5 Mobil Paling Laku di Pasar Indonesia Tahun 2016

Sempat lesu di tahun 2015, pasar otomotif Indonesia kini kembali memanas dengan banyaknya varian baru yang dirilis. Berikut 5 yang terlaris.

Senin, 03 Oktober 2016 14:15
5 Mobil Paling Laku di Pasar Indonesia Tahun 2016 Mobil terlaris 2016 by istimewa

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com -

Setelah tahun 2015 lalu penjualan otomotif terbilang lesu dikarenakan kondisi ekonomi yang labil, tahun ini persaingan pasar kembali memanas dengan ditandai munculnya banyak varian baru.

Berdasarkan daftar penjualan mobil yang dirilis oleh Gaikindo, memperlihatkan 5 mobil penumpang terlaris yang masih didonimasi oleh produk keluaran Astra, yakni Daihatsu dan Toyota.

Di lain sisi, Honda yang sebelumnya sempat menorehkan prestasi membanggakan dengan menyuplai nama Honda Mobilio dan HR-V di tangga 5 besar mobil terlaris tahun 2015, kini justru menyisakan satu nama yakni Honda BR-V.

Berikut detail 5 mobil penumpang yang kini tengah menjadi primadona di bursa mobil Tanah Air.

1 dari 5 Halaman

Toyota Avanza

Toyota Avanza

Predikat mobil “sejuta umat” yang disandang Toyota Avanza rupanya belum bisa diruntuhkan hingga tahun 2016 ini. Sempat sebelumnya Avanza dibayang-bayangi oleh penjualan Honda Mobilio yang meroket di awal peluncurannya, sang LMPV ini kini tetap kokoh di puncak penjualan mobil dengan mengantongi 82.472 unit.

Penyegaran model baru dengan mengedepankan konsep Grand New Avanza di tahun 2016 ini, rupanya mengundang respon positif bagi banyak kalangan. Apalagi dengan pamornya yang masih begitu nyaring, membuat nilai jual aftermarket Avanza pun kian bertahan di posisi atas.

Simak harga Toyota Avanza termurah hingga tertinggi di sini: Jual-Beli Mobil Otosia.com

2 dari 5 Halaman

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova

Masih dari dapur produksi Toyota, Innova sebagai MPV berbadan bongsor rupanya turut menyumbangkan angka yang cukup signifikan, yakni terjual sebanyak 39.680 unit.

Pamor Innova kian terangkat dengan meluncurnya model baru All-New Innova yang dibekali dengan puluhan perubahan drastis dibandingkan dengan model lawasnya. Posisi ini menggeser kekuatan Agya yang sebelumnya sempat mendominasi karena nama mobil murah yang tahun lalu begitu populer.

Simak harga Toyota Kijang Innova termurah hingga tertinggi di sini: Jual-Beli Mobil Otosia.com

 

3 dari 5 Halaman

Toyota Agya

Toyota Agya

Nama mobil murah ramah linkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya tetap punya daya saing yang cukup besar di tengah maraknya mobil baru di Tanah Air. Selama periode Januari-September 2016, Agya menempati posisi ketiga dengan terjual sebanyak 33.408 unit.

Dibandingkan dengan tahun lalu, Agya terbilang sangat kompetitif karena posisinya yang naik-turun antara 2 atau pun 3. Hal tersebut diperkirakan karena keberadaan Mobilio yang tidak tercantum di jajaran 5 besar mobil terlaris, padahal tahun sebelumnya sempat menduduki posisi 3.

Belum diketahui pasti apa yang akan terjadi dengan Agya ketika sang saudara, Toyota Calya, sudah banyak terjual.

Simak harga Toyota Agya termurah hingga tertinggi di sini: Jual-Beli Mobil Otosia.com

 

4 dari 5 Halaman

Honda BR-V

Honda BR-V

Pendatang baru yang cukup sukses menanamkan tajinya di bursa otomotif Tanah Air adalah Honda BR-V. Crossover yang menganut desain turunan Honda Jazz ini berhasil merangsek di posisi 4 dan bersaing tipis dari mobil murah Daihatsu Ayla.

Popularitas BR-V seolah memuncak dengan meredupnya popularitas HR-V yang justru turun peringkat dari tangga mobil terlaris tahun 2016. Sejak penjualan di bulan Januari hingga September, BR-V mampu mencatatkan penjualan hingga 30.220 unit.

Yang menarik, penjualan BR-V nyaris dua kali dari Toyota Rush sebagai ujung tombak produk Astra di segmen tersebut.

Simak harga Honda BR-V termurah hingga tertinggi di sini: Jual-Beli Mobil Otosia.com

5 dari 5 Halaman

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla

Menempati posisi ke-5, Daihatsu Ayla terbilang naik dan cukup bertahan di tengah panasnya persaingan mobil Indonesia. Si mungil yang meluncur hampir bersamaan dengan Agya ini hingga bulan September menorehkan penjualan di angka 29.383 unit.

Sama seperti Agya, keberadaan Ayla pun akan dipertanyakan dengan hadirnya mobil murah jenis terbaru yang belum lama ini meluncur di GIIAS 2016, yakni Daihatsu Sigra.

Simak harga Daihatsu Ayla termurah hingga tertinggi di sini: Jual-Beli Mobil Otosia.com

 

 

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami