5 Motor Drag Terbaik dan Fakta yang Menyertainya

Ajang balapan memang menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya kaum pria, tetapi juga kaum hawa telah banyak yang menyukai tontonan balapan. Karena hal inilah ajang balap motor maupun mobil semakin menjamur di tanah air.

Jum'at, 11 Mei 2018 11:15
Foto: Bikefest.in
Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Ajang balapan memang menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya kaum pria, tetapi juga kaum hawa telah banyak yang menyukai tontonan balapan. Karena hal inilah ajang balap motor maupun mobil semakin menjamur di tanah air.

Di Indonesia sendiri balapan yang sangat banyak digelar adalah Drag. Ya, tentunya karena model balapan ini biasa diselenggarakann secara resmi maupun tidak. Secara resmi tentu bisa ditonton sesuka hati, jika yang tidak bagaimana?

Drag liar tentu ada resiko tersendiri, selain nyawa yang akan melayang ancaman lainnya adalah polisi. Pasti polisi pun sebenarnya sudah bosen untuk membubarkan drag liar. Karena di setiap kota pasti ada saja drag liar. Kadang jika gelaran drag liar sudah dibubarkan polisi, para oknum biasanya akan menunggu beberapa jam kemudian setelah polisi pergi lalu drag liar dimulai kembali.

Sebenarnya drag ini merupakan ajang yang bergensi, walaupun kebanyakan terjadi secara liar. Jika model balapan ini semakin diperhatikan pemerintah, tentu drag menjadi kompetisi yang sehat. Karena perlu diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara ASEAN yang kreatif di bidang modi-memodif motor drag.

Sebenarnya sudah ada kompetisi drag yang telah menghasilkan motor drag keren beserta mesinnya yang tangguh. Tapi, tentunya hal ini masih kurang melihat animo masyarakat terhadap motor drag.

Motor Drag Race

Motor drag race yang diikut lombakan dalam drag race tentu memiliki peraturan standar. Bukan hanya fokus pada peraturan drag race, penunggang motor drag race tentu juga harus memperhatikan peraturan drag race.

Drag race sendiri merupakan kejuaran bagi motor drag race yang terdiri dari 2 motor drag race yang saling adu kecepatan dan saling mendahului untuk mencapai gari finish. Jalur motor drag race hanya lurus dengan panjang sama dan lebar sama, panjang lintasan motor drag race adalah 201 meter. Sedangkan lebar lintasan motor drag race adalah 4 meter.

Dalam mengikuti motor drag race para pembalap terlebih dahulu harus memiliki Kartu Izin Start (KIS) yang diikuti oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk kategori balap. Dilansir dari Imi.co.id, ada 4 kelas utama yang dilombakan dalam kejuaraan Nasional motor drag race.

Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 250 cc. Kelas motor drag race berikutnya adalah Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 130 cc. Selanjutnya adalah kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up : 135 cc s/d 155 cc. Kelas motor drag race selanjutnya adalah Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up : 80 cc s/d 125 cc. Adapun kelas-kelas lainnya merupakan Kelas Pendukung.

Lomba motor drag race dilakukan dalam 2 heat. Pembalap motor drag race dengan waktu terkecil harus memulai start lebih dulu. Sedangkan urutan strat heat kedua berdasarkan hasil dari motor drag race heat pertama.

Peraturan dari motor drag race adalah dilarang memperbaiki motor drag race di area starting. Kemudian tidak boleh memindahkan gigi motor drag race dengan tangan. Dilarang juga untuk mengangkat kaki di atas jok motor drag race. Selain itu, start motor drag race dilakukan dalam mesin menyala.

Penilaian menang atau tidak dalam motor drag race dihitung dari catatan waktu peserta. Apabila terdapat catatan waktu yangs sama antara 2 pembalap motor drag race, maka pemenangnya ditentukan dari catatan waktu terbaik dari heat kedua. Selain itu juga berdasarkan kapasitas cc yang lebih kecil antara 2 motor drag race.

Motor Drag Bike

Motor drag bike memang memiliki serba-serbi yang menarik untuk dibahas. Tidak hanya soal motor drag bike itu sendiri atau kejuaraannya, tetapi juga kesalahan yang dilakukan pengendara motor drag bike.

Pada dasarnya ada 3 kesalahan yang sering dilakuakan oleh para pengendara motor drag bike. Yang pertama adalah salah start yang dilakukan oleh pembalap motor drag bike. Biasanya hal ini dikarenakan pembalap kurang konsentrasi saat akan melakukan start.

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh pembalap motor drag bike adalah terjadinya spin ban saat start. Kondisi ini terjadi karena ban motor drag bike kurang memperoleh burn out saat memanasi ban. Sehingga ban motor drag bike akan ngegrip dan biasanya pengendara motor drag bike akan jatuh.

Pembalap motor drag bike tentu juga pernah melakukan kesalahan melenceng dari lintasan. Hal ini tentu dikarenakan pembalap tidak konsentrasi saat melakukan balapan motor drag bike. Bahkan kebanyakan pembalap yang mengalami kesalahan ini pasti mengalami kecelakaan yang cukup parah.  

Motor Drag Thailand


Di ASEAN sendiri negara Thailand merupakan negara yang memiliki skill dalam urusan motor drag. Di negara ini, motor drag Thailand telah diudukung dengan sirkuit yang memadai dan canggih.

Sikuit yang digunakan untuk motor drag Thailand juga sudah memiliki kualitas tinggi. Hal ini didasari dari kualitas aspal yang ada. Selain itu juga karena ada penambahan lapisan kompon ban di area start yang berguna untuk menghindari ban motor drag spin. Karena kondisi ini sangat berbahaya untuk pembalap dan penonton yang ada.

Tidak hanya soal sirkuit yang memadai, motor drag Thailand juga telah memberi peraturan agar tidak memberi lubang pada frame atau rangka. Keadaan ini tentunya karena urusan keamanan bagi pembalap motor drag Thailand. Padahal hal semacam ini di tanah air lazim dilakukan oleh para modifikator motor drag.  

Untuk mengetahui motor drag yang sering dipakai saat kompetisi resmi maupun liar, berikut ini akan diulas motor drag terbaik yang ada di Indonesia.    

Motor Drag Mio


Balap drag bike memang candu bagi para pembalapnya. Sehingga banyak pembalap atau yang biasa dikenal dengan joki ketagihan untuk menjajal lawan baru dan motor jenis baru. motor drag Mio merupakan salah satu motor drag tipe matik yang sering digunakan oleh para joki.

Padahal motor drag Mio memiliki sejarah yang cukup kelam. Di dunia drag liar sendiri motor drag Mio dianggap motor angker. Karena motor drag Mio sudah banyak memakan korban hingga meregang nyawa.

Motor matik ini sendiri memang memiliki mesin bandel dan jarang bermasalah. Selain itu juga motor drag Mio mempunyai mesin yang mudah dioprek. Wajar saja jika banyak pembalap yang suka menggunakan motor drag Mio untuk melakukan balapan.

Motor Drag Ninja


Siapa yang tidak mengenal motor drag Ninja? bagi para penyuka drag tentu tidak asing dengan kualitas motor drag Ninja. Faktanya dalam versi standar saja motor Ninja merupakan motor model sport yang terkenal bandel.

Jika ditambah dengan modif, tentu motor drag Ninja memiliki mesin yang tidak akan kalah dengan motor-motor drag lainnya. Salah sau tipe Ninja yang selalu digunakan saat drag adalah motor drag Ninja RR.

Bukan hanya karena mesin 150cc yang bandel dari motor drag Ninja, tetapi juga karena bodi dari motor drag Ninja yang sudah snagat mendukung akan balap drag.

Motor Drag Jupiter

Motor drag berikutnya yang paling sering digunakan oleh para joki dan merupakan motor drag terbaik adalah motor drag Jupiter. Motor Cub atau yang lebih dikenal dengan motor bebek ini memang menjadi favorit para pemodif untuk menjadikannya motor drag Jupiter.

Motor drag Jupiter yang paling sering digunakan adalah motor drag Jupiter Z. Alasannya karena sparepart motor drag Jupiter Z mudah dicari. Sehingga jika terjadi masalah pada motor drag Jupiter Z pemodif tidak akan kesulitan.

Selain itu, motor drag Jupiter Z sering diunakan drag race karena keunggulan dari kontruksi mesin motor drag Jupiter Z. Keunggulan tersebut adalah mesin yang mudah dimodif sesuai dengan kebutuhan drag race. Motor Jupiter Z bisa dibore up sampai piston 70 mm.

Motor Drag Satria


Siapa yang tidak mengenal motor drag Satria? Bagi para pelaku motor drag race, motor drag Satria merupakan motor drag yang paling sering digunakan. Hal ini tentunya berdasarkan fakta yang ada di lapangan motor drag bike.

Walaupun motor drag satria sering dijuluki sebagai motor alay, pada dasarnya motor ini mempunyai spesifikasi yang tidak alay. Motor drag Satria ini juga merupakan motor yang selalu ada di setiap motor drag race yang digelar resmi maupun liar.

Fakta lainnya adalah motor drag Satria adalah motor drag bike yang sering dijadikan kiblat modifikasi. Kondisi ini karena desain bodi dari motor drag Satria yang ramping dan sporty, sehingga banyak modifikator yang merubah tampilan motor drag menyerupai motor drag Satria.

Motor Drag Beat

Salah satu motor matik terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan motor drag race adalah motor drag Beat. Bukan tanpa alasan, sebenarnya motor drag beat merupakan alternatif pilihan yang bisa dibilang tepat untuk motor drag race menggunakan matik.

Bukan hanya soal mesin, tetapi juga dikarenakan sparepart yang mudah didapatkan. Sehingga para pemodif dari motor drag Beat tidak akan kesulitan saat akan mencari sparepart motor drag Beat.

Tidak hanya itu, motor drag Beat sering digunakan sebagai motor drag race karena bodi yang ringan, ramping dan ringkas. Sehingga sangat cocok untuk digunakan motor drag race yang umumnya memerlukan bodi yang ringkas.

Motor Drag Supra

Motor bebek legendaris dari pabrikan Honda juga sangat cocok untuk digunakan motor drag race. Ya, tentunya adalah motor drag Supra. Dengan mesin berkapasitas 125cc, motor drag supra sangat mudah untuk dimodif sedemikian rupa.

Sebagai keluaran pabrikan Honda, tentunya motor drag Supra juga memiliki sparepart yang mudah ditemukan. Sehingga para pemodif bisa tenang apabila ada masalah terhadap motor drag Supra.

SUDAH BACA INI JUGA?

(kpl/ahm)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami