7 Kecelakaan Motor yang Jadi Pelajaran Berharga

Sebuah kecelakaan terkadang tidak bisa kita hindari. Sebuah kecelakaan bisa disebabkan beberapa faktor. Baik dari melanggar aturan lalu lintas hingga memang karena human error. 

Selasa, 20 November 2012 13:30
7 Kecelakaan Motor yang Jadi Pelajaran Berharga Kecelakaan Motor vs mobil

Editor : Alvin

Otosia.com - Sebuah kecelakaan terkadang tidak bisa kita hindari. Sebuah kecelakaan bisa disebabkan beberapa faktor, baik dari kelalaian pribadi terhadap aturan lalu lintas, tidak bisa menguasai kendaraan dan juga karena pengaruh minuman hingga obat terlarang.

Tapi dari berbagai kecelakaan yang telah terjadi, didapati angka tingkat kecelakaan paling banyak terjadi karena melanggar aturan lalu lintas.

Dari sekian banyak kecelakaan yang terjadi baik pada motor dan mobil harusnya bisa dihindari. Tapi sekali lagi itu juga tergantung dari pribadi masing-masing.

Berikut rangkuman otosia terhadap 7 kecelakaan yang tidak bisa dihindari karena faktor human error dan juga pelanggaran yang disengaja.

1 dari 7 Halaman

Mobil vs Skuter

Mobil vs Skuter

 

Sebuah kecelakaan sangat brutal dan tragis menimpa pengendara skuter dengan satu penumpang di China. Sebuah mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi pada jalan yang dianggapnya sepi.

Tapi hasilnya lampu lalu lintas yang saat itu menyala merah pun diterobos. Sehingga sebuah kecelakaan maut tak dapat terelakkan harus terjadi dalam sekejap mata.

Dari hal ini sekiranya juga bisa menjadi pelajaran penting bagi kita semua dalam mentaati aturan yang ada.

 

2 dari 7 Halaman

Mobil vs Skuter II

Mobil vs Skuter II

Ini bukan sebuah film laga yang diperankan oleh pemeran pengganti. Tapi kejadian ini nyata terjadi dan juga sering terjadi di Indonesia sendiri. Kembali kecelakaan yang menimpa mobil yang menghajar skuter dengan kecepatan tinggi.

Hal ini juga akibatnya jika tidak bertindak hati-hati dalam berlalu lintas yang baik dan benar. Saat akan menyeberang jalan, berbelok yang harus menjadi perhatian pertama adalah arus lalu lintas dari arah dimana kita berada saat itu. Dan bukan memperhatikan jalur lain yang berlawanan.

Kesalahan kedua adalah pengendara skuter ini juga tidak menggunakan helm. Kemudian yang ketiga adalah berpindah jalur dan menyeberang jalan perempatan dengan posisi yang salah.

Harusnya jika ia hendak berbelok pada perempatan jalan tersebut, jauh sebelumnya dia harus sudah berpindah jalur.

Hasilnya kecelakaan cukup parah terjadi hingga mobil yang menabrak ini terbalik. Memang bisa dikatakan penglihatan pengendara skuter nahas ini terhalang truk besar. Tapi tetap saja tindakan yang dia lakukan salah besar dan bisa menjadi pelajaran penting untuk kita semua.

3 dari 7 Halaman

Mobil vs 3 Skuter

Mobil vs 3 Skuter

 

Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di negara tetangga yang tepatnya di Melaka, Malaysia. Jika pada video sebelumnya memperlihatkan kecelakaan mobil vs satu skuter, tapi kini tiga pengendara skuter dilibas habis.

 

Dari kamera pengawas yang terdapat di persimpangan jalan ini jelas terlihat 3 orang pengendara skuter ini yang melanggar aturan. Sebab terlihat di seberang jalan lain para pengendara mobil dan sepeda masih terhenti karena lampu merah.

 

Akibatnya sebuah mobil yang saat itu melaju dengan keras tidak sanggup menghentikan lajunya dan langsung menghajar ketiga pengendara nakal ini. Dari 7 kejadian kecelakaan yang ada ini jelas terbukti banyaknya pengendara yang tidak sadar diri dalam berperilaku dalam lalu lintas.  

 

4 dari 7 Halaman

Mabuk

Mabuk

Kesalahan paling fatal adalah berkendara sambil menggunakan ponsel dan juga berkendara dalam pengaruh obat atau minuman keras. Seperti halnya pada video kali ini didapati pengendara motor yang bisa dipastikan dalam kondisi mabuk karena minuman keras.

Pengemudi mobil yang dalam pengaruh minuman keras memang bisa lebih membahayakan baik diri sendiri dan keselamatan nyawa orang lain. Beruntung pengendara motor ini tidak melukai dan membahayakan orang lain.

Tapi akibatnya tingkah laku yang lucu terjadi. Pengendara motor ini terjatuh karena tidak bisa seimbang saat berhenti. Dan lebih lucunya lagi saat berhasil bangkit, lalu berusaha duduk di motornya kembali ia sudah tidak mampu hingga terjatuh lagi.

5 dari 7 Halaman

Tidak Fokus

Tidak Fokus

Dalam kasus kecelakaan kali ini bisa terbilang cukup aneh sebenarnya. Sebab pengendara motor terjatuh hingga motor sportnya yang terjatuh menabrak mobil yang sedang melaju di depannya. Bahkan setelah kejadian kecelakaan ini pengendara motor melarikan diri dengan berlari tanpa motornya.

Namun dari kejadian ini dapat dipastikan pengendara motor kurang fokus dengan keadaan jalan di depannya. Sebab saat melaju sedikit kencang dan pengemudi melihat mobil kedua yang berwarna putih berbelok ke kiri.

Dan karena kurang fokus, ia berusaha memperlambat laju dengan rem mendadak. Hasilnya ban belakang terlalu menggigit hingga motor tergelincir hingga jatuh.

6 dari 7 Halaman

Perempat Jalan

Perempat Jalan

Kawasan jalan yang paling sering terjadi kecelakaan adalah di perempatan jalan. Tak sedikit pejalan kaki juga ikut menjadi korbannya walau sudah menyeberang di jalur zebra cross. Seperti pada kejadian ini yang kembali memperlihatkan pelanggaran menerobos lampu merah.

Jika sebelumnya pengemudi mobil yang melakukan kesalahan. Pada rekaman video ini sebenarnya ada 2 pelanggaran dan kesalahan paling fatal datang dari pengendara motor.

Pejalan kaki terlihat menyeberang tanpa menunggu lampu peringatan menyala hijau. Kemudian disusul dengan pengendara motor dari arah berlawanan yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Hasilnya kecelakaan pertama motor menghajar bagian depan mobil yang berbelok kemudian motor terpelanting dengan keras yang nahasnya mengarak ke pejalan kaki tersebut.

Andai saja pejalan kaki ini mulai menyeberang sesuai peringatan lampu hijau besar kemungkinan ia akan terhindar dari kecelakaan maut ini.

7 dari 7 Halaman

Motor vs Ambulance

Motor vs Ambulance

Ada yang mengatakan sebuah kecepatan dapat membunuh, tapi ada juga yang mengatakan berhenti mendadak yang bisa membunuh. Kedua pernyataan ini tidak salah apabila digabung menjadi satu, yaitu melaju kecepatan tinggi hingga terhenti secara mendadak.

Kecelakaan inilah yang terjadi pada pengendara motor yang menghajar sebuah mobil ambulance secara frontal. Video rekaman yang memang menggunakan resolusi kecil ini berhasil merekam detik-detik kecelakaan mengerikan ini.

Bahkan karena kerasnya tumbukan yang terjadi, pengendara motor nahas ini terpental hingga 5 meter ke atas. Perhatikan dalam tayangan lambatnya.  

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Tapi kecelakaan setidaknya bisa dihindari dari awal, jika para pengendara bisa bijak bertindak dan mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku.

(kpl/vin)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami