5 Hal yang Wajib Jadi Pertimbangan Sebelum Modifikasi Motor Kesayangan

Tapi sebelum mengubah tampilan mobil atau sepeda motor kesayanganmu, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum berakhir dengan penyesalan.

Kamis, 12 September 2019 09:16
©Shutterstock
Editor : Aik

Otosia.com - Kendaraan bermotor bukan hanya sekadar alat transportasi, juga bisa dijadikan media ekspresi seseorang dan membuatnya terlihat berbeda alias nggak pasaran. Seperti menuangkan bakat seni, alirannya pun beragam. Tapi sebelum mengubah tampilan mobil atau sepeda motor kesayanganmu, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum berakhir dengan penyesalan.

Bisa Kena Masalah Hukum

Aturan yang mengatur kendaraan hasil modifikasi di tanah air memang abu-abu, apalagi untuk sepeda motor. Nggak heran jika saat dipakai di jalan raya sering tersandung razia, mulai dari mengganti knalpot, ban hingga headlamp. Belum lagi kalau ikutan balapan liar yang melanggar hukum, seperti mengganggu ketertiban umum sampai membahayakan pengguna jalan.

Garansi Pabrik Hilang

Motor atau mobil yang baru keluar dari pabrik biasanya disertai garansi dalam jangka waktu tertentu yang jadi jaminan jika mengalami kesalahan perakitan maupun bahan. Tapi garansi itu bakal gugur jika kendaraan bermotor tersebut sudah dimodifikasi, misalnya mengganti tarikan mesin hingga memakai spare part yang bukan orisinal. Apalagi kalau statusnya kredit, jangan sembarangan memodifikasi karena dapat menghilangkan garansi yang bisa mendatangkan masalah di kemudian hari.

Bikin Bokek

Jangan coba-coba memodifikasi kendaraan bermotor kalau tidak punya modal. Yup, hobi yang satu ini cukup menguras uang dan tabungan. Bahkan berisiko membuatmu tertimbun utang dan tagihan kartu kredit kalau suka belanja online mencari sparepart lewat situs belanja. Sesuaikan modifikasi yang diinginkan sesuai dengan kemampuan finansial, ya. Misalnya untuk yang sedang coba-coba bisa mengganti velg atau menambahkan airbrush di bodi.

Risiko Kecelakaan

Pabrik kendaraan sudah menghitung dengan cermat semua kendaraan bermotor yang dijual di pasaran. Bukan hanya model dan mesinnya saja, tapi juga faktor keamanannya.

Sayangnya, nggak karang mereka yang suka memodifikasi kendaraannya memilih mengorbankan keamanan demi tampilan modis. Misalnya memilih mengganti ban atau mesin yang berisiko memicu kecelakaan. Bukan hanya rugi karena tunggangan jadi mengalami kerusakan, tapi juga pengendara pun bisa mengalami luka dari yang ringan hingga kemungkinan terburuk.

Jadi Bahan Cibiran

Salah satu tujuan pecinta modifikasi melakukan hobinya adalah mendapat pujian dan dikagumi karena kreativitasnya. Tapi nggak sedikit yang malah mengundang cibiran. Hal ini biasanya diberikan pada mereka yang terkesan lebay dan kurang memperhatikan kaidah-kaidah memodifikasi hanya karena ingin kendaraannya tampil keren.

Memodifikasi kendaraan memang bisa jadi hobi yang bikin kamu ketagihan. Tapi sebelum mencobanya, sebaiknya pertimbangkan hal-hal ini biar tak ada penyesalan di kemudian hari, mulai dari dapat cibiran hingga terlilit utang kartu kredit.

 

(kpl/eth)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami