8 Daya Tarik BMW i3, Future Family City Car

Kemarin malam Senin (29/07), BMW secara resmi melakukan world premiere i3 langsung di tiga negara yang juga menjadi lambang 3 benua. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik BMW i3 ini?

Selasa, 30 Juli 2013 11:30
8 Daya Tarik BMW i3, Future Family City Car BMW i3 e-Drive

Editor : Alvin

Otosia.com - Kemarin malam Senin (29/07), BMW secara resmi melakukan world premiere i3 langsung di tiga negara yang juga menjadi lambang 3 benua. Benua Amerika di New York, benua Eropa di London dan Asia di Beijing, China, di mana peluncuran dilakukan secara online.

Peluncuran istimewa ini dilakukan BMW karena produk mobil yang bernama i3 ini adalah city car hatchback pertama yang bertenaga listrik. Kelahiran BMW i3 ini tentunya sangat dinantikan banyak orang yang mengidamkan mobil keluarga di perkotaan yang ramah lingkungan.

BMW i3 resmi lahir dengan beberapa daya tarik sehingga ia layak menjadi family city car masa depan idaman. Berikut 8 daya tarik yang otosia berhasil rangkum dan dapatkan.

1 dari 8 Halaman

Desain wajah

Desain wajah

Cinta tentu akan datang dari pandangan pertama. Begitu juga pada BMW i3 sebagai family city car bertenaga listrik ini. Tampilan desain wajah elegan, futuristik namun juga sporty dan dinamis. Model lampu utama yang menggambarkan sorot mata tajam dan berani ini berteknologi BMW Adaptive LED.

Bentuk grille khas BMW juga semakin elegan, bumper depan yang tampang menggembung menjadikan tampilan wajah menjadi kokoh. Tingkat aerodinamis fascia sangat diperhatikan dengan pembentukan rumah fog lamp yang seakan menyatu dan tersambung pada air duct bumper.

2 dari 8 Halaman

Desain Body

Desain Body

Desain body yang kompak menjadikan BMW i3 ideal sebagai kendaraan yang dipergunakan mereka yang sangat aktif di perkotaan. BMW i3 dari samping akan terlihat sebagai model coupe dua pintu, namun konsep yang diusungnya adalah model pintu seperti Mazda RX-8.

Konsep tanpa pilar B atau pilar tengah ini akan mempermudah keluar masuknya penumpang ke dalam mobil. BMW i3 juga sebagai mobil pertama dari Munich yang menggunakan dua modul yakni Life Module dan Drive Module. Dan kedua modul tersebut sama-sama terbuat dan mengandung unsur bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP).

3 dari 8 Halaman

Rangka

Rangka

Untuk body, konstruksi rangka dipergunakan Drive Modul yang 100 persen konstruksinya terbuat dari bahan alumunium. Dengan demikian dengan rangka kuat dan ringan ini mampu memberikan perlindungan dari segala aspek benturan pada setiap penumpang.

Rangka BMW i3

4 dari 8 Halaman

Bobot

Bobot

Dengan penggunaan bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) yang lebih kuat ketimbang besi ini bobot mobil bisa 50 persen lebih ringan. Selain itu juga 30 persen lebih ringan dan kuat dari alumunium. Sehingga BMW i3 sebagai city car hanya berbobot 1.195 kg.

 

5 dari 8 Halaman

Performa

Performa

Sebagai mobil bertenaga listrik, BMW i3 dibekali dengan motor listrik yang disuplai baterai Lithium-ion 22 kWh yang berbobot 204 kg. Akan tetapi baterai dari motor listrik yang dipergunakan tidak bekerja sendiri, tetapi juga didukung mesin bensin dua silinder berkapasitas 650cc yang hasilkan tenaga 34 hp.

Mesin BMW i3 ini adalah hybrid-synchronous electric motor, di mana mesin bensin yang dipergunakan bukan sebagai daya penggerak mobil tapi penunjang daya listrik.

BMW i3 - Engine

Motor listrik yang dipergunakan memiliki total tenaga 170 hp dan torsi puncak 250 Nm. Mesin listrik ini memiliki putaran puncak 11.400 rpm dan sanggup berakselerasi capai 100 km/h dalam waktu 7 detik dengan kecepatan puncak dibatasi pada 150 km/h.

6 dari 8 Halaman

Jarak Tempuh

Jarak Tempuh

BMW i3 mungkin tidak bisa dikatakan sebagai 100 persen mobil listrik. Meski mendapat dukungan dari mesin bensin bukan berarti BMW i3 adalah mobil hybrid, karena mesin bensin ini hanya sebagai generator penambah daya listrik saja. Dengan charger 32-amp J1772, 220 v level 2 baterai i3 dapat terisi penuh hanya dalam 3 jam.

Tapi jika ingin proses charging cepat tersedia opsi terpisah SAE DC Combo Fast Charging di mana akan sanggup mengisi baterai hingga 80 persen hanya 20 menit dan 100 persen hanya 30 menit. Untuk sekali isi penuh baterai BMW i3 sanggup menempuh jarak 128 kg - 160 kg. Tapi jarak tempuh bisa menjadi dua kali lipat dengan kombinasi mesin bensin serta fitur ECO PRO Mode dan ECO PRO+ mode.  

7 dari 8 Halaman

Interior

Interior

Untuk interior BMW menggunakan Life Module di mana yang berarti bahan-bahan yang dipergunakan ramah lingkungan dan dapat didaur ulang kembali. Selain bahan utamanya adalah Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP), pada interior juga menggunakan 25 persen plastik dan 25 persen lagi adalah thermoplastic yang sangat mudah untuk didaur ulang.

8 dari 8 Halaman

Teknologi

Teknologi

Beberapa teknologi yang disiapkan pada BMW i3 adalah:

  • BMW 360 Electric electro mobility services.
  • BMW i Remote app, yang bisa terhubung langsung pada mobil.
  • BMW Navigation juga menjadi standard.
  • BMW Intelligent Emergency Call (‘eCall”), Anti theft alarm dan Rear Parking Distance Control.
  • Active Cruise Control: Fitur ini juga didukung sistem Stop & Go function yang juga bisa otomatis melakukan pengereman hingga mobil berhenti dan kembali jalan sesuai dengan pengaturan kecepatan.
  • Traffic Jam Assistant: Mobil akan melaju dan berhenti serta mengemudi dengan sendiri saat situasi jalan macet. Fitur cerdas ini akan berfungsi saat kecepatan di bawah 48 km/h.
  • Parking Assistant: Fitur ini paling disukai banyak yaitu parallel parking system. Dengan fitur ini sepenuhnya baik akselerasi, rem dan pengendalian terkendali secara otomatis yang tentunya berbeda dengan fitur yang sudah ada pada mobil lainnya.
  • Speed Limit Display: Fitur ini akan membantu pengemudi dalam mengetahui batas kecepatan suatu daerah dengan menampilkan pada layar.
(kpl/vin)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami