5 Tips Aman Melakukan Pengereman Motor Matik di Jalan Menurun

Berikut ini tips melakukan pengereman menggunakan motor matik di jalan menurun

Senin, 01 Februari 2021 19:15
5 Tips Aman Melakukan Pengereman Motor Matik di Jalan Menurun Ilustrasi mengendarai motor matik (MRSF)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Pada dasarnya, mengendarai motor matik begitu mudah. Sebab si pengendara hanya perlu menarik tuas gas dan rem saja, tanpa memakai kopling.

Namun motor matik dinilai berbahaya saat di jalan menurun. Pasalnya pengereman hanya mengandalkan tuas rem saja atau tidak dibantu engine brake seperti pada motor yang menggunakan persneling.

Oleh sebab itu, mengerem motor matik di jalan menurun tak boleh sembarangan, karena bisa berakibat fatal. Nah, berikut ini 5 tips melakukan pengereman saat mengendarai motor matik di jalan menurun yang dilansir dari laman Federal Oil.

1 dari 5 Halaman

1. Jangan Kosongkan Gas

Motor matik menggunakan sistem persneling otomatis. Sehingga saat melewati jalan menurun usahakan untuk tidak mengkosongkan gas. Paling tidak tuas gas masih ditarik hingga kecepatan 5-10 km/jam.

Jika sampai kosong, bisa jadi laju motor tidak terkendali dan itu bisa berakibat fatal.

2 dari 5 Halaman

2. Posisi Jari

Posisikan empat jari berada di handle rem. Kondisi ini akan memudahkan Otolovers saat mau melakukan pengereman. Jika hanya menggunakan dua jari, ditakutkan jari tidak kuat menarik atau menahan tuas rem.

Kemudian cengkram tuas rem secukupnya saja. Jangan sampai terlalu dalam, karena bisa membuat motor kehilangan kestabilan.

3 dari 5 Halaman

3. Pakai Rem Depan

Saat melakukan pengereman, usahakan untuk menekan tuas rem depan lebih keras dibanding belakang. Karena rem depan lebih efektif untuk memperlambat laju motor. Sebab daya dorong motor ke depan lebih besar saat di jalan menurun.

4 dari 5 Halaman

4. Jangan Lepas Tuas Rem

Perlu diingat juga, saat di jalan menurun jangan sampai tuas rem dilepas sepenuhnya. Pastikan tuas rem tetap dicengkram secukupnya hingga melewati jalanan menurun.

5 dari 5 Halaman

5. Pakai Kaki untuk Menyeimbangkan Motor

Agar semakin aman, Otolovers juga bisa menyeimbangkan motor dengan kaki kanan. Tips ini juga sangat membantu saat melewati turunan tajam yang sedang padat kendaraan.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami