3 Perbedaan Mendasar Honda CB190R dan CBF190R

Meski diperuntukkan dengan nama yang berbeda, dua model tersebut nyatanya tidak terlalu berbeda jauh.

Selasa, 01 September 2015 20:45
3 Perbedaan Mendasar Honda CB190R dan CBF190R Honda CB190R dan CBF190R

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Diperkenalkannya Honda CB190R dan CBF190R jelas membawa angin segar bagi para pecinta otomotif di Negeri Tirai Bambu yang kini memang sedang menjadi target pasar Honda. Tampilan unik, kreasi kekar ala streetfighter dan mesin modern dipercaya sanggup melelehkan kekuatan rival.

Meski diperuntukkan dengan nama yang berbeda, dua model tersebut nyatanya tidak terlalu berbeda jauh. Terdapat beberapa konfigurasi mulai dari desain bodi dan mesin yang mengindikasian jika sebenarnya mereka kembar, tapi anehnya keduanya tetap saja berbeda.

Ditilik dari unsur spesifikasi, Honda Tiongkok dalam keterangannya hanya menyertakan satu spsesifikasi untuk dua model itu. Penjabarannya dapat Anda pastikan pada tabel di bawah:

Sedangkan dari unsur desain dan lekukan bodi tegasnya sekalipun, tidak dipungkiri jika memang mereka adalah dua motor yang sama tapi didesain berbeda secara 'minor'. Lalu apa saja perbedaan dari Honda CB190R dan CBF190R?

1 dari 3 Halaman

Distributor

Distributor

Diterangkan oleh situs resmi Honda.com Tiongkok, Honda CB190R dan CBF190R merupakan dua varian yang sama, tapi didistribusikan oleh dua main dealer yang berbeda. Hal tersebut dijabarkan bahwa CB190R akan dikuasai oleh Wuyang - Honda Motorcycle (Guangzhou) Co., Ltd. production and sales, sedangkan CBF190R sendiri dikendalikan oleh new Honda Motor Co sales

Sejak diperkenalkan pada tanggal 25 Agustus 2015 lalu, duo dealer tersebut cukup optimis untuk segera berlabuh di hati para konsumen Tiongkok. Rencana selama ini masih dijadwalkan akan meluncur pada bulan Oktober mendatang.

Hingga kini Honda tetap opitimis untuk menghasilkan produk yang tahan 'banting' oleh gempuran para pengusaha lokal maupun internasional. Hal tersebut kian nampak dari rancangan desain yang begitu cantik dan tegas. Bahkan kekuatan mereka dikembangkan oleh tipe baru 184cc PGMFI yang diklaim lebih irit.

2 dari 3 Halaman

Livery

Livery

Selain menghadirkan tipe mesin, tampilan nyentrik dan berbagai part khusus yang membuatnya terlihat kekar, Honda CB190R dan CBF190R turut dilengkapi dengan sejumlah jubah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Beda nama, tentu beda livery yang disediakan. Datang dari dua distributor berbeda, CB190R punya kesan tersendiri dengan livery Repsol MotoGP. Berikut beberapa detail yang dijabarkan oleh Honda Tiongkok:

Honda CB190R: intense red, diamond black, matte gray, Hyun flash yellow, GP orange

Honda CBF190R: pearl black, large white shark, fluorescent red, Alice gray, red, white and blue version

3 dari 3 Halaman

Cover Mesin

Cover Mesin

Selain dua komponen di atas, perbedaan keduanya hanya nampak sekilas dari kover mesin. Hal tersebut memang sangat mencolok karena Honda CB190R memakai black machine dan CBF190R lebih serasi dengan laburan gold.

Meski berbeda sampul, bukan berarti mereka tidak serupa. Semua konfigurasi mesin tetap senada sehingga menampilkan citra diri yang harmonis dari sudut depan hingga belakang.

Keduanya sama-sama tampil agresif berkat dibenamkannya fitur LED tepat pada headlights, sein dan taillights. Apalagi juga telah terpasang short silencer, ban tapak lebar dan suspensi depan up side down (USD).

(kpl/sdi)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami