5 Hoax Keluhan Pelanggan SPBU dan Penjelasan Pertamina

Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) memang kerap menjadi problem bagi para konsumen sekaligus Pertamina sendiri. Acap kali para konsumen yang tidak puas dengan pelayanan SPBU meluapkan kekecewaannya di media sosial, sehingga menjadi bom waktu yang memperburuk citra SPBU Pertamina.

Selasa, 08 Juli 2014 21:15
5 Hoax Keluhan Pelanggan SPBU dan Penjelasan Pertamina Hoax keluhan pelanggan SPBU (Foto: istimewa)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) memang kerap menjadi problem bagi para konsumen sekaligus Pertamina sendiri. Acap kali para konsumen yang tidak puas dengan pelayanan SPBU meluapkan kekecewaannya di media sosial, sehingga menjadi bom waktu yang memperburuk citra SPBU Pertamina.

Pertamina sendiri sebenarnya tidak tinggal diam untuk selalu memberikan servis terbaik dari SPBU mereka demi mendapatkan kepuasan pelanggan. Akan tetapi, terkadang masih ada saja oknum nakal yang melenggang di balik layanan tersebut dan menjadi image negatif bagi para pelanggan.

SPBU Pertamina (energitoday)

Tak urung konsumen pun mengungkapkan merasa gerah hingga muncul statemen yang menurut Pertamina Hoax alias berita bohong. Karena jelas, standarisasi kualitas dan kontrol mutu mereka begitu terjaga.

Berikut 5 anggapan yang menurut Pertamina adalah Hoax serta penjelasan Pertamina yang dirilis di dalam akun sosial media mereka.

1 dari 5 Halaman

POM BENSIN PERTAMINA KODE 31

POM BENSIN PERTAMINA KODE 31

1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)

HOAX:

"Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.
coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).."

 

2 dari 5 Halaman

TUAS HANDLE SELANG

TUAS HANDLE SELANG

2. TUAS HANDLE SELANG DITEKAN-TEKAN OPERATOR SEHINGGA BENSIN LEBIH SEDIKIT

HOAX:

"Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya."

 

3 dari 5 Halaman

ISILAH BENSIN WAKTU PAGI

ISILAH BENSIN WAKTU PAGI

3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN

HOAX:

"Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi secara teori apabila Anda mengisi bahan bakar saat siang dengan suhu udara panas, bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki kendaraan berat jenisnya lebih sedikit.
Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur jenis bahan bakar bensin, diesel dan hingga ethanol jika terjadi kenaikan suhu 1 derajat saja akan sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tentu tidak mau memberikan kompensasi karena perubahan temperatur tentunya."

 

4 dari 5 Halaman

ISI TANKI SETENGAH

ISI TANKI SETENGAH

4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.

HOAX:

"Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU."

 

5 dari 5 Halaman

JANGAN ISI BENSIN JIKA...

JANGAN ISI BENSIN JIKA...

5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN

HOAX:

"Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda."

 

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami