5 SUV Penjelajah Terbaik di Indonesia

Sesuai dengan namanya, Sport Utility Vehicle mempunyai tujuan yang khusus untuk menempuh medan dengan variasi kontur yang bermacam-macam. Selain itu, SUV juga dibentuk sebagai mobil dengan tenaga ekstra sehingga secara langsung mendukung kepentingannya untuk 'bertualang'.

Sabtu, 21 Juni 2014 09:15
5 SUV Penjelajah Terbaik di Indonesia SUV, kendaraan yang mampu menjelajah medium berat (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sesuai dengan namanya, Sport Utility Vehicle mempunyai tujuan yang khusus untuk menempuh medan dengan variasi kontur yang bermacam-macam. Selain itu, SUV juga dibentuk sebagai mobil dengan tenaga ekstra sehingga secara langsung mendukung kepentingannya untuk 'bertualang'.

Beberapa di antaranya merupakan mobil baru, namun yang lainnya merupakan pengembangan dari model yang lama dengan beberapa improvisasi di banyak sisi.

Dari beberapa merk terkenal, mengerucut ke beberapa model mobil yang bisa dijadikan pertimbangan untuk dipilih, apabila tujuan dari membeli mobil SUV ini adalah untuk keperluan lintas media.

Salah satu parameternya adalah mobil-mobil ini tidak berharga lebih dari 500 juta dan bermesin di sekitaran 2.000cc. Ini dia daftarnya.

1 dari 5 Halaman

Hyundai Tucson XG

Hyundai Tucson XG

Produk anyar yang dianggap cukup sensasional dari pabrikan Korea, Hyundai ini menjanjikan kenyamanan tersendiri bagi masyarakat yang hidup di daerah dengan jalan dan permukaan jalan yang tidak menentu seperti yang ada di Indonesia ini.

Mobil ini dibangun dengan mesin berukuran 1.999cc, namun tenaganya diturunkan dari 166 menjadi 158 hp untuk model XG yang satu ini. Diklaim mampu berakselerasi sampai dengan 100 km/jam dalam waktu 12,62 detik.

Hyundai Tucson XG juga dilengkapi dengan bagasi yang lega, audio yang menyenangkan, serta kelengkapan panoramic glass pada roof mobil ini. Mobil yang baru saja getol diiklankan di TV ini dihargai Rp 379 juta on the road Jakarta.

2 dari 5 Halaman

Tata Safari Storme

Tata Safari Storme

Tata Safari Storme memiliki kenyamanan yang sangat baik, bahkan jika dibandingkan dengan Tucson, Safari Storme masih lebih 'nyaman' untuk dirasakan pada kabin untuk penumpangnya.

Tata Safari Storme sendiri bukan tanpa kelemahan, mobil ini meskipun dibekali dengan kepraktisan yang sangat baik pada dashboard kokpitnya, namun terasa sekali tingkat ergonomisnya tidak terlalu baik dan mudahnya mobil ini limbung.

Mobil ini dibekali mesin berukuran 2.179cc dengan tenaga sebesar 140hp. Mobil ini mampu berakselerasi sampai 100 km/jam dalam waktu 13,9 detik. Dan di pasaran dihargai sebesar Rp 279 juta on the road Jakarta.

3 dari 5 Halaman

Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Mitsubishi Pajero Sport sebenarnya cukup mendapatkan saingan dari produk sendiri, yakni dari Mitsubishi Outlander. Namun dirasa Pajero Sport lebih layak untuk keperluan lintas alam daripada Outlander, ataupun mobil dari merk lainnya seperti Nissan Juke. Karena Outlander dan Juke terkesan lebih 'stylish' daripada 'powerful'.

Salah satu perbedaan Pajero Sport terlihat berbeda di grille depan khas mengapit logo tiga berlian. Mobil ini pun punya akselerasi yang sangat baik, karena hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk menyentuh angka 100 km/jam.

Dengan pengembangan yang ciamik dari edisi sebelumnya pada diri Pajero Sport Dakar 4x2 ini plus adanya sunroof, headunit, paddleshift, dan lainnya, rasanya tak percuma uang Rp 444 juta digelontorkan untuk membelinya.

4 dari 5 Halaman

Toyota Fortuner 2.5 VND TRD Sp

Toyota Fortuner 2.5 VND TRD Sp

Fortuner benar-benar ingin mempermak edisi sebelumnya dari Toyota Fortuner. Dalam Fortuner yang satu ini fitur turbo tertanam sehingga makin membuat Fortuner yang bongsor justru terlihat energik.

Toyota Fortuner yang satu ini masih mengandalkan diesel dengan ukuran 2.499cc 4-silinder dengan tenaga yang naik 42hp, sekarang menjadi 144hp. Akselerasi dari Toyota Fortuner ini juga tersokong dengan adanya energi ekstra ini. Akselerasi 100 km/jam diselesaikan dalam waktu 12,4 detik.

Kokoh dan mewahnya mobil ini jelas terlihat karena Toyota tidak separuh-separuh dalam memberikan perubahan. Front bumper, muffler cutter, dan Emblem VNT serta banyak perubahan lainnya membuat mobil ini layak sekali untuk dihargai sebesar Rp 446,2 juta.

5 dari 5 Halaman

All New Honda CR-V

All New Honda CR-V

Satu lagi pengembangan dari model lama CRV yang muncul ke pasar Indonesia tahun ini. All New Honda CRV sendiri terbungkus dengan model yang cukup impresif dan perubahan signifikan pada wajah dan isinya.

Mobil yang dibangun dengan mesin diesel untuk mesin dengan ukuran 1,6 liternya ini mengutamakan mobil dengan mesin bensin berukuran 1.998 cc bertransmisi otomatis dan manual di Indonesia. Penggunaan I-VTEC makin menguatkan power dan kekuatan mobil ini untuk lintas alam.

All New Honda CRV sendiri dibanderol dengan harga Rp 397 juta untuk mobil dengan transmisi otomatis, dan untuk mobil dengan transmisi manual, potongan harga sampai 10 juta bisa didapatkan.

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami