7 Cara 'Nakal' Pengendara Motor Hindari Macet

Kondisi jalanan yang padat membuat gerah para pengendara motor. Mumpung lebih lincah, akhirnya jalan pintas pun diambilnya!

Sabtu, 06 September 2014 20:15
7 Cara 'Nakal' Pengendara Motor Hindari Macet Jalan pintas favorit pemotor nakal

Editor : Sony

Otosia.com -

Setiap hari, menghadapi jalanan yang bising dengan deru para 'kuda besi', panasnya polusi dan jalanan yang demikian padat seakan menjadi rutinitas yang tak bisa dihindari oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Surabaya atau Jakarta.

Tak hanya tingkat kesabaran saja yang diuji tapi juga tingkat kesadaran untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku sangatlah sulit dijalani kala emosi sudah berada di ujung kepala akibat harus menghabiskan waktu berjam-jam karena macet.

Gara-gara itulah, selalu saja ada pembesut kendaraan roda dua yang notabene lebih lincah dan fleksibel ketimbang mobil yang memilih 'jalan pintas' demi mampu mencapai tujuan walau hanya satu menit lebih cepat.

Dari banyak kejadiannya di Tanah Air, berikut ini 7 'jalan pintas' favorit pemotor 'nakal' di Indonesia kalau sudah tak sabar menunggu macet.

1 dari 7 Halaman

Trotoar

Trotoar

Klasik dan sudah tak menjadi hal baru lagi. Posisi trotoar yang kebanyakan langsung berada di tepian jalan raya menjadi salah satu alternatif kegemaran pemotor nakal untuk menyalip kendaraan di depannya.

Satu hal lagi yang lucu bahkan ironis kalau dipikirkan tentang pemotor yang menggunakan jalur trotoar ini. Yaitu mereka tak jarang atau bahkan tak sungkan untuk meng-klakson pejalan kaki yang berjalan di trotoar menghalangi jalan mereka.

Aneh bukan?

2 dari 7 Halaman

Melawan Arus

Melawan Arus

Satu lagi kenekatan 'rutin' yang sering dijumpai saat jam-jam sibuk di kota besar adalah pengendara motor yang melawan arus.

Sering kali hal ini disebabkan oleh entah memang karena tak ada jalur untuk putar balik atau memang sedang terburu-buru, yang jelas kendaraan yang melawan arus, tak peduli motor atau pun mobil, membuka kesempatan kepada musibah untuk terjadi.

3 dari 7 Halaman

Jalur Busway

Jalur Busway

Pelanggaran jalur busway oleh pengendara bandel sudah lama membuat para penegak hukum di wilayah Ibukota jadi gerah, khususnya sepeda motor. Alasan yang dilontarkan juga sama, yakni karena kondisi jalan yang macet sehingga jalur busway pun dijadikan jalan pintas.

Menangani hal tersebut, pihak pemerintah DKI akhirnya menurunkan peraturan baru dan bakal menindak tegas mereka yang masih saja menerobos jalur khusus angkutan Transjakarta itu.

4 dari 7 Halaman

Jalan Layang Non Tol

Jalan Layang Non Tol

Rambu larangan sudah terpampang jelas bahkan kasus kecelakaan tak hanya sekali terjadi, tapi entah kenapa masih ada saja pengendara motor yang 'ngotot' untuk lewat Jalan Layang Non Tol.

Di samping bahaya tabrakan dengan kendaraan lain, kencangnya angin di ketinggian jalan layang merupakan ancaman tersendiri bagi mereka yang menggunakan sepeda motor.

5 dari 7 Halaman

Rel Kereta Api

Rel Kereta Api

Dari semua 'jalan pintas' yang sering dipakai pemotor nakal, yang satu ini mungkin terbilang yang paling berbahaya. Bayangkan saja, hanya demi sampai di tujuan beberapa menit lebih cepat saja, mereka sampai berani mempertaruhkan nyawa dengan berkendara di rel kereta api.

Bagaimana kalau tiba-tiba ada kereta lewat?

6 dari 7 Halaman

Jembatan Penyebrangan

Jembatan Penyebrangan

Namanya saja Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) jelas ia difungsikan khusus sebagai untuk orang menyebrang jalan dengan aman. Tapi para pemotor bandel yang enggan menunggu macet malah nekat menggunakan JPO sebagai jalan pintas.

Perilaku egois yang tak patut dicontoh tentunya. Selain mencaplok hak dan mengganggu kenyamanan pengguna jembatan yang lain, keberadaan pemotor-pemotor nekat ini juga membahayakan pejalan kaki.

7 dari 7 Halaman

Jalan Tol

Jalan Tol

Jalan bebas hambatan alias jalan tol terlihat amat menggiurkan bagi mereka yang mengendarai sepeda motor karena memang terkesan lebih lengang ketimbang jalan utama.

Dari sekian kasus motor yang nekat lewat jalan tol, satu kasus paling 'gokil' terjadi belum lama ini saat seorang ibu-ibu bernyali tinggi terekam video sedang mengebut di jalan tol tanpa mengenakan helm.

Lebih gila lagi, di belakang ibu tersebut ternyata ada mobil polisi dengan sirine meraung-raung yang berusaha menghentikan si ibu nekat sebelum ia celaka.

Ini videonya bro.

 

(kpl/sno)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami