5 Mobil Terpopuler Sepanjang 2018, Ini Daftarnya

Satu per satu mobil-mobil baru bermunculan di pasar Indonesia. Setiap merek berlomba untuk mencuri perhatian konsumen dengan adu desain dan teknologi yang disematkan untuk mobil barunya.

Senin, 03 Desember 2018 19:15
5 Mobil Terpopuler Sepanjang 2018, Ini Daftarnya Toyota Avanza 1.5 G (Toyota Indonesia)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Satu per satu mobil-mobil baru bermunculan di pasar Indonesia. Setiap merek berlomba untuk mencuri perhatian konsumen dengan adu desain dan teknologi yang disematkan untuk mobil barunya.

Sepanjang tahun 2018 ini pun, beberapa mobil baru dalam versi yang diperbarui maupun dalam versi yang benar-benar baru meluncur. Bahkan beberapa di antaranya melakukan debut dunia di Indonesia.

Sebut saja, All New Suzuki Ertiga yang debut saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Selanjutnya disusul All New Honda Brio yang juga menjalani world premiere saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Lalu, kehadiran mobil-mobil baru itu apakah berhasil memikat hati konsumen. Berikut daftar 5 mobil terpopuler di Indonesia sepanjang 2018 :

5. Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Daihatsu pernah memiliki mobil yang sangat populer di pasar Indonesia, Xenia. LMPV yang pertama kali muncul pada 2003 itu pun sempat disebut sebagai mobil sejuta umat bersama dengan kembarannya, Toyota Avanza.

Tapi sayangnya mobil 7-penumpang itu kini tergeser dengan keberadaan Daihatsu Sigra. LCGC ini kini menjadi primadona mobil besutan Daihatsu itu.

Harga yang ramah kantong dan kapasitas yang cukup untuk memboyong seluruh keluarga, membuat Sigra berhasil mencatatkan angka penjualan hingga 42.704 unit selama Januari-Okober 2018 menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

4. Toyota Rush

Toyota Rush versi Inodonesia (Toyota Indonesia)

Sport Utility Vehicle (SUV) kecil milik Toyota ini pun mampu menggebrak pasar dengan performa dan tampilannya yang menarik minat konsumen. Seperti LMPV pasangan Avanza-Xenia, Rush juga punya kembaran dari Daihatsu, Terios.

Tapi, nasib Rush sepertinya lebih 'bejo' ketimbang Terios. Hal ini disebut karena performanya yang mantul alias mantap betul. Tenaga dari mesin 2NR-VE 4-silinder 16 katup DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.496cc milik Rush mampu menghasilkan tenaga sampai 104 PS dan torsi 136 Nm. Tenaga itu juga diimbangi dengan konsumsi bahan bakar yang disebut irit.

Tak heran, selain mengandalkan tampangnya, tenaganya pun mampu membuatnya terjual hingga 45.156 unit selama Januari-Oktober 2018. Angka itu didominasi oleh All New Rush 1.5 TRD Sportivo yang terjual sebanyak 18.540 unit.

1 dari 1 Halaman

Mobil Sejuta Umat

imageMobil Sejuta Umat

3. Honda Brio

All New Honda Brio RS (Dok.Otosia.com)

Honda Brio baru saja mendapatkan generasi keduanya Agustus 2018 lalu, saat GIIAS 2018. Tampilannya pun berubah banyak, seperti pintu bagasi belakang yang sebelumnya bermaterial kaca yang tak kini tak dipakai lagi. Hanya saja, mesin All New Brio masih sama dengan generasi pertama.

Namun demikian, hatchback Honda ini masih menjadi primadona bagi pabrikan Jepang itu. Kolaborasi antara Brio RS dan Brio Satya (versi LCGC) honda membuat city car Honda ini masuk 5 besar jajaran mobil populer di Indonesia.

Data Gaikindo menyebutkan, hingga Oktober 2018, Brio berhasil mencetak angka penjualan sebanyak 45.569 unit.

2. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Sejak pertama kali diluncurkan dalam GIIAS 2017, Mitsubishi Xpander benar-benar menggebrak pasar LMPV Indonesia. Bahkan 2 bulan setelah dirilis, pemesanan mobil ini tembus 23.000 unit.

Kehadiran MPV Mitsubishi ini sempat mengancam keberadaan si kembar Avanza-Xenia. Avanza yang merajai segmen ini pun sempat tergusur di bawah Xpander.

Hingga akhirnya, si raja MPV itu berhasil mengalahkan Xpander lagi. Menurut data Gaikindo, penjualan Xpander pun masih sangat positif. Terhitung mulai Januari hingga Oktober 2018, penjualan Xpander pun tembus angka 66.125 unit.

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza Veloz (Toyota Indonesia)

Gelar mobil sejuta umat sepertinya tak bisa dilepakan dari MPV milik Toyota ini. Meskipun digempur mobil-mobil baru, eksistensi Avanza masih tetap bertengger di atas.

Kembaran Daihatsu Xenia ini masih cukup sulit untuk digeser dari posisi puncak segmen MPV. Meski sempat tergeser Mitsusbishi Xpander, nyatanya Avanza kembali bertahta di singgasana raja MPV.

Gabungan Avanza, Avanza Veloz, dan Avanza Transmover, berhasil mencatatkan penjualan hingga 67.940 unit. All New Avanza 1.3 G BMC 2015 menyumbang penjualan tertinggi hingga 28.331 unit. Sedangkan untuk pasar fleet, angka 2.369 unit didapatkan dari Avanza 1.3 A/T Transmover.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami