7 Karya Modifikasi Mobil BMW Paling Mewah

Modifikasi merupakan sebuah langkah untuk menjadikan kendaraan tampil beda, mengurangi bobot dan menambah tenaga. Berikut 7 modifikasi keren dan mewah yang dilakukan pada mobil mewah asal Jerman, BMW. 

Selasa, 16 Oktober 2012 08:30
7 Karya Modifikasi Mobil BMW Paling Mewah Modifikasi mewah mobil BMW

Editor : Alvin

Otosia.com - Modifikasi merupakan sebuah langkah untuk menjadikan kendaraan tampil beda, mengurangi bobot, menambah tenaga bahkan juga bisa untuk membuat konsumsi BBM jadi lebih irit. Namun pada kenyataan modifikasi yang paling disukai banyak orang adalah meningkatkan performa mesin dan menjadikan tampilan kian mempesona.

Kali ini otosia merangkum 7 modifikasi keren dan mewah yang dilakukan pada mobil mewah asal Jerman, BMW. Karya modifikasi ini tentu tak lepas dari tangan modifikator handal yang biasa memberikan sentuhan istimewa seperti G-Power, Vorsteiner, Hamman.

Modifikasi keren dalam pilihan kali ini tidak hanya melihat dari tampilan saja. Tapi juga ada yang menyoroti dari peningkatan performa mesin menjadi jauh lebih bertenaga dibanding tenaga mesin standarnya.  

1 dari 7 Halaman

M3 E92 Frozen Black

M3 E92 Frozen Black

Modifikasi BMW M3 berpenampilan sangar dan garang ini datang dari negara Arab. Tampilan eksterior yang baru datang dari penggunaan bahan karbon fiber pada bagian kap mesin, kap bagasi, bibir bumper depan, penggunaan perangkat diffuser dan juga rumah kaca spion.

Untuk melengkapi konsep warna Frozen Black, pada bagian kaki-kakinya  menggunakan satu sel velg Strasse Forged Deep Concave SM7 berukuran 20 inch dengan berwarna hitam matte dengan pinggiran dilapis titanium. Kesan garang sosok monster semakin terlihat tajam dengan penggunaan lampu angel eyes dengan pemilihan warna merah.

Satu set velg spesial dibalut dengan ban Pirelli P Zero Nero. Untuk meningkatkan kendali sempurna dan bisa mengatur tinggi rendah mobil, sistem suspensi menggunakan Bilstein coilover.

Mesin V8 berkapasitas 4.0 liter telah mendapat tambahan perangkat pendongkrak tenaga supercharger Stage 2 dari Active Autowerke. Tak hanya itu, sistem pembuangan menggunakan Akrapovic Exhaust serta meremap ECU, sehingga tenaga puncak yang dihasilkan adalah 625 hp.

2 dari 7 Halaman

GTRS3 - Vorsteiner

GTRS3 - Vorsteiner

Karya rumah modifikasi Vorsteiner pada BMW M3 E92 ini membuat sosoknya makin berotot. Dengan body kit yang berbahan serat karbon diaplikasikan dari bumper depan hingga bumper belakang.

Pada bumper depan memang memiliki desain yang masih mirip dengan standar, tapi yang membedakannya adalah terdapat fitur aerodimasis dengan sistem saluran udara yang lebih besar. Begitu juga pada side skirt yang juga diselaraskan dengan gembungnya fender depan dan belakang. Bumper standar pun diganti dengan model gembung dengan bagian bawahnya terdapat diffuser.

Berikut daftar perubahan pada BMW M3 GTRS3 besutan Vorsteiner yang memakan biaya US$24.995 atau sekitar Rp 223 juta:

  • Vorsteiner GTRS3 Carbon Fiber Wide body Conversion
  • Vorsteiner Vented Carbon Fiber Race Hood
  • Vorsteiner VRS Carbon Fiber Boot Lid
  • Vorsteiner Lightweight Titanium Exhaust System
  • Vorsteiner V-309 Forged 5 Spoke Concave Centers 20×10.5J | 20x12J (Velg)
  • Vorsteiner Red Piping Logo Embroidered Floor Mats
  • Michelin PS2 Sport Tires 285/25/20 325/25/20
  • GTR Big Brake Kit System Front and Rear
  • KW V3 EDC Coil over Suspension System
  • AA E9X M3 Supercharger 620hp Stage II

3 dari 7 Halaman

M3 Alpha-N

M3 Alpha-N

Salah satu rumah modifikasi spesial BMW ini baru luncurkan paket modifikasi racing pada BMW M3 E92 yang dikatakan nyaman dipergunakan dalam sehari-hari. Untuk itu untuk performa mesin, Alpha-N tidak terlalu banyak tingkatkan tenaganya.

Jantung pacu standar V8 kapasitas 4.0 liter hanya ditingkatkan tenaganya sebanyak 30 hp atau sekarang menjadi 450 hp. Peningkatan tenaga ini hanya mengoptimalkan software mesin atau pada ECU, menggunakan carbon air-box system dan selanjutnya mengganti sistem pembuangan dengan titanic sports exhaust system dari Akrapovic.

Untuk mengimbangi performa mesin dan memiliki kenyamanan untuk penggunaan harian, bagian suspensi diganti dengan menggunakan KW suspension. Pada bagian kaki-kaki menggunakan satu set velg ringan OZ Superforgiata yang kemudian dibalut ban Michelin Pilot Sport Cup berukuran 265/35R19.

Untuk tampilan luar agar semakin sporty, Alpha-N menggunakan paket aero kit berupa bumper depan baru lengkap dengan spoiler lip. Kemudian pada bagian bumper belakang juga dikenakan perangkat diffuser serta penambahan wing belakang. Modifikasi minimalis untuk eksterior ini semua mengandalkan bahan serat karbon fiber.

4 dari 7 Halaman

BMW 1 M Coupe

BMW 1 M Coupe

Rumah modifikasi spesial BMW asal Jerman, G-Power, persembahkan karya terbaru untuk varian terkecil dari M Series. Dengan menggunakan model terakhir BMW 1 Series M Coupe yang dikabarkan telah berhenti diproduksi. 

Paket modif yang menjadi ciri khas G-Power adalah upgrade performance dimana menjanjikan peningkatan denyut jantung pada BMW 1M Coupe ini. Upgrade paket performa ini di antaranya termasuk program ulang software ECU, memperbesar saluran masuk udara dan mengoptimalkan sistem pendingin. Tidak hanya itu sistem pembuangan menggunakan bahan ringan titanium, sehingga bobot bisa berkurang 20kg.

Untuk modifikasi performa secara keseluruhan ini dapat dicapai tenaga 435 hp dengan torsi puncak 590 Nm. Dengan peningkatan performa ini, akselerasi dari 0-100km/h dapat dicapai dalam waktu 4,5 detik. Sedangkan untuk kecepatan puncak dapat mencapai 300 km/h.

G-Power juga memberikan sistem suspensi baru G coil-over suspension. Suspensi ini dapat diatur ketinggiannya dengan 9 pilihan. Lalu untuk penghenti laju telah dipergunakan G-POWER ceramic braking system dengan kaliper 6 silinder dan cakram ukuran 396mm.

Kemudian pada kaki-kaki G-Power sediakan velg Silverstone ukuran 20 inch. Velg ini akan dibalut dengan ban Michelin berprofil 255/30 ZR 20 untuk depan dan 295/25 ZR 20 untuk belakang.

5 dari 7 Halaman

M6 Hurricane CS

M6 Hurricane CS

Satu lagi karya modifikasi dari G-Power yang mampu menjadikan varian sedan coupe mewah BMW M6 ini yang tercepat di dunia. Dari melakukan pengujian kecepatan, BMW M6 Hurricane CS ini sanggup capai kecepatan puncak yang setara dengan supercar yaitu 370 km/h.

Sebuah hasil yang sangat membanggakan bagi G-Power tentunya. Keberhasilan ini diperoleh karena BMW M6 Hurricane CS ini dibekali mesin V10 SK III RS twin-supercharge. Dengan mesin ini tenaga yang sanggup dihasilkan sebesar 750 hp pada 7.500-8.000 rpm. Sedangkan torsi yang sangat kaya dengan 800 Nm dapat diperoleh dari putaran 5.000 rpm.

Mengingat dengan mesin yang sama ini mampu menghantarkan karya modifikasi G-Power pada BMW M5 Hurricane CS sebagai sedan tercepat di dunia dengan kecepatan 367,4 km/h. Kemampuan performa mesin ini mampu hantarkan BMW M6 Hurricane CS melesat hingga kecepatan 200 km/h hanya 9,6 detik dan untuk mencapai kecepatan 300 km/h hanya dalam 26 detik.

Dan untuk pencapaian gelar ini, G-Power tidak hanya rombak jantung pacunya saja, tapi juga faktor pendukung aerodinamikanya juga dengan widebody kit. Untuk sistem penghenti laju menggunakan sistem rem high performance carbon-ceramic serta sistem suspensi baru yang bisa diatur ketinggiannya.

Untuk kaki-kaki juga didukung dengan satu set velg ringan berbahan alloy ukuran 21 inch. Velg ini dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport PS2 berukuran 255/35 ZR untuk ban depan dan 305/30 ZR untuk ban belakang.

6 dari 7 Halaman

M5 F10 - Hamann

M5 F10 - Hamann

Hamann mengubah penampilan BMW M5 F10 ini menjadi lebih keren dengan adanya pelebaran bumper depan sekitar 25mm dan bumper belakang 30mm serta penambahan sayap belakang kecil. Paket aero kit hingga spoiler belakang ini diklaim memiliki tingkat aerodinamis lebih baik ketimbang standar New M5. 

Tidak hanya itu saja, Hamman juga memasangkan perangkat suspensi sport baru yang menjadikan mobil lebih ceper. Kemudian dipasangkan dengan satu set velg Edition Race Anodized ukuran 21 inch berbahan alloy yang dibalut ban ukuran 265/30 untuk depan dan 325/25 untuk belakang.

Mesin standar New M5 F10 yang berkapasitas 4.4 liter V8 Twin-Turbocharged kini telah lebih bertenaga. Di tangan sang modifikator specialist, Hamann, performa mesin standar kini telah menjadi 710 hp dan mampu menghasilkan torsi sebesar 900 Nm.

Lihat foto New BMW M5 F10 modifikasi Hamann

7 dari 7 Halaman

X6 Tycoon Evo M

X6 Tycoon Evo M

Satu lagi karya Hamann yang selalu mampu memberikan perubahan pada sebuah mobil menjadi lebih garang dan perkasa. Kali ini menggunakan model SUV BMW X6 M, yang mampu dijadikan jajaran SUV tercepat di dunia. 

Garapan Hamann ini memang memadukan dua aspek utama dalam hasilkan performa mobil menjadi sempurna. Untuk itu program modifikasi ini bernama BMW X6 M Tycoon Evo M yang meliputi perubahan body kit dan upgrade performa. 

Perubahan pada eksterior melalui body kit baru ini mampu memberikan tampilan SUV ini kian perkasa dan kekar hingga sebanyak 60 mm. Perubahan dapat terlihat dari fascia, bumper depan baru lengkap dengan LED daytime runing light, kap mesin dengan lubang ventilasi, side skirt dan bumper belakang baru lengkap dengan diffuser baru yang membuat kesan gagah pada X6 ini.

Kemudian untuk jantung pacunya, Hamann telah melakukan program ulang dengan meningkatkan speed limit hingga 300 km/h. Perubahan lain juga meliputi penggantian sistem knalpot dengan stainless steel high performance exhaust system lengkap dengan metal catalysers.

Hasilnya mesin V8 berkapasitas 4.4 liter kini sanggup hasilkan tenaga 670 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 780 Nm pada 1.500-5.650 rpm. Dengan kata lain peningkatan daya dari standar mencapai 115 hp dan torsi meningkat sebanyak 100 Nm. Dengan peningkatan ini, SUV X6 sanggup melesat dari 0-100km/h hanya dalam 4,2 detik.

BMW X6 M Tycoon Evo M

(kpl/vin)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami