5 Teknologi Terkini Pengaman Benturan Mobil

Teknologi yang berada dalam 'lapisan' terakhir, yang termasuk dalam komposisi keamanan mobil adalah teknologi untuk mereduksi efek dari hantaman saat berada dalam kondisi kecelakaan.

Jum'at, 08 Agustus 2014 09:15
5 Teknologi Terkini Pengaman Benturan Mobil Damage safety technology

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Terkadang seringkali kelalaian ataupun musibah membuat kecelakaan tidak bisa dihindarkan, sehingga sekalipun sudah menggunakan banyak teknologi pengaman aktif dan preventif, hantaman fisik pada mobil seringkali terjadi.

Teknologi yang berada dalam 'lapisan' terakhir yang termasuk dalam komposisi keamanan mobil, adalah teknologi untuk mereduksi efek dari hantaman saat berada dalam kondisi kecelakaan.

Teknologi ini biasanya memang dibangun menjadi sebuah rangkaian teknologi standart pengamanan pada banyak mobil di seluruh dunia. Beberapa di antaranya memiliki sifat bersentuhan langsung sang pengemudinya, seperti pada seat belt dan headrest.

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang paling modern yang dikembangkan untuk mengurangi kerusakan baik pada mobil, maupun pada pengemudinya.

1 dari 5 Halaman

Airbag

Airbag

Sebagai salah satu alat pengaman standart, airbag bisa dikatakan merupakan peralatan wajib bagi mobil-mobil modern. Biasanya bagian ini alpa disertakan pada beberapa merk mobil apabila mobil tersebut distatuskan sebagai LCGC, namun di sisi lain, pabrikan dari mobil tersebut biasanya juga memberikan opsi eksternal untuk penambahan airbag dengan kompensasi sejumlah biaya.

2 dari 5 Halaman

Seatbelt

Seatbelt

Bagi beberapa pihak, keberadaan seatbelt merupakan bagian dari mobil yang jauh lebih standart daripada airbag. Apalagi penggunaan seatbelt juga jadi satu bagian yang telah tertulis dan diterapkan lewat Undang Undang.

Seatbelt sangat berguna untuk mencegah penumpang terlempar dari jok apabila terjadi friksi pada mobil yang digunakan.

3 dari 5 Halaman

Pretensioner Seatbelt

Pretensioner Seatbelt

Dengan sedikit pengembangan yang cukup kompleks, pretensioner seatbelt membuat sabuk pengaman menjadi jauh lebih dikembangkan. Pada beberapa merk mobil baru sabuk pengaman model ini telah ada.

Pretensioner seatbelt bekerja dengan cara yang tersinkronisasi dengan rem dan beberapa bagian lain pada mobil. Sehingga saat ada momen rem mendadak harus segera digunakan, seatbelt model ini akan 'merapat' pada tubuh sang pengemudi.

4 dari 5 Halaman

Zone Body Construction

Zone Body Construction

Di saat bagian internal dan interior mobil dipersenjatai dengan banyak sekali peralatan pengaman, bagian body dari mobil juga dirasa cukup perlu untuk diamankan, sebagai faktor utama yang melindungi pengemudi dari benturan

Sasis dari beberapa model mobil dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihar 'rigid' dan pada akhirnya bertujuan untuk semakin melindungi penumpangnya saat ada friksi, terutama hantaman telak dari samping dan depan.

5 dari 5 Halaman

Active Headrest

Active Headrest

Tidak ketinggalan headrest juga jadi salah satu objek untuk dikembangkan mengurangi efek dari hantaman pada mobil. Dalam hal ini beberapa pengembangan dan komponen juga ditanamkan pada headrest.

Active headrest bekerja sepersekian detik semenjak hantaman terjadi pada mobil. Dimana headrest akan bergerak mendekati bagian kepala, tujuannya adalah mengurangi 'damage' yang berpotensi merusak tulang leher.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami