5 Hal Menarik dari Hypercar Sian, Mobil Hybrid Pertama Lamborghini

Mobil hybrid pertama Lamborghini, Sian, disebut menjadi acuan untuk generasi supercar Lamborghini selanjutnya. Itu kenapa Sian memiliki hal-hal menarik.

Jum'at, 06 September 2019 11:15
5 Hal Menarik dari Hypercar Sian, Mobil Hybrid Pertama Lamborghini Lamborghini Sian (Topspeed)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Bugatti Chiron sebagai mobil tercepat rupanya belum cukup bagi Volkswagen Group. Kini salah satu pabrikan di bawah naungan VW Group, Lamborghini juga merilis mobil tercepatnya, Sian.

Sian bukan penerus Aventador. Melansir The Drive, Sian disebut sebagai mobil acuan untuk membuat supercar generasi berikutnya. Jangan lupa, Sian adalah mobil hybrid pertama Lambo.

Sebagai acuan, Sian dibekali berbagai macam hal yang lebih menarik, apa saja?

 

1 dari 5 Halaman

Lamborghini Tercepat

Sebagai mobil hybrid, itu artinya Sian memiliki dua sumber tenaga. Mesin konvensional dan motor listrik. Mesin V12 menghasilkan tenaga 785 hp. Saat dipadukan dengan motor listrik, tenaga Sian melonjak menjadi 819 hp.

Lamborghini mengatakan, Sian juga memiliki rasio power-to-weight tertinggi daru semua mobil bermesin V12. Akselerasi 0-100 kpj hanya butuh waktu 2,8 detik dan kecepatan puncaknya mencapai 349 kpj.

2 dari 5 Halaman

Supercapacitor

Sian memang menjadi mobil hybrid pertama Lambo. Tapi pabrikan lain sudah punya versi hybrid, seperti Porsche 918, McLaren P1, dan Ferrari La Ferrai, serta Ferrari SF90.

Tapi bedanya, Sian disebut menjadi hypercar pertama yang memakai supercapacitor. Pabrikan mengklaim bahwa hal itu membuat Sian tiga kali lebih powerful ketimbang memakai baterai lithium-ion.

3 dari 5 Halaman

Arti Nama Sian

Karena menjadi mobil hybrid pertama Lambo, tentu namanya juga harus mencerminkan karakternya. Itu mengapa, pabrikan Italia memilih nama Sian yang memiliki arti kilat, dalam dialek Bolognese.

"Nama itu merepresentasikan elektrifikasi pertama yang diproduksi Lamborghini dan menegaskan hubungan kuat kami dengan tempat kami beroperasi," jelas Bos Lamborghini, Stefano Domenicali.

4 dari 5 Halaman

Sold Out!

Sold Out!

Lamborghini semakin menegaskan eksklusivitasnya, dengan hanya memroduksi Sian sebanyak 63 unit. Konsumen juga bisa memilih warna Sian sesuai selera mereka. Harga mobil hybrid pertama Lambo ini mencapai USD 3,6 juta atau sekitar Rp 51 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.138). Kabar mengejutkannya, semua unit Lamborghini Sian sudah habis terjual.

5 dari 5 Halaman

Desain

Desain

Karakter desain Sian tidak jauh berbeda dengan supercar Lambo lain bermesin V12. Chief Engineer Lamborghini sebelumnya menyatakan bahwa mobil hybrid ini kemungkinan besar akan berbagi beberapa hal dengan Aventador 2.0.

 

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami