5 'Rahasia Misterius' Mobil yang Mengejutkan, Tak Banyak yang Tahu

Meski sudah merasa mengenal dengan baik mobil milik kita sendiri, terkadang ada hal-hal yang masih mengejutkan. Seperti tanda atau tempat-tempat tersembunyi yang ternyata sangat bermanfaat.

Sabtu, 15 Juni 2019 19:15
5 'Rahasia Misterius' Mobil yang Mengejutkan, Tak Banyak yang Tahu Nissan Pulsar (Autoevolution)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Meski sudah merasa mengenal dengan baik mobil milik kita sendiri, terkadang ada hal-hal yang masih mengejutkan. Seperti tanda atau tempat-tempat tersembunyi yang ternyata sangat bermanfaat.

Atau, melihat bentuk atau tanda di dalam mobil, tapi enggak tau nih fungsinya buat apa. Setiap merek mobil tentu punya 'rahasia-rahasia' masing-masing, sebagai sesuatu yang misterius.

Melansir Zing, ada lima rahasia mobil yang mungkin belum kamu tahu, apa saja?

 

 

1 dari 5 Halaman

Panah di Sebelah Logo SPBU

Panah di Sebelah Logo SPBU

Coba perhatikan instrumen cluster mobilmu, tepatnya pada bagian informasi bahan bakar. Jika masih menggunakan sistem manual, informasi ini biasanya menggunakan jarum penunjuk dan logo pompa bahan bakar.

Nah, di samping logo itu, entah di kanan atau kirinya ada anak panah kecil. Belum tahu artinya? Anak panah itu rupanya berarti lokasi lubang tangki bahan bakar. Jadi dengan melihat tanda itu, Otolovers bisa tahu ada di mana lubang tangki bahan bakar mobil yang mungkin baru pertama kamu pakai.

2 dari 5 Halaman

Cantolan di Kabin

Cantolan di Kabin

Beberapa mobil, seperti Nissan punya cantolan di dalam kabin. Biasa ada di dekat head unit sisi penumpang. Nah rupanya cantolan itu sengaja diletakkan di situ untuk mempermudah penumpang meletakkan barang-barang yang harus digantung.

Cantolan ini pertama dipakai pada Nissan Almera pada 1996. Lalu kini juga dipakai oleh Nissan X-Trail dan Qashqai.

3 dari 5 Halaman

Kaca Tengah Anti Silau

Kaca Tengah Anti Silau

Lampu mobil di belakang kadang mengganggu dan membuat kaca tengah menyilau karena pantulan cahaya. Nah jika merasa tak nyaman, pengemudi sebenarnya cukup menekan tombol kecil di balik kaca tengah untuk mengaktifkan mode silau. Memang tak semua mobil dibekali fitur ini, tapi coba periksa mobilmu.

4 dari 5 Halaman

Kode Warna di Balik Kap Mesin

Kode Warna di Balik Kap Mesin

Masih banyak pemilik mobil tak paham soal apa saja yang ada di balik kap mesin. Apalagi jika pemiliknya perempuan. Tapi mobil-mobil modern sedikit bisa dipahami. Pabrikan biasa memberikan warna berbeda-beda untuk setiap komponen yang ada di balik kap mesin.

Nah kamu bisa membedakan komponen apa saja yang ada di balik kap mesin. Sehingga, kalau sewaktu-waktu mobilmu mogok, meskipun kamu tak bisa memperbaiki sendiri, minimal bisa mengidentifikasi kerusakan mobilmu.

5 dari 5 Halaman

Tempat Payung

Tempat Payung

Bingung meletakkan payung di mana? Biasanya paling mudah ya di bagasi mobil kan? Tapi jika hujan cukup merepotkan karena harus mengambil ke belakang.

Padahal, di pintu mobil ada tempat untuk menyimpan payung. Tempatnya memang sedikit tersembunya. Tepat pada bentuk gundukan handling dalam. Tapi tak semua ada fitur ini ya. Salah satu yang punya fitur ini adalah Nissan Pulsar yang dijual di Jepang.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami