8 Kasus Curanmor Paling 'Menghebohkan' di Awal 2015

Awan kelam menyelimuti dunia otomotif roda dua di Indonesia rentang Januari sampai Maret. Banyaknya kasus curanmor dan begal memaksa masyarakat jadi harus lebih waspada.

Senin, 09 Maret 2015 22:15
8 Kasus Curanmor Paling 'Menghebohkan' di Awal 2015 Kasus curanmor (Foto: istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Banyak sekali kabar yang tidak mengenakkan tentang kasus yang melibatkan kendaraan bermotor. Begal, pencuri maupun rampok dilaporkan banyak sekali bergentayangan di sekitar Bekasi, Depok, Jakarta, Makassar, Sidoarjo dan banyak kota lainnya.

Hal ini terjadi selain karena ketidakawasan korban, lolosnya pengawasan para penjahat dari mata para petugas yang berwenang serta supply motor baru yang sedikit banyak 'menyilaukan' beberapa pihak untuk mendapatkannya dengan cara yang tidak dibenarkan.

Berikut ini adalah 8 kasus curanmor yang terjadi di awal 2015 yang paling sempat tertangkap CCTV di seluruh Indonesia. Korban kerugian tidak hanya berupa kendaraan bermotor, namun juga harta lain bahkan juga nyawa.

Semoga dengan adanya berita ini, semakin membuat Otolovers sekalian mampu untuk lebih berhati-hati dalam berkendara maupun menempatkan kendaraan Otolovers semuanya. Be careful, lads!

1 dari 8 Halaman

Satu

Satu

Seorang pemuda yang kira-kira berusia 20-30 tahun dengan 'ngotot' berusaha untuk menghajar lubang kunci sebuah motor Honda CB150 menggunakan alat yang dibawanya, 19 Januari 2015 di Tomang utara, Jakarta Barat kira-kira pukul 18.00.

Dengan tetap berusaha memperhatikan keadaan sekitarnya, si 'maling' ini seperti melakukan beberapa tahap sebelum motor bisa digondolnya. Motor Honda CB150 yang disebutkan pemilik akun facebook merupakan milik karyawannya ini, sepertinya dalam kondisi terkunci setir, tapi tidak terkunci ganda menggunakan magnet.

2 dari 8 Halaman

Dua

Dua

Sebuah video yang diunggah oleh Wisa Rahardi berikut menjadi saksi betapa kejamnya para pembegal melakukan segala cara untuk mendapatkan mangsanya. Menurut video, angle kamera tersebut diambil dari CCTV di salah satu minimarket, Jalan Veteran, Makassar.

Kasus tragis hingga menghilangkan nyawa korban bernama Rusdin Latif (27) tersebut terjadi pada 10 Februari lalu. Terlihat dari video, Rusdin tengah parkir di pinggir jalan dan tiba-tiba datanglah gerombolan 3 orang pelaku yang berboncengan dengan satu sepeda motor.

Adu mulut sempat terjadi dan tiba-tiba salah satu pelaku langsung menghunuskan benda tajam ke arah korban. Beberapa saat kemudian, korban yang sempat lari ke tengah jalan, langsung tersungkur dan dikabarkan meninggal dunia di lokasi kejadian.

3 dari 8 Halaman

Tiga

Tiga

Kantor smartphone merk OPPO di Jakarta menjadi saksi bisu hilangnya dua unit motor Honda Beat karena ulah pencuri yang tidak bertanggung jawab. Pencurian yang dilakukan terhadap Honda Beat tersebut dilakukan oleh dua orang pada tanggal 18 Februari 2015 dan diunggah oleh pemilik akun youtube 'Lelaki Marjinal'.

Salah satu bertugas untuk memberikan pengawasan, dan yang satu lagi bertugas untuk 'membandrek' motor yang menjadi target sasaran. Dan terlihat sekali keduanya sangat profesional.

Keduanya tidak butuh waktu lebih dari 2 menit secara keseluruhan mulai dari mengawasi, melihat keadaan dan kemudian merusak lubang kunci motor dari Honda Beat tersebut.

4 dari 8 Halaman

Empat

Empat

Semakin nekatnya para pelaku kejahatan curanmor makin meresahkan, bahkan berani merambah pagar rumah. Seperti yang terjadi tanggal 20 Februari 2015 lalu di Jatimulya, Bekasi Timur.

Kejadian tersebut sempat terekam CCTV oleh pemilik rumah, dan peristiwa tersebut terjadi pada dini hari saat sepi orang dan kondisi masih gelap sekitar pukul 4.33 WIB.

Motor yang hilang adalah sebuah motor pria Honda CB150 dan dua motor lain yang sekilas terlihat berupa motor matic.

Para pencuri yang diindikasi berjumlah beberapa orang beraksi dengan memasuki pagar rumah dari pemilik akun tersebut. Video berdurasi sampai 7 menit ini-pun menunjukkan motor yang terletak di belakan sebuah mobil pemilik rumah. Dan CCTV juga sempat dizoom untuk mencoba melihat salah satu pelaku.

Sayangnya kondisi yang gelap terekam kamera dan di sekitar pelataran rumah sedikit banyak membantu para pelaku untuk lebih melancarkan aksinya.

5 dari 8 Halaman

Lima

Lima

Kesan mendalam bahwa rampok, begal, atau maling di Indonesia yang marak belakangan ini selalu identik dengan kekerasan bahkan hilangnya nyawa. Lain halnya dengan kasus perampokan yang satu ini.

Awalnya terlihat sempurna, tersangka mampu untuk memperlihatkan ketenangan yang baik sebelum merampas tas korban. Si korban yang tidak memperhatikan juga kaget saat tasnya diambil secara paksa. Tapi alangkah cerobohnya tersangka karena ternyata sepeda motornya justru dia tinggal begitu saja.

Pada akhirnya, si mbak yang sadar bahwa motor tersangka ini ditinggal, tanpa banyak basa basi langsung menunggangi motor tersangka yang sialnya juga, kunci motor masih terpasang.

Belum diketahui apakah ini merupakan rekaman rekayasa ataupun asli, tapi kalaupun video yang diunggah oleh akun facebook Hessy Garlian pada tanggal 1 Maret 2015 ini asli, rasanya pembegal ini harus belajar dulu yang istiqomah sebelum benar-benar melancarkan aksinya.

6 dari 8 Halaman

Enam

Enam

Tindakan curanmor tersebut melibatkan dua orang pencuri dalam sebuah bangunan rumah yang memiliki halaman parkir cukup besar yang disertai dengan CCTV di beberapa sudutnya, dan sempat diunggah oleh pemilik akun youtube 'sam agam'.

Terlihat dua tersangka datang di saat halaman rumah dirasa cukup aman untuk dimasuki dan kemudian salah satu tersangka masuk untuk 'menggasak' sebuah motor matic yang tampaknya merupakan motor dengan merk Honda Beat warna putih.

Dengan proses perusakan lubang kunci motor yang tidak lebih dari 2 menit, pencuri tersebut mampu 'mengamankan' motor berwarna putih. Kasus ini kemudian dilaporkan ke Unit Ranmor Polres Jakarta Utara, namun kabarnya belum ada tindak lanjut yang signifikan.

7 dari 8 Halaman

Tujuh

Tujuh

Begal motor dan maling rupanya tengah menjadi kasus yang santer mewarnai tindak kejahatan di negeri ini. Satu kasus terjadi dan belum terpecahkan, peristiwa lain sudah datang bersahut-sahutan. Bahkan tidak segan menumbalkan korban jiwa.

Bukan hanya sekali, tapi berkali-kali para maling menggondol motor yang tengah diparkir dan sempat terekam CCTV. Namun disaat bersamaan, kebetulan tidak ada pemantau rekaman hingga maling berhasil lolos.

Seperti halnya yang ditunjukkan dari sebuah video unggahan akun Ritta Endrie di grup Yamaha New Vixion Lightning Riders berikut. Tidak perlu waktu lama, cukup dengan waktu beberapa detik saja, satu Yamaha Vixion raib digondol maling.

8 dari 8 Halaman

Delapan

Delapan

Tidak kriminal semakin merajalela akhir-akhir ini. Aksi para kawanan geng motor, begal dan maling pun kian mengemuka hingga meresahkan para pengguna jalan. Jika biasanya para maling atau begal, lebih leluasa melaksanakan modus mereka di malam hari, seorang laki-laki ini begitu lihai dan nekat menggondol motor korbannya di siang hari dan dalam situasi ramai.

Berdasarkan video unggahan media sharing Youtube berikut, seorang pria terlihat cukup tenang dan profesional menjalankan aksinya di tengah parkiran motor. Melihat situasi yang ramai dengan anak kecil dan orang tua yang menjemput mereka, diperkirakan lokasi kejadian berada tak jauh dari sebuah sekolah.

Pria yang tidak begitu jelas diketahui wajahnya tersebut, lantas masuk ke tengah keramaian dan mencoba untuk membawa kabur satu motor. Namun karena tidak berhasil, ia lantas berpindah ke motor berikutnya. Akhirnya satu motor matik pun raib digondol si maling.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami