5 Tempat Parkir dengan Tarif Kelewat Mahal, Termurah Rp7 Miliaran

Tarif parkir di kawasan mewah tentu tidak murah. Di beberapa negara, tarif parkir di lingkungan mewah bisa mencapai miliaran rupiah.

Selasa, 29 Oktober 2019 17:45
5 Tempat Parkir dengan Tarif Kelewat Mahal, Termurah Rp7 Miliaran Tempat parkir termahal (Autoevolution)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sistem tarif parkir di beberapa negara adalah sistem kepemilikan. Artinya, pemilik mobil harus membeli atau menyewa slot parkir di sebuah lahan parkir.

Seperti di Hong Kong, para pemilik mobil harus membeli lahan parkir untuk kendaraannya. Di Amerika Serikat pun begitu. Beberapa lokasi parkir menerapkan sistem tersebut.

Harga kepemilikan slot parkir itu bisa tidak murah. Harganya bahkan mencapai miliaran rupiah.

1 dari 5 Halaman

Boston

Boston

Pada tahun 2013, dua slot parkir di kawasan Back Bay dilelang. Penawaran dibuka pada angka USD 42.000 tapi kemudian slot parkir tersebut terjual sebesar USD 560.000 atau Rp 7,8 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.027).

MenurutĀ Boston Globe, tanah parkir di sudut jalan Newbury dan Dartmouth itu hanya berukuran kurang dari satu hektar. Sebelumnya, lokasi parkir itu dimiliki oleh satu keluarga selama lebih dari satu abad.

Tempat parkir itu dibeli oleh L3 Capital yang bergerak dalam bidang pengembangan ritel. L3 Capital bersaing dengan pembeli lainnya, dan mengalahkan penawar-penawar lainnya.

2 dari 5 Halaman

Distrik Kowloon, Hong Kong

Distrik Kowloon, Hong Kong

Bukan rahasia lagi jika biaya hidupdi Hong Kong sangat mahal. Jadi jangan heran jika untuk keperluan tempat parkir pun, kamu harus merogoh kocekmu dalam-dalam.

Seperti yang diberitakan South China Morning Post, tempat parkir itu hanya berukuran 4,99m x 2,49 m. Mereka membelinya 9 bulan yang lalu seharga USD 430.000 atau setara dengan Rp 5,9 miliaran.

Sedangkan, kini mereka kembali menjual sebidang tempat parkir itu seharga USD 760.000 atau setara dengan Rp 10,5 miliaran.

Jika dikalkulasikan, sebidang spot per kaki persegi (1 kaki = 0,3048 meter) dihargai USD 5.600 atau Rp 77 jutaan. Harga tersebut 3 kali lebih mahal untuk harga rata-rata per kaki persegi properti perumahan di Hong Kong.

Direktur Centaline Property Agency mengatakan, namun mengingat bahwa lokasi yang dijual tersebut berada di komplek apartemen Ultima Sun Hung Kai di distrik Kowloon, walaupun harga tersebut tinggi tapi sedikit masuk akal.

"Itu berada di area perumahan mewah. Warganya memiliki banyak uang dan tak peduli tentang uang yang mereka keluarkan, mengingat harga apartemen disana sekitar HKD 100 juta atau setara Rp 177 miliaran. Kenyamanan mereka lebih penting," ujar Lau.

Yang artinya, orang-orang yang sanggupmembeli apartemen disana juga harus mengeluarkan uang ribuan dolar untuk tempat parkir yang mungkin seperti berbelanja bulanan bagi mereka. Warga disana pun lebih memilih memiliki mobil mewah seperti Ferrari dan Lamborghini, jadi mereka ingin memiliki tempat yang aman untuk parkir di sekitar rumah mereka.

Sedangkan pasangan yang menjual temapat parkir itu, memiliki sebuah sedan Audi. Ultima komplek adalah salah satu tempat hidup atau tempat parkir termahal di dunia. Komplek itu memiliki 370 slot parkir dan 527 unit rumah.

3 dari 5 Halaman

The Center, Hong Kong

The Center, Hong Kong

Publik terkadang masih saja meributkan soal tarif parkir. Terlebih jika fasilitas parkir tak sesuai dengan tarif yang ditentukan.

Tapi jangan khawatir, tarif parkir di Hong Kong bisa lebih membuat senewen. Seseorang di Hong Kong bahkan harus mengeluarkan uang belasan miliar demi mendapatkan lahan parkir untuk satu unit kendaraannya.

Menurut South China Morning Post, spot parkir itu ada di gedung tertinggi ke-5 di Hong Kong, The Center. Satu slot tempat parkir itu terjual USD 969.000 atau Rp 13,6 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.058).

Harga itu disebut menjadi yang termahal di dunia. Spot tersebut berukuran 12,5 meter persegi yang artinya harga per meter perseginya mencapai Rp 1 miliaran. Harga itu bahkan 4 kali lebih mahal ketimbang parkir di apartemen mewah di Manhattan, Amerika Serikat.

Meskipun kini pihak manajemen gedung belum memberikan konfirmasi atas penjualan tersebut, harga parkir itu sepertinya akan menjadi rekor termahal. Bahkan mengalahkan rekor sebelumnya pada tahun 2017, yakni USD 664.000 (Rp 9,3 miliaran).

Tapi mungkin di kalangan para miliarder Hong Kong, hal itu bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab, The Center sendiri memegang status bangunan termahal di dunia yang pernah dijual, yakni USD 5,15 miliar (Rp 72,4 triliun).

Spot parkir B1-1023 itu ternyata satu dari empat spot parkir milik taipan logistik Hong Kong, Johnny Cheung Shun-yee yang memiliki kantor di The Center. Dia mengatakan menjual spot tersebut ke tetangganya yang tak disebutkan namanya.

Spot tersebut terletak di lantai teratas basement 3-level The Center, yang mana area tersebut hanya diperuntukkan bagi para eksekutif yang berkantor di tower itu. B1-1023 terletak khusus di salah satu bagian utama basement, yang memberikan akses dekat ke pintu masuk utama gedung.

4 dari 5 Halaman

SoHo

SoHo

Kawasan Manhattan, di New York, Amerika Serikat juga terkenal sangan mahal. Pada tahun 2014, 10 unit condotel mewah dibangun di SoHo dan dilengkapi dengan parkir basement dengan masing-masing slot berukuran 18,5 meter persegi.

Masing-masing slot parkir itu dijual seharga USD 1 juta atau Rp 14 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.027). Harga itu empat kali lipat lebih mahal dari harga jual rata-rata sebuah rumah sekitar USD 217.800 saat tu.

Dengan harga mahal itu, fasilitas pendukungnya pun menarik. Masing-masing lot dilengkapi dengan stasiun pengisian daya dan tidak ada biaya tambahan bulanan.

5 dari 5 Halaman

Manhattan

Manhattan

Tempat parkir mahal lainnya di Manhattan ada di 66 East 11th Street. Pada 2012 lalu, satu slot parkir dihargai USD 1 juta (Rp 14 miliaran). Harga itu disebut sama dengan harga denda parkir ilegal (USD 115), yang dibayarkan selama 24 tahun berturut-turut.

Bedanya dengan di SoHo, slot parkir ini tidak dibekali dengan fasilitas pengisian daya. Tapi lebih tinggi daripada tempat parkir pada umumnya, yang mana bisa dimodifikasi untuk parkir bertingkat.

Ukurannya, 7 meter x 3 meter x 4 meter. Dengan ukuran itu tentu pemiliknya juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merawatnya, apalagi jika memodifikasi.

Kala itu, pengembang mengklaim bahwa parkiran tersebut menawarkan privasi kepada pemiliknya. "Anda bisa mengemudi dan tidak terlihat. Cocok untuk orang yang terkenal, seperti selebriti atau pebisnis," katanya.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami