5 Hal ini Harus Dihindari oleh Pemilik Mobil Bertransmisi Manual

Supaya lebih awet, mobil dengan transmisi manual harus dihindari dari 5 hal berikut!

Senin, 05 Juni 2017 14:15
Manual Transmission (foto: Engineering Explained)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Pemilik mobil dengan transmisi manual punya pendapat tersendiri saat mengendarai mobil mereka, karena bagi beberapa pengendara mobil manual punya kelebihan seperti relatif mudahnya perawatan dibandingkan mobil matic, serta pengalaman berkendara yang juga berbeda.

Tapi sekalipun bagi banyak orang perawatan dari mobil bertransmisi manual relatif lebih mudah, ternyata masih banyak pengendara yang melakukan banyak yang yang merusak transmisi mereka. Maka dari itu, Engineering Explained mencoba menunjukkan 5 hal yang harusnya tak dilakukan pada mobil bertransmisi manual.

Bagi yang memiliki mobil manual seringkali dalam kondisi yang stop and go tangan untuk menghindarkan kecapek-an, mereka mengistirahatkan pergelangan tangan mereka pada persneling. Padahal kebiasaan tersebut bisa memberikan pressure pada selector fork yang bisa membuatnya aus pada waktu yang berkepanjangan.

Selain itu, para pengguna mobil manual biasanya bermasalah dengan shifting pada medan yang menanjak. Mengerem menggunakan gear pada kondisi mobil yang di jalan menanjak justru akan membuat gear jadi aus, bahkan bisa merusaknya.

Dan yang juga sering dilakukan saat mobil berhenti adalah memasukkan gear, dan kaki menginjak kopling. Hal ini juga seharusnya bisa diminimalisir karena tekanan pada kopling juga berpotensi mengurangi usia dari gear disc lebih cepat dari penggunaan normal. Lebih lengkapnya mari disimak video berikut!

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami