar

Berkali-kali mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, seorang Rifat Sungkar bisa dibilang sebagai salah satu pereli Tanah Air yang paling berprestasi.

Lahir di Jakarta 22 Oktober 1978, Rifat yang tumbuh besar di lingkungan keluarga pereli menunjukkan potensi dan mulai dikenal semenjak menjuarai Kejurnas Reli tahun 2005. Karena prestasinya yang mengharumkan nama bangsa, Rifat dianugerahi Satya Lencana Prama Krida Pratama sebagai atlet indonesia terbaik di cabang olahraga rally oleh Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Rifat Sungkar adalah driver pertama yang mampu menempatkan bendera merah putuh di podium kemenangan pertamanya dalam acara Asia Pasific Rally Championship bersama M. Herkusuma di tahun 2006.

Semenjak itu, Rifat mulai menunjukkan 'taringnya' di kancah reli dunia dengan menuai beragam prestasi baik di kelas nasional maupun internasional yang menjadi kebanggaan bumi Nusantara. 

7 dari 8 Halaman

Perdana Putra Minang

Perdana Putra Minang

Di usianya yang masih sangat belia, Perdana Putra Minang sanggup mengibarkan bendera Merah Putih hingga kancah Internasional setelah menjuarai berbagai ajang balap gokart.

Kiprah Perdana yang lahir pada 23 Maret 2001 ini di dunia balap gokart dimulai sejak sang ayah membawanya menonton sebuah ajang balap di Jakarta tahun 2008. Di tahun yang sama, ia mulai menorehkan prestasi dengan menjuarai beberapa kelas balap pemula.

Setelah berada di bawah naungan Red White Racing Team, pemuda belia ini akhirnya sanggup 'mekar' dan mengharumkan nama Indonesia dengan mencatatkan berbagai prestasi di kelas internasional seperti juara III AKOC 2011 di Macau, Juara II Copa Trofeo Griffone di Napoli, Juara II Rotax Invitational Race 2012 di Malaysia dan banyak lagi.

8 dari 8 Halaman

Alexandra Asmasoebrata

Alexandra Asmasoebrata

Siapa bilang dunia balap hanya untuk kaum Adam saja? Jangan salah, lihat dulu laga 'Kartini' Tanah Air nan cantik yang jago balap ini. Alexandra Asmasoebrata kelahiran 23 Mei 1988 ini adalah pembalap perempuan Indonesia pertama di kelas gokart dan Formula pertama yang menembus dunia internasional.

Kepiawaian si cantik ini dalam membesut tunggangan balapnya mulai nampak sejak debutnya di ajang gokart kadet 60cc di usianya yang saat itu masih 12 tahun. Terus menapaki karir di dunia balap sampai ke tingkat ASEAN dan dianugerahi penghargaan MURI sebagai pembalap perempuan pertama Indonesia.

Mulai dari mengikuti kualifikasi Formula BMW Scholarship tahun 2004 di Spanyol, langkah Alexandra di dunia balap makin kencang. Hingga namanya sebagai pembalap perempuan pertama tak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh Asia makin besar.

Beberapa prestasi yang pernah ia raih diantaranya adalah 2002 1st champion National Kart Championship, 2005 1st champion National Kart Championship, 2005 13th World Championship Junior rotax max dan 2005 1st China Formula Campus Asian Division.

(kpl/sno)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami