7 Teknologi Mobil Modern yang Mengundang 'Keluhan'

Teknologi modern selayaknya bisa membantu para pemilik mobil untuk mempermudah dalam beraktifitas di dalam mobil. Tapi 7 teknologi ini kabarnya lumayan sering 'dikeluhkan'. Apa saja?

Jum'at, 29 Mei 2015 13:30
7 Teknologi Mobil Modern yang Mengundang 'Keluhan' teknologi mobil (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Produsen-produsen mobil mewah dan mahal selalu akan membekali pabrikan mereka dengan fitur yang akan 'seharga' dengan mobil yang dibuat. Hal itu merupakan konsekuensi normal, mengingat nama besar, harga tinggi, akan selalu dibarengi dengan kompensasi fitur yang baik pula.

Lantas bagaimana jadinya bila mobil yang dipasarkan malah berisi fitur-fitur yang sebetulnya tidak terlalu perlu, malah berkesan mengganggu kenyamanan berkendara? Hal tersebut pastinya akan mengurangi kepercayaan dari konsumen tersebut.

Berikut di bawah ini adalah daftar 7 fitur mobil-mobil modern di dunia yang awalnya diperuntukkan bagi kenyamanan penggunanya. Tapi malah berakhir dengan keluhan-keluhan. Teknologi apa saja itu?

1 dari 7 Halaman

Artificial Noise

Artificial Noise

Bagaimana cara mengakali mobil dengan suara mesin yang biasa-biasa saja seperti mobil hybrid supaya bisa jadi garang? Cara ini sudah beberapa kali dipergunakan oleh pabrikan mobil kelas kakap dunia, isunya sudah dipasang di mobil salah satunya pada Audi S4. Yang sayangnya tidak terlalu disukai oleh konsumen.

Artificial noise merupakan efek yang diberikan oleh pabrikan untuk memberikan kesan garang pada suara mesin mobil yang dikendarai. Sayangnya hal tersebut merupakan kepalsuan. Karena tidak murni muncul dari mobil, melainkan dari perangkat speaker.

2 dari 7 Halaman

Navigation

Navigation

Siapa yang tak terbantu dengan sistem navigasi, atau penggunaan GPS? Tentu semua yang menggunakan mobil akan sangat senang jika mobil yang dibelinya dilengkapi pula dengan eksistensi sistem navigasi.

Sayangnya hal tersebut harus dibayar mahal oleh para pengguna Android dan Apple Car Play. Karena dari beberapa kasus, mobil yang mengharuskan penggunanya menginstal sistem navigasi menggunakan Android dan Apple Car Play mengalami kesulitan dalam memasang softwarenya. Belum lagi ditambah dengan spare-time yang lama saat menginstallnya.

3 dari 7 Halaman

Touchscreen

Touchscreen

Touch screen adalah teknologi yang memudahkan para pengguna untuk melancarkan navigasi, selain itu touch screen adalah manifestasi bahwa interaksi manusia dan komputer bisa dipermulus dengan minimnya kenob manual dan analog.

Tapi penggunaan touch screen tidak sepenuhnya menyenangkan. Apalagi dengan touch screen total. Karena di beberapa kasus, panel manual untuk mengubah saluran radio terasa lebih mudah menggunakan panel manual. Karena pengemudi tidak perlu melihat untuk menyentuh panel. Hal ini tidak akan bisa terjadi pada sistem touch screen

4 dari 7 Halaman

Climate Control

Climate Control

Para pengguna mobil Nissan X-Trail terbaru dimanjakan dengan fitur climate control, hal ini membuat pengemudi jadi termudahkan karena fitur tersebut secara automatic akan menyesuaikan kondisi kabin dengan cuaca yang sedang ada di luar mobil.

Sayangnya tak semua mobil dengan climate control bisa se-sederhana itu. Contohnya adalah bagaimana control fan seharusnya bisa dikendalikan dengan satu panel saja. Masih ada beberapa mobil yang tak se-ramah itu pada pengemudi. Contoh bagusnya adalah pada Subaru seri STi yang sederhana dan tak neko-neko pada tampilan interface climate controlnya.

5 dari 7 Halaman

Engine Bay

Engine Bay

Anti-lock Braking System, Electronic Stability Control, dan banyak fitur lainnya adalah fitur dengan tujuan dasar untuk mengamankan perjalanan mobil dan pengemudinya. Intinya, fitur-fitur tersebut memberikan jaminan sekuritas pada mobil.

Semuanya hadir dengan kompleksitas tingkat 'dewa'. Terutama apabila fitur tersebut dihadapkan pada orang awam. Kombinasi fuse, kabel-kabel, sirkuit dan sistem komputerisasi yang sophisticated seperti menjamin keamanannya.

Hanya saja, tak sedikit dari mobil-mobil yang berfitur lengkap tersebut kemudian mengalami cramped engine bays. Alias kram mesin mobil, saking terlalu kompleksnya masalah yang bisa muncul di masing-masing mobil.

6 dari 7 Halaman

Stability Control

Stability Control

Apa yang paling menyenangkan dari Stability Control? Kendali yang tetap nyaman, handling sempurna, serta minimnya kemungkinan mobil untuk hilang control karena banyak kemungkinan seperti slip pada ban mobil.

Lantas, sayangnya hal tersebut sering jadi mengganggu bagi para penyuka mobil sport yang sedikit 'out of the box'. Para sport car petrolhead seringkali menginginkan sedikit keleluasaan untuk melakukan drift, maupun movement effect yang lainnya. Sebuah hal yang nyaris tidak bisa dilakukan oleh mobil-mobil dengan sistem sekuritas tinggi pada stability controlnya.

7 dari 7 Halaman

Ban Cadangan

Ban Cadangan

Otolovers pernah sadar tidak, bahwa pabrikan mobil-mobil modern sekarang nyaris selalu dibangun tanpa menyediakan ban cadangan. Hal ini sebetulnya dimaksudkan supaya pemilik mobil tak perlu repot-repot untuk mengganti ban mobilnya.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan eksistensi banyaknya produk untuk mengatasi ban bocor, dan layanan mobil derek. Tapi sayangnya tidak semua pengguna mobil menyukai hal tersebut. Banyak sekali yang lebih memilih untuk membawa sendiri ban cadangannya, jika bocor maka penggantian manual bisa segera dilakukan olehnya tanpa harus menggunakan barang yang aneh-aneh atau menunggu layanan Jasa Marga.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami