7 Rahasia 'The King of HIN Jogjakarta 2014' Honda Odyssey Blue Sky

Dan penyandang The King of HIN Jogjakarta 2014 ini adalah Honda Odyssey Blue Sky milik pemuda bertubuh atletis bernama Victor Halim dari club [Option] Platinum chapter Jogjakarta.

Kamis, 05 Juni 2014 21:00
7 Rahasia 'The King of HIN Jogjakarta 2014' Honda Odyssey Blue Sky Honda Odyssey Blue Sky - The King of HIN Jogjakarta 2014 (Foto: Albert B.)

Editor : Albert

Otosia.com - Gelaran kontes modifikasi mobil paling bergengsi yang ada di Tanah Air - Hot Imprt Nights (HIN) Tour Series 2014 Indonesia sudah bergulir di dua kota besar yakni Surabaya dan Jogjakarta.

HIN Jogjakarta 2014 sendiri telah berlalu pada 31 Mei hingga 1 Juni 2014 di Jogja Expo Center, Jogjakarta. Memenuhi hampir satu setengah hall di salah satu gedung pertemuan terbesar di Kota Gudeg ini, semua space dipenuhi dengan mobil-mobil modifikasi karya club-club dan privateer lokal seperti Jogjakarta, Magelang, Purwokerto, Solo, dan lain-lain.

Tidak kurang dari 210 kontestan hadir dengan berbagai macam inovasi dan model modifikasi yang sedang 'in' di tahun 2014 ini. Dentuman suara dari audio super eksklusif dan corak warna-warni elegan bahkan sporty menghiasi seisi hall JEC kala itu.

Banyak orang berlalu-lalang dengan kilatan flash kamera amatir hingga profesional mengantar para juri dari luar negeri dan nasional untuk mulai menilai setiap detail karya mobil modifikasi para kontestan.

Hampir sulit untuk menentukan karya mana yang pantas menyandang gelar prestisius di event HIN Jogjakarta 2014 kali ini. 'Pemain-pemain' lama tetap hadir dengan karya spektakulernya, namun juga banyak pemain yang terbilang baru menampilkan karya yang tidak kalah memukaunya.

Namun jelas bagi para juri yang sudah lama di dunia kompetisi ini mampu menilai siapa yang patut menyandang gelar tertinggi di HIN yakni The King of HIN. Tak perlu bercerita panjang lebar, pilihan juri akhirnya jatuh pada sosok Honda Odyssey lansiran tahun 2004 yang terpajang di pojok hall JEC dengan ornamen panggung tidak kalah spektakulernya.

Dan penyandang The King of HIN Jogjakarta 2014 ini adalah Honda Odyssey Blue Sky milik pemuda bertubuh atletis bernama Victor Halim dari club [Option] Platinum chapter Jogjakarta. Tidak hanya itu saja, lima trofi bergengsi lainnya juga dia raih, di antaranya 'Mr. Innovation', 'Hottest Car Display', 'Best MPV', 'Best VIP' dan 'Best Honda'.

Penasaran dengan detail The King of HIN Jogjakarta 2014 ini brosis? Simak ulasan selengkapnya ya. Berikut data spesifikasi modifikasi Honda Odyssey Blue Sky.

1 dari 7 Halaman

Eksterior

Eksterior

Mengusung konsep mobil elegan dengan segala kecanggihan dan inovasi terkininya, Honda Odyssey berjenis mobil keluarga (MPV) ini akhirnya disulap Victor dengan tampilan yang sangat memukau bergaya luxury, stylish bahkan sporty.

Ia menggunakan Odyssey lansiran 2004 yang sengaja diberi nama tambahan 'Blue Sky' lantaran corak warnanya dominan berwarna biru lengkap dengan aksen iluminator led biru yang dikombinasikan sentuhan warna putih/biru di sektor interior serta sepuhan krom di beberapa bagiannya.

Bemper depan dan belakang kustom, sideskirt kustom, fender dan fender fin custom, kap mesin kustom, bagasi kustom, tambah plat 5cm untuk seluruh body, semua pintu motorize by T-motion, pintu depan tengah belakang kustom, lampu depan Odyssey tahun 2012, lampu belakang Odyssey tahun 2006.

Cat custom airbrush candy yang dipercayakan pada merk cat premium, Spies Hecker. Untuk semua pengerjaan kustom dipercayakan pada rumah modifikasi Whitesoul, Jogjakarta.

2 dari 7 Halaman

Interior

Interior

Untuk menampilkan kesan elegan, interiornya sengaja mengusung nuansa putih berpadu dengan biru. Kabin depan dimodifikasi dengan dua jok yang terpisah, sebagai pemisahnya diciptakan panel kontrol semacam center console lengkap dengan beberapa tombol panel dan fungsi lainnya.

Dashboard custom, doortrim custom, plafon custom, lantai custom, jok custom. All covered with leather & paint, semua pengerjaan kustom merupakan garapan dari Platinum 99 dan Maple Seat Cover.

3 dari 7 Halaman

Audio

Audio

"Tampilan interior yang memukau tidak lengkap rasanya tanpa audio system yang maksimal", ujar Victor kepada Otosia. Oleh karenanya point penekanan selanjutnya adalah memanfaatkan ruang kosong yang ada untuk 'ditanami' audio import berperforma optimal.

Mulai dari head unit, speaker di bagian pintu hingga ruang bagasi yang disulap menjadi rumah set audio super 'gambot' ia kerjakan detailnya bersama dengan rumah modifikasi kepercayaannya yang sekaligus ia besarkan.

Head unit Alpine, Symbion 2 din, 45 pcs LCD monitor 4 inch, 5 LCD monitor 7 inch, 2 pcs sub HARMONIC Drive 12 inch, 4 pcs sub HARMONIC Drive 10 inch, 5 pcs power HARMONIC Drive, 12 pcs speaker HARMONIC Drive, 6 pcs camera, peredam audio: STP, custom box, custom acrylic, custom motorize, audio cable & RCA: MONSTER cable.

4 dari 7 Halaman

Engine

Engine

Untuk urusan tampilan The King of HIN Jogjakarta 2014 ini sepertinya tidak perlu diragukan. Kelar di point tersebut Victor lantas tidak mau dibilang hanya mengejar tampilannya saja. Lantas urusan jantung pacu alias mesin pun tidak lupa ia upgrade performanya.

"Di balik sisi elegan di bagian luar dan dalamnya juga perlu dimaksimalkan. Mobil keluarga juga perlu menonjolkan sisi performa mesinnya, tukas pemuda yang juga menjadi wakil ketua club [Option] Platinum Jogjakarta ini.

Tidak tanggung-tanggung, urusan mesin si MPV ini beberapa bagiannya harus dilengserkan dan digantikan dengan part pabrikan luar negeri untuk mengejar performa mesin yang prima. Berikut data spesifikasi perubahan mesin Honda Odyssey Blue Sky 2014 ini:

  • Skunk 2 intake manifold
  • K20R cylinder head
  • Supertech piston 87mm 8.8:1 CR
  • Toda turbo street cam
  • Apexi intercooler
  • Turbosmart blow off valve
  • Turbosmart wastegate
  • TD04L Subaru WRX turbo
  • 510cc injector
  • Custom ECU by Shift Engineering

5 dari 7 Halaman

Undercarriage

Undercarriage

Urusan undercarriage alias sektor bawah mobil yang mengacu pada kaki-kakinya juga tidak luput dari inovasi yang sedang 'booming' tahun ini.

Mulai dari pengaplikasian suspensi bersistem bantalan udara alias air suspension system juga disematkannya, hingga sentuhan racing pada bagian velg dan piringan cakramnya pun juga diupgrade.

Berikut data spesifikasi ubahannya:

  • Air suspension system 4 titik universal air + remote,
  • Camber kit: kustom
  • Cakram: Brembo 360, 4 pot
  • Velg: Work Durandal 19 inch 9,5 +11 low disk
  • Ban: Accelera

6 dari 7 Halaman

Teknologi

Teknologi

Meski bukan yang pertama kali ini hadir di kompetisi HIN Indonesia, namun inovasi motorized di sektor mobil modifikasi masih memberikan point tersendiri bagi para juri dan pengunjung.

Honda Odyssey Blue Sky milik Victor ini sudah dilengkapi penuh dengan motorize system yang berbasis mode remote dan android command controls system.

Bahkan Victor menambahkan fitur atau teknologi face detector star engine. Dengan demikian jelas hanya dia dan orang-orang terdekat yang wajah ter-scan dalam database komputerisasi mobilnya yang bisa menghidupkan dan mengendarai Blue Sky ini.

Spek : All motorized support with remote and android include face detector start engine.

7 dari 7 Halaman

Di Balik 'The King'

Di Balik 'The King'

Tak lengkap rasanya jika Otosia hanya menguak detail spesifikasi karya mobil peraih The King of HIN Jogjakarta 2014 ini saja. Pastinya brosis sekalian juga penasaran bukan siapa Bro Victor dan siapa saja inspirator di balik karya spektakuler ini.

Langsung saja ya brosis.

Pemuda bernama lengkap Victor Halim kelahiran Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 10 Juli 1984 silam ini merupakan pemilik dari 'The King' Honda Odyssey Blue Sky ini.

Tergabung dalam sebuah club penggemar mobil modifikasi Kota Jogjakarta yang terkenal yakni [Option] Platinum chapter Jogjakarta sejak empat tahun silam. Kecintaannya pada dunia mobil memberanikan Victor untuk menciptakan karya yang membawanya pada gelar tertinggi di Hot Import Nights Tour Series Jogjakarta 2014.

Pemuda yang memilih berwiraswasta ini disibukkan dengan pekerjaannya mengembangkan bidang usaha yang tidak jauh dari hobinya dalam memodifikasi mobil, audio dan interior. Victor merupakan sosok di balik nama besar bengkel Platinum 99 dan Maple Seat Cover yang bercokol di Jogjakarta.

Ditanya Otosia tentang cerita di balik 'lahirnya' Honda Odyssey Blue Sky ini, Victor pun mulai memaparkan secara gamblang.

Otosia: "Apa saja kesulitan Bro Victor saat 'membangun' The King ini (Honda Odyssey Blue Sky)?

"Kendala di waktu sama (adalah) menentukan model, tingkat kerumitan sama membuat motorize (system), terang Victor.

Otosia: "Inspirasinya atau konsepnya dari mana?"

Victor pun menjawab, "(Idenya) dari bengkel Whitesoul yang kasih".

Otosia: "Lantas dapat support dari siapa saja saat mengerjakan Blue Sky ini?"

"Support terbesar (datang) dari (club) [Option] Platinum, istri, bengkel Platinum 99, Maple Seat Cover, bengkel Whitesoul, Shift Engineering, Harmonic Drive, dan lai-lain", tutup Victor dengan wajah gembira kala itu.

Oke bro Victor dan [Option] Platinum sekali lagi selamat atas penobatan Honda Odyssey Blue Sky sebagai The King of HIN Jogjakarta 2014 dan lima trofi lainnya. Salam sukses selalu.

(kpl/abe)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami