7 Fase Metamorfosis Volkswagen Golf

Pabrikan asal Jerman sejak tahun 1974 sebagai awal kelahiran dari Volkswagen Golf telah memberikan satu produk yang luar biasa pada diri Golf. Dimulai pada proyek Golf Mk I, yang merupakan singkatan dari 'Mark I'.

Rabu, 09 Juli 2014 09:15
7 Fase Metamorfosis Volkswagen Golf Perubahan pada Volkswagen Golf (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Pabrikan asal Jerman sejak tahun 1974 sebagai awal kelahiran dari Volkswagen Golf telah memberikan satu produk yang luar biasa pada diri Golf. Dimulai pada proyek Golf Mk I, yang merupakan singkatan dari 'Mark I'.

Karya Giorgetto Giugiaro tersebut mulai merangsek pasar Indonesia pada tahun 1978. Dengan harga 4 jutaan saja, Volkswagen Golf Mark I terjual sampai dengan 2.000 unit, yang dalam waktu yang bersamaan menjadi mobil pertama yang menggunakan water cooled di antara line up Golf yang lainnya.

Sampai dengan Volkswagen Golf Mk VII yang diproduksi 2 tahun lalu, Volkswagen juga telah berkembang menjadi pesaing berat mobil-mobil hatchback di seluruh dunia. Dalam hal ini, terutama melawan pesaing bebuyutan pada diri Ford.

Total, Volkswagen Golf dari masa ke masa telah terjual sampai dengan 29 juta unit di seluruh dunia. Nah, bagi penggemar Volkswagen yang penasaran ingin mengetahui seperti apa Golf berkembang semenjak pertama kali dibuat? Ini dia ulasannya.

1 dari 7 Halaman

Golf Mk I

Golf Mk I

VW Golf Mk I muncul dengan warna yang unik, hijau alpukat yang juga menjadi ciri khas dari Volkswagen pada jamannya. Mobil ini dibangun sebagai mobil seri Golf yang dibangun menggunakan Water Cooled system.

Golf Mk I menggunakan SOHC 1,6 Liter dengan 4-percepatan serta 3-percepatan untuk tipe otomatis. Mobil ini secara historis sebenarnya dijadikan 'penyelamat' bagi Beetle yang pada jaman itu reputasinya mulai turun.

2 dari 7 Halaman

Golf Mk II

Golf Mk II

Dengan desain yang tidak terlalu banyak berubah, Golf Mark II lahir. Di seri yang sama 3 tahun setelah kelahiran Golf Mk II, yang pada tahun 1986 Golf Mk II kemudian menggunakan DOHC 1.800 16 valve dengan tenaga mencapai 137 hp.

Golf Mk II masuk pertama kali pada tahun 1983, pada tahun tersebut Volkswagen menyediakan dua varian dengan tipe mesin diesel dan Syncro.

3 dari 7 Halaman

Golf Mk III

Golf Mk III

Butuh waktu kurang lebih sampai nyaris satu dekade sebelum Volkswagen meluncurkan Golf Mk III pada tahun 1991 dan dipasarkan di tahun yang sama di seluruh dunia dan termasuk di Indonesia.

Golf Mk III menawarkan desain yang jauh lebih modern ketimbang kakak-kakaknya Mk I dan Mk II. Mesin juga ditingkatkan kapasitasnya menjadi 2.000 cc dan mampu menghempaskan tenaga sampai dengan 150 hp. Hanya saja Golf Mk III tidak selaris Mk I dan Mk II.

4 dari 7 Halaman

Golf Mk IV

Golf Mk IV

Mk IV menjadi semacam ajang pamer bagi tim desain yang saat itu dikepalai oleh Harmut Wekuss yang juga jadi debut lahirnya Golf Mk IV. Kemewahan jelas terpancar pada produk baru Volkswagen ini. Penambahan GPS, ESC dan curtain airbag juga pertama kali muncul pada mobil ini.

Mesin berukuran 1.800cc sekaligus penambahan turbocharge menjadi nilai plus Golf Mk IV. Dengan tenaga sampai dengan 147 hp dan Torsi menyentuh angka 210 Nm.

5 dari 7 Halaman

Golf Mk V

Golf Mk V

Tahun 2003 jadi tahun yang cukup evolusioner buat Volkswagen, karena pada tahun ini Golf Mk V lahir dengan gubahan yang cukup banyak pada sektor kaki-kaki bagian belakang.

Fitur baru pada mobil ini terdiri dari keberadaan lampu bi-xenon, sensor hujan, keberadaan panoramic roof serta 7-speed DSG yang juga disertakan pada tubuh Golf Mk V. Mobil ini jadi salah satu kejutan juga, karena lonjakan tenaga pada mesin 2.000 cc-nya menyentuh angka 197 hp.

6 dari 7 Halaman

Golf Mk VI

Golf Mk VI

Paris Motor Show tahun 2008 menjadi saksi diluncurkannya GOlf Mk VI yang juga menjadi saksi kecanggihan mobil ini. Dengan eksistensi Auto Start/Stop system, brake energy recovery, parking assist, serta dengan adanya corner headlights.

Mobil ini sejatinya dibangun dengan mesin berukuran sampai dengan 2.000 cc dan berbonuskan turbocharge. Hanya saja, di Indonesia yang dipasarkan adalah Golf Mk dengan mesin berukuran 1.400 cc yang bertenagakan sampai dengan 138 hp.

7 dari 7 Halaman

Golf Mk VII

Golf Mk VII

Produk terakhir yang teranyar dari Volkswagen ini muncul pertama kali juga di Paris Motor Show, kali ini tahun 2012. Perubahan fisik tidak terlalu terlihat signifikan, namun cukup bisa diteliti adanya sudut-sudut tegas pada bumper Golf Mk VII dibanding Golf Mk VI.

Mobil dengan mesin berukuran 2.000 cc merupakan model GTi dari mobil ini yang mendampingi model orisinil yang hanya bersenjatakan mesin berukuran 1.400 cc. Harga terupdate dari Golf Mk VII adalah Rp 731 juta.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami