5 Hal yang Bikin Garansi Motor Hangus Sia-sia

Banyak kemudahan yang bisa didapat dari program-program garansi dari diler resmi. Akan tetapi, jika tidak hati-hati, garansi motor bisa saja hangus kapan saja.

Selasa, 19 Juni 2018 21:00
Foto motor Honda by Honda Indonesia
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Setiap motor baru yang dibeli dari diler resmi umumnya memiliki paket garansi khusus. Bentuk garansi tersebut pun bermacam-macam, mulai dari injeksi, mesin, kelistrikan hingga spare part.

Banyak kemudahan yang bisa didapat dari program-program itu. Akan tetapi, jika tidak hati-hati, garansi motor bisa saja hangus kapan saja.

Ada banyak faktor penyebabnya. Berikut pemaparan Honda Cengkareng mengenai kasus hangusnya garansi kendaraan, terutama untuk motor Honda.

1. Buku Servis dan Garansi hilang atau rusak

Sebelum mengajukan klaim garansi pasti hal yang pertama ditanyakan oleh pihak Ahass adalah ketersediaan buku servis dan garansi. Jika buku tersebut hilang atau rusak garansi tidak akan bisa diklaim oleh pihak Ahass. Sebaiknya simpan buku service dan garansi di tempat yang aman dan mudah diingat. Dan pastikan untuk mendapatkan buku service dari Dealer tempat Kamu membeli motor.

2. Tidak Melakukan Perawatan Berkala 

Jika tidak melakukan service secara rutin sesuai dengan ketentuan pada buku service maka garansi akan hilang.

3. Terdapat Kerusakan Akibat Perawatan Diluar Ahass

Ketika melakukan perawatan sebaiknya dilakukan secara berkala di bengkel Ahass. Sebab, ketika Kamu memilih bengkel biasa, apabila terjadi kerusakan pada motor, maka tidak dapat melakukan klaim garansi.

Mekanik di bengkel biasa yang melakukan perawatan belum tentu teruji keahliannya dan bisa saja melakukan kesalahan. 

4. Kerusakan Dalam Penggunaan

Hal-hal yang termasuk dalam hal ini adalah :

5. Modifikasi Pada Bagian Kelistrikan 

Modifikasi kelistrikan seringkali menjadi penyebab kerusakan motor. Modifikasi ini biasa dilakukan untuk memasang alarm motor atau lampu yang berbeda dari standar pabrikan. Apabila melakukan modifikasi seperti ini berhati-hatilah sebab garansi bisa saja hangus.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/sdi)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami