5 Benda Penting Agar Pulang Mudik Naik Motor Nyaman

Libur lebaran 2018 sebentar lagi akan berakhir. Waktu untuk pulang dari kampung halaman pun telah tiba. Mempersiapkan diri untuk perjalanan pulang mudik pun perlu dilakukan.

Kamis, 21 Juni 2018 09:45
Foto by Merdeka.com
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Libur lebaran 2018 sebentar lagi akan berakhir. Waktu untuk pulang dari kampung halaman pun telah tiba. Mempersiapkan diri untuk perjalanan pulang mudik pun perlu dilakukan. Menurut koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Edo Rusyanto, terdapat 5 benda penting yang harus disiapkan para pemotor sebelum melakukan perjalanan pulang mudik.

Yang pertama adalah kelengkapan surat mulai dari Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). "Pastikan SIM masih berlaku, SIM mati bisa kena tilang. Tentu amat merepotkan untuk mengikuti sidang di kota yang jauh dari tempat tinggal kita," jelas Edo kepada Otosia lewat pesan singkat.

Selanjutnya adalah perlengkapan bermotor seperti helm SNI (Standar Nasional Indonesia), jaket, sepatu, sarung tangan dan jas hujan (untuk berjaga-jaga). Pastikan jaket yang digunakan berbahan tebal dan berwarna mencolok agar mudah terlihat. Untuk sepatu ada baiknya menggunakan yang menutupi mata kaki dan tidak memakai tali.

Benda ketiga adalah obat-obatan. "Untuk berjaga-jaga bisa membekali diri dengan obat luka luar atau obat gosok menghilangkan rasa pegal," jelas Edo.

Pastikan ponsel terisi dayanya dan jika perlu membawa pengisi daya portabel. Namun, yang paling utama adalah menyiapkan nomor-nomor penting terkait panggilan darurat, mulai dari kerabat, kantor polisi hingga rumah sakit di rute yang dilintasi. Sebelum berangkat cobalah pelajari peta atau rute yang akan dilewati. Saat ini ponsel sudah memiliki aplikasi peta yang memudahkan kita untuk mempelajari rute perjalanan.

Terakhir adalah uang receh. "pecahan Rp 1.000 hinga Rp 5.000 bisa bermanfaat untuk membayar uang parkir hingga jasa toilet di SPBU," tutup Edo.

saya sudah baca ini!

(kpl/fid/ahm)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami