4 Tips Merawat Transmisi Otomatis Agar Tetap Awet

Jika mobil matik Anda mengalami masalah, maka siap-siap saja harus mengeluarkan uang yang lebih banyak

Senin, 04 Desember 2017 07:00
4 Tips Merawat Transmisi Otomatis Agar Tetap Awet Transmisi Otomatis (Youtube)

Editor : Sidiq

Otosia.com - Mobil dengan transmisi matik kini makin digemari. Kemacetan yang semakin parah di kota-kota besar menjadi salah satu alasan pengendara memilih mobil matik.

Meski demikian, mobil ini ternyata cukup rentan pada bagian mesin dan transmisinya. Apalagi jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Nah, jika mobil matik Anda mengalami masalah, maka siap-siap saja harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk memperbaikinya.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dilansir dari laman Nissan, berikut 4 tips merawat transmisi otomatis agar tetap awet.





2. 

3. 

4. 

 

1 dari 4 Halaman

Memeriksa dan Mengganti Oli

Memeriksa dan Mengganti Oli

Penggantian oli biasanya dilakukan berdasarkan jarak atau lamanya penggunaan mobil. Idealnya oli transmisi otomatis mobil diganti setiap 50 ribu km setelah digunakan. Namun, jika anda pengguna mobil yang aktif, sebaiknya lebih sering mengganti oli. 

Anda juga perlu mengenali warna oli mobil. Jika oli berwarna hitam, sudah sepatutnya Anda segera mengganti oli. Sementara jika Anda melihat oli berwarna cokelat susu tandanya oli Anda tercampur air. 

Jika kondisi seperti itu segeralah mengganti untuk mencegah karat dan kerusakan komponen lain. Dan jika menemukan oli berada di bawah garis, ada kemungkinan terjadinya kebocoran dan harus segera ditanggulangi.

2 dari 4 Halaman

Posisikan Transmisi Secara Pas

Posisikan Transmisi Secara Pas


Saat posisi mobil Anda berhenti, pastikan selalu menempatkan posisi tuas transmisi pada posisi netral (N). Jika Anda sering membiarkan tuas mobil Anda pada posisi Drive (D) sama saja Anda membiarkan kanvas kopling mobil terus bergesekan. Kondisi kanvas yang aus dapat membuat kinerja transmisi otomatis mobil tidak optimal.

3 dari 4 Halaman

Hindari Gas Mendadak

Hindari Gas Mendadak


Saat mulai menjalankan mobil matik, pastikan untuk tidak langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Hal tersebut dapat mengganggu kualitas katup solenoid. 

 

Perlu Anda perhatikan bahwa sistem di perangkat transmisi pada mobil matik membutuhkan beberapa detik untuk dapat menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. Jika proses tersebut belum selesai dan sudah menerima tekanan besar, sudah dipastikan katup solenoid mobil Anda akan rusak.

4 dari 4 Halaman

Panaskan Mobil Dahulu

Panaskan Mobil Dahulu


Hal ini mungkin terdengar sepele. Tapi jika tidak dilakukan, akan membuat mesin mobil matik Anda terganggu. Usahakan untuk membiasakan melakukan pemanasan mesin mobil pada pagi hari sebelum Anda pergi beraktivitas. 

Pastikan pula tuas transmisi mobil matic Anda berada pada posisi N saat mobil Anda dipanaskan.

(kpl/ary)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami