8 Item Optimalisasi Head Unit

Bagian head unit merupakan 'jalan' bagi para penghuni kabin mobil untuk mendapatkan banyak opsi hiburan.

Rabu, 20 Agustus 2014 09:15
8 Item Optimalisasi Head Unit Beberapa item pada head unit mobil (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Dari banyak sekali fasilitas mobil yang bisa didapatkan, ada satu bagian yang jadi pusat kegiatan, baik untuk pengemudi, maupun untuk penumpangnya, yakni head unit. Bagian head unit merupakan 'jalan' bagi para penghuni kabin mobil untuk mendapatkan banyak opsi hiburan.

Head unit memiliki banyak kanal untuk dipergunakan, seperti USB port, DVD, dan di beberapa tipe model lama, pemutar kaset pita. Sehingga mobil tidak akan terasa bosan, apalagi jika digunakan untuk menempuh jarak yang relatif jauh.

Berikut ini ada beberapa fungsi yang bisa dioptimalkan pada head unit pada mobil, sehingga mobil akan lebih terfungsikan dengan lebih baik.

1 dari 8 Halaman

Navigasi

Navigasi

Fungsi navigasi ada pada diri GPS. Secara fungsional, GPS akan memberikan arah yang paling mungkin dan terdekat yang bisa ditempuh oleh mobil. Sehingga akan lebih baik, keberadaan navigasi ini bisa diupdate secara rutin, baik secara hardware ataupun software.

2 dari 8 Halaman

Musik

Musik

Pada jaman lampau, keberadaan musik yang direpresentasikan oleh kaset pita sudah sangat memenuhi standart musik yang baik. Namun dengan perkembangan teknologi, musik bisa dinikmati lewat keberadaan port USB yang bisa digunakan lewat flashdisk. Sehingga mampu memuat banyak lagu yang bisa dipilih lewat komputer

3 dari 8 Halaman

Film

Film

Khusus untuk yang satu ini merupakan fitur yang sebaiknya hanya diperuntukkan bagi penumpang, sehingga pengemudi tidak perlu sampai terpecah konsentrasinya untuk menonton film. Sama seperti musik, film bisa diakses lewat media USB juga.

Biasanya film bisa diputar lewat monitor yang ada di headrest. Film juga jadi sarana yang baik untuk menghabiskan waktu dalam mobil bagi para penumpang dalam perjalanan yang relatif jauh.

4 dari 8 Halaman

Equalizer

Equalizer

Penggunaan equalizer tidak hanya berguna sebagai pengatur treble, bass, maupun frekuensi suara, tapi juga berguna untuk mengatur intensitas volume yang terbagi di kabin. Sehingga jika diinginkan, pengemudi bisa mengatur volume yang ada di kabin tengah supaya tidak terlalu mengganggu konsentrasi pengemudi di kabin depan.

5 dari 8 Halaman

Browser

Browser

Beberapa orang menggunakan browser di mobil sebagai jalan darurat apabila media lain seperti handphone sedang dalam kondisi tidak bisa dipakai. Browser di mobil juga bisa difungsikan sebagai pencari petunjuk arah maupun informasi tempat-tempat tertentu, seperti tujuan wisata ataupun tingkat kemacetan.

6 dari 8 Halaman

Radio

Radio

Fungsi radio sebenarnya adalah untuk mengisi ruang dengar menggunakan musik yang dipancarkan lewat frekuensi tertentu, namun di sisi lain, radio akan sangat berguna sekali untuk menginformasikan tentang banyak sepanjang kota yang akan dilewati

7 dari 8 Halaman

Pairing Handphone

Pairing Handphone

Fungsi dari pairing telepon selular bisa dirasakan manfaatnya saat sedang berkendara, apalagi jika berkendara dalam kondisi macet.

Karena saat menggunakan fungsi pairing akan memungkinkan pengemudinya untuk menerima panggilan, maupun sebaliknya. Selain itu, phonebook juga bisa diakses lewat head unit.

8 dari 8 Halaman

TV

TV

Hampir sama seperti fungsi monitor untuk memutar film, TV sebaiknya lebih direkomendasikan untuk dinikmati oleh penumpang yang ada di belakang pengemudi, namun pengemudi juga bisa menikmatinya meskipun lewat suara saja. Sama seperti radio, jangkauan TV di dalam mobil akan bisa menyentuh saluran TV lokal untuk mengetahui info dari kota terdekat.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami