10 Keunggulan dan Harga Yamaha MT-125

Yamaha MT-125 hadir dengan segala keunggulannya. Dia adalah gabungan antara bodi khas streetfighter Yamaha MT-07/MT-09 dengan mesin supersport Yamaha YZF-R125.

Selasa, 10 Juni 2014 20:15
10 Keunggulan dan Harga Yamaha MT-125 Yamaha MT-125 (Source & Doc. Yamaha Motor Global)

Editor : Albert

Otosia.com - Yamaha MT-125 merupakan produk terbaru dari Yamaha Motor Global mendekati pertengahan tahun 2014 ini. Wujudnya berupa motor streetfighter (naked-bike) dengan desain bodyworks sama sekali baru yang dipadukan dengan mesin supersport yang handal.

Yamaha memberikan aspek ergonomik yang optimal dari segi posisi berkendara. Dimensinya yang tercatat sangat berbeda dengan data spek YZF-R125 yang berkarakter (pengendara) membungkuk. Sensasi berkendara naked-bike moge memang menjadi karakter yang membedakannya dengan produk kompetitor lainnya.

Yamaha MT-125 hadir dengan segala kecanggihan terkini, hal ini bisa kita lihat dari sektor cockpit-nya yang dibekali dengan panel instrumen full-digital. Stoplamp mengadaptasi part dari jenis lampu LED.

Yamaha MT-125 dibekali dengan mesin 125cc, 1-silinder, 4-tak, SOHC, fuel-injection (FI). Dari mesin ini Yamaha mengklaim MT-125 mampu menghasilkan tenaga sebesar 15 hp dengan torsi puncak mencapai 12,4 Nm. Benar juga, data spek tersebut sama persis dengan data spek keluaran YZF-R125 terbaru.

1 dari 10 Halaman

Mesin

Mesin

Memang tidak perlu dipertanyakan lagi tentang kualitas dan performa mesin dari anggota baru di keluarga MT series ini. Hadir sebagai penjelmaan sosok naked dari entry-level supersport 'mini' yakni YZF-R125.

Perlu diingat bahwa pasar Eropa dan Amerika tidak pernah membesar-besarkan masalah kecilnya kapasitas mesin sebuah motor sport lantaran pabrikan sudah sangat respect dengan performa yang dihasilkan produknya.

Setidaknya sebagai produk motor sport bagi para pemula. YZF-R125 terbukti memiliki performa dan kehandalan yang melebihi ekspektasi sebuah mesin 125cc pada umumnya.

Mesin 125cc MT-125 yang secara langsung diadopsi dari YZF-R125 ini terbukti lebih unggul daripada motor sport kelas pemula bermesin 150cc yang beredar di pasaran.

Mengusung mesin 124,7cc, 4-stroke, SOHC, 1-silinder, 4-valves dengan pemasok bahan bakar bersistem injeksi mampu membuatnya bertenaga 11.0 kW (15 hp) pada 9000 rpm dengan torsi puncak mencapai 12,4 Nm pada 8000 rpm.

Globalnya, bandingkan dengan motor sport 150cc (SOHC) pabrikan Yamaha lainnya seperti Byson dan Vixion (lama) yang tenaganya berkutat di angka 13,73 hp dan 14,88 hp. Jelas bukan, bahwa performa MT-125 dengan mesin 125cc-nya lebih beringas dan berkualitas.

Mesin MT-125 juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin mesin berupa cairan. Sistem pengapiannya disokong oleh perangkat digital yakni TCI. Transmisi sudah mengaplikasikan 6-tingkat percepatan yang memungkinkan Anda untuk mencapai performa dan kecepatan maksimalnya.

Engine

  • Engine type : Single cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valves
  • Displacement : 124.7cc
  • Bore x stroke : 52.0 mm x 58.6 mm
  • Compression ratio : 11.2 : 1
  • Maximum power : 11.0 kW (15.0PS) @ 9,000 rpm
  • Maximum Torque : 12.4 Nm (1.25 kg-m) @ 8,000 rpm
  • Lubrication system : Wet sump
  • Clutch Type : Wet, multiple-disc coil spring
  • Carburettor : Electronic Fuel Injection
  • Ignition system : TCI (digital)
  • Starter system : Electric
  • Transmission system : Constant Mesh, 6-speed
  • Final transmission : Chain

2 dari 10 Halaman

Sasis

Sasis

Struktur rangka atau sasis MT-125 yang menganut Deltabox berbahan steel (baja) membuatnya lebih stabil dan aman saat dikendarai. Kaki depan disokong dengan part fork bersistem teleskopik USD (Up-Side Down) dengan diameter 41mm, travel 130mm.

Sektor belakang membuat rodanya semakin maksimal menyengkeram aspal lantaran sistem suspensi linked monoshock dengan per preload adjustment (bisa disesuaikan sesuai kebutuhan). Rear travel-nya mencapai angka 114mm.

Sistem pengereman semakin pakem dengan hadirnya dual disc-brakes dengan masing-masing diameter piringan cakram depan 292mm dan belakang 230mm, bersistem hidraulic single.

Ukuran roda depannya 100/80-17 M/C dan belakang 130/70-17 M/C.

Chassis

  • Frame : Steel Deltabox
  • Front suspension system :Upside-down telescopic fork, Ø 41 mm
  • Front travel : 130 mm
  • Caster Angle : 25º
  • Trail : 89 mm
  • Rear suspension system : Linked monoshock with spring preload adjustment
  • Rear Travel : 114 mm
  • Front brake : Hydraulic single disc, Ø 292 mm
  • Rear brake : Hydraulic single disc, Ø 230 mm
  • Front tyre : 100/80-17 M/C
  • Rear tyre : 130/70-17 M/C

3 dari 10 Halaman

Dimensi

Dimensi

Sosok tunggangan bergaya sport-naked bike ini memang dikenal dengan riding position yang paling nyaman alias ergonomis bagi para biker yang gemar melakukan perjalanan jauh.

Yamaha MT-125 sendiri diklaim memiliki riding position yang nyaman dan mudah dikendalikan. Panjang keseluruhannya mencapai 1955mm, lebar 740mm dan tinggi 1040mm. Ketinggian jok dari tanah mencapai 810mm dengan panjang wheel base 1355mm dan minimum ground clearance sekitar 140mm.

Kelincahan Yamaha MT-125 juga berkat bobotnya yang bisa dikatakan  ringan alias ideal yakni sekitar 138 kg dengan kondisi tangki terisi penuh bahan bakar. Kapasitas tangkinya sendiri muat untuk menampung bahan bakar kurang lebih 11,5 liter.

Dimensions

  • Overall length : 1,955 mm
  • Overall width : 740 mm
  • Overall height : 1,040 mm
  • Seat height : 810 mm
  • Wheel base : 1,355 mm
  • Minimum ground clearance : 140 mm
  • Wet weight (including full oil and fuel tank) : 138 kg
  • Fuel tank capacity : 11.5 litres
  • Oil tank capacity : 1.15 litres

4 dari 10 Halaman

High-tech Cockpit Area

High-tech Cockpit Area

Secara keseluruhan tampilan cockpit area alias panel indikator MT-125 ini mengacu pada high-tech display yang terinspirasi oleh desain kontemporer dari generasi smart phone yang terbaru.

Seluruhnya (indikator) tampil dalam layar LCD alias full digital yang akan menyala terang saat motor dihidupkan. Tampilan penunjuk angka yang disertai bar style mulai dari rpm, temperatur mesin hingga indikator bahan bakar membuatnya mudah dibaca. Jarum analog speedometer tidak digunakan lagi lantaran sudah mengaplikasikan model digital.

5 dari 10 Halaman

Kecanggihan Sektor USD dan Rem

Kecanggihan Sektor USD dan Rem

Yamaha MT-125 dibekali dengan kecanggihan teknologi tingkat lanjut terutama di sektor USD fork-nya dan perangkat remnya. Fork depan yang digunakannya merupakan  hasil pengembangan di lintasan balap yang bekerja dengan lembut serta suspensi progressive yang mampu memaksimalkan daya cengkeram ban terhadap aspal.

Rem cakram depan dengan diameter piringan mencapai 292mm bersistem floating disc brake dan radial mount caliper membuat daya hentinya jauh lebih efektif.

6 dari 10 Halaman

Roda 'Racing' Ringan

Roda 'Racing' Ringan

Sosok motor sport bergaya streetfighter ini memang dipatok harus mampu menampilkan sisi kegarangan dan sporty-nya. Tak hayal, pabrikan berlambang garpu tala ini membekali MT-125 dengan seperangkat roda beraroma racing.

Velg-nya mengadopsi model palang 'Y' dengan enam titik poros roda. Model seperti ini membantu mengurangi bobot motor guna memaksimalkan kinerja suspensi dan teknik kemudi yang lembut.

Untuk motor seukurannya, ukuran ban depan 180/80-17 dirasa sangat ideal untuk memperoleh sistem kendali kemudi yang optimal. Sedangkan ukuran ban belakangnya yang lebar, 130/70-17 sangat pas untuk memperoleh traksi yang maksimal.

7 dari 10 Halaman

Streetfighter Supersport

Streetfighter Supersport

Seperti yang sudah Otosia ungkapkan di bagian awal tadi bahwa MT-125 yang bergaya streetfighter ini dibekali dengan mesin supersport YZF-R125 yang sudah terbukti kehandalan dan performanya.

Penggabungan dua flagship motor yang berbeda ini merupakan strategi Yamaha untuk memberikan sensasi berkendara motor yang berbeda dengan kebanyakan motor lainnya.

Mesin yang handal dipadukan dengan struktur rangka yang sepenuhnya baru dengan gaya dinamis untuk mendapatkan kesan berkendara yang sama sekali berbeda dengan platform motor sport yang ada selama ini.

8 dari 10 Halaman

'Full Size' Bike Image

'Full Size' Bike Image

Yamaha MT-125sebagai anggota keluarga terbaru dari sosok MT Series yang terkenal garang dan kekar sebagai sosok motor streetfighter  diusahakan untuk tetap pada karakternya.

Berbekal struktur rangka naked, sektor roda beraroma racing yang ringan dan tampilan yang sporty, karakter keluarga  MT series yang garang dan kekar mampu hadir dalam paket mesin 'kecil' namun sarat dengan performa.

Meskipun hanya dibekali dengan mesin 125cc yang nampak kecil, namun MT-125 ini mampu tampil tetap gagah dan 'padat berisi'. Hal ini merupakan imbas dari desain bodyworks-nya, mulai dari headlight dengan sudut yang rendah, air-intake pada bahunya yang tinggi. Sehingga mampu mengesankan sosok full size bike yang gahar dan agresif.

9 dari 10 Halaman

Riding Position dan Kelincahan

Riding Position dan Kelincahan

Diciptakan dengan pakem struktur bodi yang kekar dan besar, MT-125 hadir dengan tampilan yang sama sekali baru sehingga terlihat sporty dan sangat lincah saat dikendarai.

Tingkat ergonomis dari riding position-nya merupakan hasil sinergi antara model tangki terbaru, jok, handlebars dan footrest-nya. Sehingga rasa nyaman mampu dirasakan oleh pengemudinya bahkan penumpang yang di jok belakang.

Struktur sasis yang tepat mampu menciptakan gaya berkendara yang sangat nyaman bagi para biker yang 'doyan' melakukan perjalanan jauh maupun 'terjebak' dalam kondisi macetnya lalu lintas perkotaan.

10 dari 10 Halaman

Harga Yamaha MT-125

Harga Yamaha MT-125

Yamaha MT-125 ini baru diperkenalkan ke publik Eropa pada pekan awal Mei 2014 yang lalu. Pemasarannya terindikasi tidak serentak dilakukan di antara negara-negara di Benua Biru ini.

Situs Yamaha Motor Global menyebutkan bahwa paling cepat MT-125 ini akan mulai dijual ke pasaran Eropa pada Juli 2014. Mengenai kepastian harga, pihaknya masih belum menjelaskan secara rinci, namun beberapa penggiat motor di sana memprediksi nominalnya di bawah £4000 atau kurang dari Rp 79 jutaan.

(kpl/abe)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami