6 SUV yang Bakalan Laris di Tahun 2014

Berakhirnya tahun 2013 menjadi penutup kesuksesan automaker yang berjaya tahun lalu. Kini, Otosia menghadirkan 6 mobil SUV yang diprediksi bakal populer di tahun 2014 ini!

Minggu, 05 Januari 2014 08:15
6 SUV yang Bakalan Laris di Tahun 2014 Jajaran mobil SUV

Editor : Sony

Otosia.com - Melihat perkembangan dunia otomotif Indonesia sepanjang tahun 2013 lalu mengalami peningkatan yang cukup pesat, terutama di bidang penjualan mobil. Apalagi dengan mulai hadirnya program mobil murah atau yang disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC) tahun lalu kian mewarnai ragam otomotif tanah air.

Sepanjang tahun 2013 lalu tak sedikit mobil baru yang mulai bermunculan di Indonesia, termasuk mobil LCGC, yang hadir di berbagai kelas, mulai dari MPV, city car, sedan hingga SUV. Namun jika dibandingkan dari segi popularitas, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) memang memiliki penggemarnya sendiri.

All-New Honda CR-V

Tak heran, mobil jenis SUV ini memang memiliki performa yang tangguh dan cocok untuk dikendarai di Indonesia yang memiliki secara geografis memiliki banyak wilayah pegunungan dengan kondisi jalan yang naik turun. Di samping itu, tak sedikit pula konsumen tanah air yang kepincut dengan penampilan garang mobil-mobil jenis ini.

Toyota Rush

Dalam catatan penjualan mobil tahun lalu saja, beberapa model SUV seperti Terios dan Rush sempat masuk dalam jajaran 10 mobil terlaris. Untuk itu, kini tim Otosia menghadirkan sejumlah SUV baru yang diprediksi akan laris manis di tahun 2014 ini.

Saksikan daftarnya sebagai berikut:





1 dari 6 Halaman

All-New Ford EcoSport

All-New Ford EcoSport

Pertama kali muncul di ajang Indonesia International Motor Show 2013 September lalu, All-New Ford EcoSport dinilai berpotensi menjadi rival mobil di kelas low SUV lainnya seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Berpose dengan warna Mars Red di IIMS kemarin, SUV asal Amerika ini tampil mempesona dengan sosoknya yang tangguh.

Dari penampilan luarnya yang menggoda, terlihat jelas desain yang mencerminkan ciri khas automaker asal negeri Paman Sam tersebut, seperti perawakan yang nampak berotot dengan grille chrome berukuran besar. Tak hanya wujudnya yang kekar dan menawan, ia juga dilengkapi dengan beragam teknologi canggih yang dikembangkan oleh Ford, termasuk Ford Sync.

Ford EcoSport

Menengok ke sektor dapur pacu, SUV All-New Ford EcoSport ditenagai oleh mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.5 liter yang meledakkan tenaga hingga 105 hp dan torsi puncak 138 Nm. Tak hanya itu, mobil ini juga mengadaptasi teknologi Twin independent Variable Camshaft Timing (Ti-VCT).

2 dari 6 Halaman

New Nissan Juke

New Nissan Juke

Mobil berikutnya adalah crossover paduan dari SUV dan coupe dengan wujud yang unik, yaitu Nissan Juke. Mobil besutan Nissan ini sudah cukup familiar di kalangan pecinta mobil SUV. Pasalnya, ia memiliki desain unik yang funky dan tak bisa disamakan dengan mobil-mobil lain. Pantas saja jika Nissan Juke memiliki banyak penggemar setia.

Di IIMS 2013 lalu, Nissan memperkenalkan varian baru mobil ini yang diberi label New Nissan Juke. Memang di sisi eksterior tak ada terlalu banyak perubahan, namun ada beberapa tambahan di sektor interior seperti Detachable Wide Screen Audio System, Steering Switching Audio Control dan fitur DLNA terbaru.

New Nissan Juke

New Nissan Juke dibekali mesin HR15DE dan teknologi twin CVTC untuk mendukung mesin dapat mereduksi pump loss. Pada sistem transmisi, Juke juga telah mengaplikasi generasi terbaru dari X-tronic CVT, serta ditambah lagi dengan sub planetary gear sehingga menghasilkan gear ratio yang lebih luas.

Hadir dalam dua tipe, yakni RX dan RX Red Edition, masing-masing dibanderol Rp 259 juta dan RP 268 juta per bulan Oktober on The Road Jakarta.

3 dari 6 Halaman

All-New Nissan X-Trail 2014

All-New Nissan X-Trail 2014

Satu lagi mobil yang sudah tak asing bagi para penggemar SUV tanah air, Nissan X-Trail. Baru-baru ini, tepatnya pada 16 Desember 2013 lalu, pihak Nissan Jepang sendiri telah secara resmi memamerkan wujud serta banderol untuk generasi ketiga mobil ini, yakni All-New Nissan X-Trail 2014.

Tampil baru, generasi ketiga Nissan X-Trail ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi yang lebih compact untuk 5-penumpang dan versi 7-penumpang yang lebih luas. Penampilan luarnya nampak keren dengan air intake yang lebih rendah dan tampang yang berotot dan sporty.

All-New Nissan X-Trail 2014 ini dibekali dengan mesin 2.0 liter MR20DD yang dilengkapi dengan Idling Stop dan transmisi XTRONIC CVT. Efisiensi konsumsi bensinnya terhitung cukup irit dengan catatan 16,4 km/liter.

Nissan X-Trail 2014

Untuk pasar Jepang yang merupakan grand launching pertama di negara kawasan Asia, Nissan membanderolnya mulai ¥2,249,100 -  ¥2,797,200  atau setara dengan Rp 263 - Rp 328 jutaan.

Sementara untuk kemunculan All-New Nissan X-Trail 2013 di tanah air masih belum ada informasi yang jelas. Pihak Nissan hanya mengatakan bahwa SUV paling anyar mereka baru akan meluncur di Indonesia memasuki kwartal pertama tahun 2014.

4 dari 6 Halaman

Mitsubishi Outlander

Mitsubishi Outlander

Tak mau ketinggalan dari para pesaing lainnya, Mitsubishi juga bakal menghadirkan varian baru dari SUV Outlander tahun ini. Meskipun masih belum ada info perihal tanggal pastinya, yang jelas pihak PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors kedapatan mendaftarkan Outlander Sport tersebut di Kementerian Perindustrian dengan nama Mitsubishi Outlander Sport GLS-E dan GLX-E.

Selain Outlander Sport, pada pagelaran IIMS 2013 lalu pihak Mitsubishi juga sempat mengumumkan bahwa mereka akan membawa SUV Mitsubishi Outlander Hibrida atau versi motor elektrik-mesin bensin Outlander ke Indonesia. SUV ini juga menggunakan mesin bensin 2.000 cc namun dengan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Untuk saat ini Mitsubishi Outlander sendiri yang diposisikan sebagai SUV kompak di bawah Pajero dihadirkan dalam tiga varian, yakni Outlander GLS 2.0 AT, Outlander GLX 2.0 MT, dan Outlander PX 2.0 AT. Sedangkan GLX (transmisi manual) berharga Rp 289 juta, GLS (matic) Rp 306 juta, dan PX Rp 325 juta (matic). Semua harga sudah on-the road di Jabodetabek.

Mitsubishi Outlander Sport

Dengan harga, penampilan serta kemampuannya tersebut tak heran jika di tahun 2014 nanti Mitsubishi Outlander bakal meraih kesuksesan yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

5 dari 6 Halaman

Daihatsu Terios dan Toyota Rush

Daihatsu Terios dan Toyota Rush

Dianugerahi sebagai duo SUV paling laris tahun 2013 kemarin Daihatsu Terios dan Toyota Rush masih memiliki potensi yang sama kuat untuk periode tahun 2014 mendatang. Pasalnya, belum lama ini keduanya sama-sama meluncurkan model baru yang tak kalah dengan SUV produksi pabrik-pabrik lain, yakni Toyota Rush TRD Sportivo dan New Daihatsu Terios.

Toyota Rush TRD Sportivo diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor sesaat sebelum IIMS 2013 kemarin. Ia hadir dalam tipe 1.5 TRD manual dan matic.

Toyota Rush

Perubahan tampilannya mencakup front TRD Sportivo front and rear bumper spoiler, new TRD Sportivo rear emblem, side sticker dan corner sensor. Dilengkapi juga dengan electric retracable outer view mirror dengan aksen chrome dan rear roof spoiler dengan LED high mount stop lamp.

Daihatsu Terios

Sementara untuk New Daihatsu Terios memiliki tampilan luar yang lebih maskulin dengan adanya pelindung bumper depan dan belakang, overfender yang membuatnya lebih berotot serta side stone guard. Terios sendiri dipasangi mesin seperti yang juga dipakaikan pada Rush, berkode 3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingin air dengan kapasitas mesin 1.495 cc (atau 1.500 cc).

6 dari 6 Halaman

All-New Honda CR-V

All-New Honda CR-V

Berikutnya datang dari rumah produksi Honda, yaitu All-New Honda CR-V. Meskipun telah hadir di Indonesia sejak IIMS 2012, All-New Honda CR-V tetap saja banyak peminatnya. Terang saja, mobil yang satu ini selain sudah punya 'nama' di Indonesia, wujudnya yang modis dan ketangguhannya dalam menelusuri jalan naik turun di tanah air sudah dikenal luas.

Selain lebih stylish dibanding pendahulunya, All New CR-V juga dibekali fitur baru i-MID (intelligent-Multi Information Display) berupa layar berwarna 5 inci. Pada layar ini menampilkan berbagai informasi, seperti konsumsi BBM, audio, jam hingga wallpaper yang dapat diisi dengan foto personal.

All-New Honda CR-V

All New Honda CR-V ini sendiri hadir dalam tiga varian. Model paling murah tipe 2.0 L transmisi manual yang dibanderol Rp 359 juta, dan transmisi otomatis dijual Rp 370 juta. Varian tertingginya berkapasitas mesin 2.4 liter A/T dengan harga Rp 404 juta on-the road Jabodetabek.

(kpl/sno)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami