4 Teknologi Keamanan Aktif Pada Mobil

Beberapa teknologi yang dikembangkan pada mobil diperuntukkan bagi keamanan dan kenyamanan pengemudinya. Pada kondisi yang lebih kompleks, teknologi aktif memegang peranan penting untuk mencegah kondisi yang lebih fatal pada pengemudi.

Rabu, 06 Agustus 2014 09:15
4 Teknologi Keamanan Aktif Pada Mobil Teknologi keamanan aktif (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Beberapa teknologi yang dikembangkan pada mobil diperuntukkan bagi keamanan dan kenyamanan pengemudinya. Pada kondisi yang lebih kompleks, teknologi aktif memegang peranan penting untuk mencegah kondisi yang lebih fatal pada pengemudi.

Dengan pengertian bahwa mekanisme pengaktifan 'safety active technology' pada mobil digunakan untuk melakukan 'back up' teknologi pencegahan kecelakaan yang sebelumnya sudah tertanam pada mobil tertentu.

Dengan pengembangan yang sudah jauh lebih baik, teknologi keamanan aktif saat ini sudah dirasa cukup baik, dan akan jadi lebih baik seiring dengan pengembangan-pengembangan yang dilakukan banyak pabrikan mobil.

Ini dia beberapa teknologi safety aktif yang telah dikembangkan di dunia.

1 dari 4 Halaman

Lane Departure Prevention

Lane Departure Prevention

Teknologi ini merupakan teknologi yang berfungsi sebagai penerus Lane Departure Warning. Sehingga teknologi ini mampu melakukan langkah lebih jauh apabila pengemudi yang sempat keluar jalur untuk bisa kembali pada 'lane' yang benar.

Mekanismenya adalah teknologi ini mengaktifkan rem yang berlawanan dengan arah kemana mobil sempat akan keluar jalur. Sehingga apabila mobil oleng ke kiri perlahan, rem sebelah kanan akan aktif.

2 dari 4 Halaman

Vehicle Stability Control

Vehicle Stability Control

Teknologi ini berfungsi untuk membuat mobil tetap berada di jalur yang stabil dengan arah yang konsisten, terutama jika berada di tikungan yang cukup tajam.

Teknologi ini bekerja dengan cara membatasi tenaga dan output mesin serta mengendalikan kendaraan lewat kontrol traksi.

3 dari 4 Halaman

Intelligent Brake Assist

Intelligent Brake Assist

Intelligent Brake assist diaktifkan menggunakan parameter jarak yang telah ditentukan oleh pabrikan mobil terkait. Salah satu mekanismenya adalah apabila pengemudi mengalami lengah, sehingga kurang bisa mengira-ngira jarak antara mobilnya dengan mobil atau kendaraan di depannya. Di saat berada jarak tertentu, rem akan aktif dan mencegah kolisi antara dua kendaraan tersebut.

4 dari 4 Halaman

ABS, EBD, dan BA

ABS, EBD, dan BA

Ketiganya merupakan sistem pengereman yang sebenarnya cukup darurat. Karena ketiganya bekerja secara konstan dan simultan sehingga mampu memberikan kinerja optimal kepada mobil terkait.

Antilock Brake System membuat supaya kendali pengemudi kepada ban tetap terjaga. Electronic Brake-force Distribution memberikan kontribusi berupa pengurangan jarak pengereman yang lebih pendek. Sementara Brake Assist berperan memberikan tekanan maksimal sehingga pengereman darurat bisa dimungkinkan.

MASIH BANYAK BERITA UNIK MENARIK LAINNYA

    (kpl/fjr)

    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT


    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami