5 Fakta Balapan Formula 1, Tak Banyak yang Tahu

Balap Formula 1 selalu menarik diperbincangkan. Apalagi soal fakta-fakta yang mungkin tak banyak orang yang tahu, seperti daftar fakta berikut.

Kamis, 12 September 2019 18:15
5 Fakta Balapan Formula 1, Tak Banyak yang Tahu Balap Formula 1 (Zing)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Balap mobil Formula 1 (F1) sudah dihelat sejak tahun 1950-an. Balapan mobil ini memberikan banyak sumbangsih untuk pengembangan industri otomotif dunia.

Itu salah satu manfaat F1, selain sebagai kompetisi balap mobil. Ada beberapa fakta balap mobil F1 yang mungkin tak banyak yang tahu, seperti dikutip dari Zing.

1 dari 5 Halaman

600 Orang dalam 1 Tim

600 Orang dalam 1 Tim

Jika kamu pecinta balap F1, atau setidaknya pernah menonton balap F1 baik secara langsung atau di tlevisi, tentu pernah melihat situasi balapan tersebut. Beberapa kali kamera menyorot kondisi masing-masing tim yang mengikuti balap mobil kelas dunia ini.

Terlihat banyak sekali staff yang berada dalam satu tim, sekitar 50-an orang. Puluhan staff itu memiliki tugas masing-masing selama 3 hari balapan. Terlepas dari kondisi saat balapan, ternyata ada lebih dari puluhan staff yang membantu seorang pembalap.

Beberapa tim, memiliki hampir 600 orang staf yang bekerja sama untuk menyukseskan seorang pembalap. Masing-masing pembalap memiliki tim mekanik, manager, teknisi, dan asisten personal.

Jumlahnya memang menyesuaikan seberapa besar nama tim dan nama pembalap yang tergabung dalam sebuah tim.

2 dari 5 Halaman

Tak Hanya Satu Kejuaraan

Tak Hanya Satu Kejuaraan

Banyak anggapan bahwa pembalap berkompetisi hanya untuk mencapai kemenangan dan mendapatkan predikat juara. Padahal ada gelar kejuaraan kedua yang disebut Constructor Championship.

Kejuaraan ini didapatkand ari hasil kalkulasi skor dua pembalap dari satu tim yang sama. KEjuaraan tim ini tidak semenarik kejuaraan individu memang, tetapi hadiah dari kejuaraan tim cukup besar bagi tim untuk terus bisa berkompetisi, atau mundur dari F1 musim selanjutnya.

3 dari 5 Halaman

Dilarang Isi Bensin Saat Balap

Dilarang Isi Bensin Saat Balap

Tak seperti balapan Nascar, balapan F1 mengharuskan mobil balap diisi bensin sebelum balapan dimulai. Pembalap harus memanfaatkan bahan bakar yang tersedia. Mobil balap F1 hanya diizinkan memasuki area teknis untuk mengganti ban.

Dulu, balapan F1 masih memungkinkan pengisian bahan bakar selama kompetisi. Tapi sebuah insiden berbahaya mengubah aturan tersebut. Maka itu, tim harus memperkirakan berapa banyak jumlah bahan bakar yang cukup untuk balapan.

4 dari 5 Halaman

Kehilangan Cairan 4L

Kehilangan Cairan 4L

Pembalap F1 bisa kehilangan cairan tubuh 3,5 liter hingga 4 liter dalam sekali balapan. Hal itu lantaran para pembalap harus fokus dan ventilasi mobil F1 yang cukup buruk.

Mobil para pmebalap dilengkapi dengan air yang bisa diminum oleh para pembalap, dengan cara menekan salah satu tombol di setir mobil mereka. Sehingga mereka tak sampai dehidrasi.

5 dari 5 Halaman

20 Tombol di Setir

20 Tombol di Setir

Setir mobil F1 dilengkapi dengan barbagai macam tombol untuk mengaktifkan fitur-fitur teknologi mobil. Itu kenapa setir mobil F1 lebih terliaht seperti permainan game, daripada untuk kompetisi.

Para pembalap dilibatkan saat mendesain setir mobil mereka. Pada setir mobil F1, pembalap bisa mengatur mode mesin, berbicara dengan teknisi balap, bahkan mengatur speed limit ketika sedang balapan.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami