8 Kebiasaan Buruk 'Parkir Mobil Sembarangan' di Indonesia!

Kebiasaan parkir sembarangan memang kerap menjadi problema yang membudaya hingga saat ini. Alih-alih karena alasan jalan sempit atau karena terburu-buru memang seolah menjadi cara paling banyak dipakai.

Senin, 08 September 2014 20:30
8 Kebiasaan Buruk 'Parkir Mobil Sembarangan' di Indonesia! Mobil parkir sembarangan (Foto: social media)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Kebiasaan parkir sembarangan memang kerap menjadi problema yang membudaya hingga saat ini. Alih-alih karena alasan jalan sempit atau karena terburu-buru seolah menjadi cara agar areal kosong yang bukan semestinya, menjadi sah untuk dijadikan tempat parkir.

Bukan hal yang luar biasa jika membicarakan soal pelanggaran parkir ini. Salah satu kota yang terkenal dengan kepadatan penduduk, Jakarta, misalnya mulai hari ini, Senin (08/09/2014), aturan denda bagi pemarkir liar mulai diberlakukan. Tak tanggung-tanggung, bahkan Pemprov DKI Jakarta secara tegas mengenakan denda hingga Rp 500 ribu untuk para pelanggarnya.  

Pelanggaran pun rupanya tidak hanya di kota besar itu saja, di daerah-daerah lain pun masih kerap ditemui pelanggaran ini. Tak hanya warga, aparat pemerintahan pun rupanya pernah tertangkap kamera melanggar aturan ini. 

Berikut otosia merangkum 8 pelanggaran parkir yang pernah terjadi di Indonesia. Sebagai tambahan informasi, ada satu fakta unik di dalam berita ini yang mungkin akan membuat Anda tertawa. Ikut halaman selanjutnya.

1 dari 8 Halaman

Dilarang Parkir

Dilarang Parkir

'Peraturan ada untuk dilanggar', bagi para pengendara di Indonesia, istilah tersebut tentu saja sudah akrab di telinga kita. Meski demikian, agaknya istilah tersebut kurang begitu berkenan karena peraturan ditujukan untuk kesejahteraan banyak pihak.

Meski sudah terpampang ada rambu-rambu larangan untuk berhenti di area tersebut, mobil Isuzu Panther tersebut nampaknya tidak terlalu menggubrisnya. Kira-kira, jika satu pelaku itu menyulut puluhan pelanggar lain, apakah tidak akan kacau lalu lintas di daerah itu?

2 dari 8 Halaman

Salah Parkir

Salah Parkir

Sebuah kisah unik juga pernah terjadi di ruang lingkup DPR RI. Mobil mewah BMW X6 itu ketahuan sering salah parkir di tempat ketua DPR RI. Padahal pemilik mobil yang bernama Pieter C Zulkifli Simabuea diketahui saat itu menyandang status sebagai Komisi III DPR RI.

Karena ulahnya yang kerap salah parkir tersebut, sempat membuat petugas pengamanan dalam (Pamdal) Kompleks gedung parlemen bingung dibuatnya. Hal itu disebabkan Pieter selalu marah-marah saat diingatkan. Bahkan wakil ketua DPR RI Pramono Anung, juga sempat menyinggung kelakuannya tersebut.

3 dari 8 Halaman

Trotoar Alternatif

Trotoar Alternatif

Alih-alih karena jalan yang sempit atau karena alasan lain, jalan trotoar yang memiliki fungsi utama dan diperuntukkan untuk para pejalan kaki, justru punya fungsi alternatif sebagai trotoar parkir mobil.

Seandainya ada pejalan kaki yang lewat, mau tidak mau harus turun trotoar dan melewati aspal jalanan. Dengan demikian tidak bisa dipungkiti bahwa pejalan kaki ini justru semakin terancam bahaya karena rawan terserempet mobil atau pun motor.

4 dari 8 Halaman

Tempat Parkir Sepeda Motor

Tempat Parkir Sepeda Motor

Meski sudah jelas-jelas marka parkir ini diperuntukkan khusus untuk sepeda motor, mobil ini masih saja parkir sembarangan. Menurut sumber foto yang diambil dari tanjungpinangpos, mobil tersebut tengah berada di bawah payung hukum Tanjung Pinang. Karena ulah Toyota Avanza yang melanggar lahan parkir tersebut, petugas akhirnya harus menggembok rodanya guna memberikan efek jera.

Ironisnya, peristiwa ini terjadi ketika hukum ini sudah ditegakkan beberapa bulan di daerah tersebut. Mungkin pemiliknya masih menggunakan istilah 'Patuh kalau ada yang lihat'.

 

5 dari 8 Halaman

Parkir di Tempat Sholat

Parkir di Tempat Sholat

Kalau foto yang satu ini memang pernah populer di salah satu thread kaskus. Bukan sepenuhnya salah parkir, tapi memang area parkir ini biasa dipakai untul sholat Jumat.

Mungkin karena pemiliknya lupa, Toyota Avanza tersebut akhirnya tetap mangkrak disana. Menurut sumbernya, foto tersebut diambil sebelum sholat Jumat dimulai. Kalau dipikir-pikir memang terasa miris tapi juga ingin ketawa melihatnya.

 

6 dari 8 Halaman

Mobil Mewah

Mobil Mewah

Kalau ini, salah parkir yang pelakunya justru dilakukan oleh para pengguna mobil mewah. Dari gambar-gambar ini, didapati dua Nissan GT-R dan Porsche nampak parkir sembarangan.

Padahal sudah sangat jelas ada rambu lalu lintas berwarna merah putih di depan mereka yang menunjukkan bahwa areal itu memang bukan untuk parkir.

7 dari 8 Halaman

Mobil Dinas

Mobil Dinas

Kasus gembok mobil yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan juga pernah menimpa mobil dinas TNI AL. Tak pandang bulu dan jabatan, petugas dari Dinas Perhubungan Tanjung Pinang tersebut mengunci ban sehingga dipastikan mobil Daihatsu Xenia itu tidak akan kabur.

Menurut saksi mata di lapangan, seperti yang dirilis oleh Tanjungpinangpos, pengendara mobil tersebut adalah para anak muda berjumlah tiga orang yang tidak diketahui pasti identitasnya.

8 dari 8 Halaman

Mobil Polisi

Mobil Polisi

Pelanggar dan kelakuan salah parkir yang terakhir ternyata pernah dilakukan oleh oknum kepolisian. Entah karena ada keperluan seperti apa mobil Polisi tersebut bisa parkir di lokasi yang jelas-jelas tertera rambu-rambu 'dilarang berhenti sampai rambu berikutnya'.

Semoga saja karena urusan dan kepentingan keamanan demi ketertiban bersama. Kalau bukan kan malah menjadi citra buruk dan contoh yang tidak baik bagi pengguna jalan lain.

(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami