6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pencucian Mobil Kesayangan

6 Kesalahan saat pencucian ini mungkin juga Anda lakukan, simak ulasannya berikut ini, Otolovers.

Selasa, 27 Oktober 2015 14:45
6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pencucian Mobil Kesayangan Foto: macneilwash

Editor : Larasati​ ​Zu​hro

Otosia.com - Anda pasti menginginkan mobil yang selalu mengkilat seperti baru, bukan? Namun tahukah Anda bahwa kesalahan dalam mencuci dapat menurunkan kualitas cat pada mobil kesayangan Anda. Kesalahan dalam pencucian ini akan mengakibatkan penampilan kendaraan Anda menjadi terlihat kusam.

Perlu Anda ketahui bahwa cat asli bawaan pabrik memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Mereka dapat bertahan dalam kualitas baik yang dapat bertahan hingga belasan tahun. Namun hal ini juga bergantung dari bagaimana perawatan yang Anda lakukan, salah satunya adalah pencuciannya Otolovers

Berikut ini ada beberapa kesalahan yang banyak dilakukan pemilik mobil saat mencucinya. Padahal hal-hal kecil yang tidak diperhatikan ini dapat mengurangi kualitas dari cat mobilnya dari hari ke hari tanpa mereka sadari. Simak tipsnya berikut ini, Otolovers.

1 dari 6 Halaman

Penggunaan Spons

Penggunaan Spons

Pernahkah Anda melihat goresan-goresan halus ketika permukaan mobil Anda terkena cahaya matahari? Hal seperti ini terjadi akibat proses pencucian yang tidak tepat. Debu-debu halus yang menempel pada permukaan mobil dapat menggores  lapisan cat jika tidak dibersihkan dengan benar, Otolovers.

Jika Anda selama ini menggunakan spons untuk membersihkan mobil, sebaiknya Anda menggantinya dengan Microfiber Chenille. Hal ini karena tanpa Anda sadari penggunaan spons dengan permukaan datar akan meninggalkan bekas goresan halus, akan terlihat etika terkena cahaya matahari langsung. Gunakan Microfiber Chenille untuk membasuh setiap bagian mobil Anda.

Microfiber Chenille dapat menjaga permukaan mobil Anda tetap dalam kondisi prima tanpa risiko tergores. Microfiber chenille memiliki permukaan yang lebih lembut untuk menjaga permukaan cat mobil Anda.

2 dari 6 Halaman

Hanya Menggunakan Satu Ember

Hanya Menggunakan Satu Ember

Jika Anda biasa mencuci hanya menggunakan satu ember saja, kotoran hasil sisa pembersihan akan bercampur menjadi satu dengan air sampo pembersih mobil Anda. Pastikan Anda menyediakan dua buah ember ketika membersihkan mobil.

Satu ember isi dengan sampo pembersih mobil, satu isi dengan air bersih. Untuk memaksimalkan pembersihan, pilih ember untuk wadah air bilasan yang memiliki penyaringan pada bagian bawahnya.



Penyaringan ini dapat digunakan sebagai alam pembantu menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada sela-sela microfiber Anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena Anda tidak akan tahu kotoran apa yang akan tersangkut di sana. Mungkin dapat menggores permukaan mobil Anda.



Untuk mendapat hasil maksimal, Anda dapat memasukkan microfiber chenille kembali ke dalam ember sampo setelah dibilas dan dibersihkan terlebih dahulu dengan air yang ada di ember yang lain. Jangan lupa ya, Otolovers!

3 dari 6 Halaman

Menggunakan Sembarang Sabun

Menggunakan Sembarang Sabun

Menggunakan sembarang sabun pencuci ternyata dapat menghilangkan lapisan wax pada mobil Anda, Otolovers. Jika Anda gemar mengaplikasikan wax pada mobil, jangan menggunakan sembarang cairan pencuci. Gunakanlah sampo khusus pencuci mobil untuk menjaga lapisan wax mobil Anda lebih tahan lama.

Kandungan bahan detergen sabun pencuci dapat membuat cat mobil Anda menjadi kusam secara perlahan. Jadi gunakan sampo khusus mobil jika ingin menjaga kondisi permukaan cat mobil kesayangan Anda, Otolovers. Selain itu, jangan membiarkan busa sabun menempel terlalu lama, apalagi jika Anda mencuci di bawah terik matahari.

Setelah mengaplikasikan sampo, segeralah membilasnya agar tidak menimbulkan bercak pada permukaan mobil kesayangan Anda Otolovers.

4 dari 6 Halaman

Membiarkan Mobil Kering dengan

Membiarkan Mobil Kering dengan

Meninggalkan mobil setelah pencucian tanpa mengeringkannya bukanlah hal yang tepat, Otolovers. Lebih praktis memang, apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan mobil. Hanya meninggalkannya di bawah sinar matahari dan dengan bantuan angin, mobil dapat kering dengan sendirinya.

Namun tahukah Anda bahwa cara ini dapat meninggalkan bercak air pada permukaan mobil. Bukannya terlihat bersih, mobil Anda akan terlihat buram dengan adanya bercak-bercak air pada permukaannya, Otolobers. Tidak ada salahnya meluangkan waktu lebih untuk mengelap mobil hingga kering, kan?

 

5 dari 6 Halaman

Pembersihan Lengkungan Velg

Pembersihan Lengkungan Velg

Kebersihan bodi dan kaca depan memang selalu menjadi prioritas ketika mencuci mobil sendiri di rumah. Namun beberapa orang akan meninggalkan bagian kaki-kakinya. Padahal kebersihan kaki-kaki mobil juga sangat penting lho, Otolovers. Kotoran-kotoran harus benar-benar bersih dari bagian roda.

Mengapa demikian? Jika yang tertinggal di sela-sela lengkungan roda Anda adalah lumpur, segera bersihkan hingga lumpur tersebut benar-benar hilang. Hal ini karena kotoran seperti ini juga dapat memicu adanya karat pada velg mobil Anda.



Selain itu, melihat keseluruhan bagian mobil benar-benar bersih dari noda akan lebih menyenangkan bukan? Jangan lupa perhatikan bagian kaki-kakinya juga ya, Otolovers.

6 dari 6 Halaman

Menggunakan Jasa Cuci Mobil

Menggunakan Jasa Cuci Mobil

Jangan dikira Menggunakan jasa cuci mobil atau mesin pencuci mobil dapat benar-benar menjaga kesehatan mobil Anda dari luar, Otolovers. Hal ini karena Anda tidak pernah tahu apa yang dilakukan oleh pekerja jasa pencuci kendaraan pada mobil Anda dan seberapa bersih mereka membersihkannya.

Jika memang Anda benar-benar tidak memiliki waktu untuk membersihkan mobil, cobalah cari jasa cuci mobil yang memang benar-benar terpercaya. Terutama mereka yang memperhatikan setiap detil kendaraan.

Jangan pernah melakukan hal-hal tersebut jika Anda ingin kondisi can mobil Anda tetap prima. Simak videonya berikut ini, Otolovers.

(kpl/lrs)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami