7 Langkah Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

Berikut beberapa tips dan trik yang disarankan saat berkendara dengan motor di musim hujan

Kamis, 14 November 2019 17:15
7 Langkah Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan Ilustrasi berkendara di musim hujan (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Saat ini beberapa wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Intensitas hujan bervariasi, dari yang rendah, sedang, hingga lebat yang dapat mengakibatkan genangan air di jalanan.

Butuh ekstra waspada mengendari sepeda motor di musim hujan. Selain itu control emosi juga penting agar naik motor menjadi aman dan nyaman tanpa menimbulkan kecelakaan.

"Kita perlu lebih sigap dan cerdas menyikapi berkendara pada musim hujan yang mulai tiba. Kondisi fisik, perlengkapan yang pas, kesiapan motor, hingga beberapa trik berkendara aman harus diketahui saat hujan," terang Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion (SRP) Wahana.

Menurut Agus Sani ada beberapa hal yang harus dilakukan saat berkendara motor dalam kondisi hujan. Berikut beberapa tips dan trik yang disarankannya:

1 dari 7 Halaman

Jas Hujan

Pastikan jas hujan siap di motor, khususnya jas hujan yang terpisah antara atasan dan bawahan. “Jangan gunakan jenis raincoat ponco karena rentan sebabkan kecelakaan,” imbuhnya.

2 dari 7 Halaman

Cek Kondisi Motor

Pastikan kondisi motor dalam kondisi baik untuk rem, ban serta tekanan anginnya, hingga kelistrikan seperti lampu yang berfungsi sebagai penerangan serta tanda kepada pengendara lain.

3 dari 7 Halaman

Jangan Berhenti Mendadak

Ketika hujan turun, jangan berhenti mendadak atau terburu-buru. Pilihlah area yang aman untuk berteduh dan menggunakan perlengkapan anti hujan. Berhenti secara mendadak berpotensi tertabrak dari belakang oleh pengendara lainnya.

4 dari 7 Halaman

Jangan Asal Pilih Tempat

Berteduh atau menggunakan jas hujan, usahakan mencari area yang aman, jangan berteduh langsung di bawah pohon, underpass ataupun billboard. Selain dapat terkena musibah tertimpa pohon akibat angin, pemilihan underpass sebagai tempat teduh akan sebabkan hambatan arus lalu lintas.

5 dari 7 Halaman

Jaga Jarak Aman

Jagalah jarak motor Anda dengan pengguna jalan lainnya. “Dan jangan gunakan lampu hazard karena dapat membuat bingung pengendara di belakang Anda,” terangnya.

6 dari 7 Halaman

Pahami Rute Jalan

Khusus wilayah yang sering terkena banjir seperti Jakarta dan Tangerang, maka akan sering terlihat genangan air di jalan raya, karena itu pahami rute yang akan dilewati agar tidak terjebak dalam banjir.

7 dari 7 Halaman

Gunakan Helm

Terakhir jangan lupa gunakan helm dalam segala kondisi cuaca. Helm jenis fullface adalah yang terbaik untuk melindungi kepala dan air hujan. Jika muncul embun, bukalah sedikit kaca helm agar udara masuk dan menghilangkan embun tersebut.

“Atau, sebelum digunakan basuhlah kaca helm dengan shampoo ataupun pembersih kaca helm yang memang khusus untuk mengatasi air hujan,” tutup Agus Sani.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami