3 Mobil Hatchback Paling 'Safe'

Dalam perkembangannya, mobil hatchback merupakan mobil yang difungsikan sebagai 'pembawa barang' di bagian belakang mobil, disebut hatchback karena dilengkapi dengan fasilitas berupa pintu 'swing'.

Senin, 19 Mei 2014 13:15
3 Mobil Hatchback Paling 'Safe' 3 mobil hatchback dengan fitur keamanan terbaik (Source foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Dalam perkembangannya, mobil hatchback merupakan mobil yang difungsikan sebagai 'pembawa barang' di bagian belakang mobil, disebut hatchback karena dilengkapi dengan fasilitas berupa pintu 'swing'.

Di Indonesia sendiri mobil dengan basic hatchback juga sangat diminati, karena keperluan perjalanan jauh, atau yang lebih spesifik lagi untuk memuat barang dengan jumlah yang cukup banyak di bagian belakang mobil.

Keamanan juga barang pasti akan jadi bahan pertimbangan tersendiri, sehingga penumpang juga tidak merasa 'insecure' saat mengendarai mobil tersebut dan khawatir akan dirinya apabila terjadi kecelakaan.

Dari banyak mobil hatchback, berikut ulasan mobil-mobil hatchback dengan fitur keamanan yang paling baik.

1 dari 3 Halaman

Mazda 3i Touring

Mazda 3i Touring

Mazda 3 sejatinya diproduksi dengan model sedan dan hatchback, dengan identitas khas ala Mazda, terutama untuk versi hatchback, menawarkan fitur berbeda dalam segi keamanannya.

Mobil ini dibekali dengan mesin sebesar 2.0 liter, 4 silinder. Bertenagakan 155 hp, torsi maksimal sebesar 150 Nm dan top speed yang kabarnya bisa mencapai kecepatan yang cukup mencengangkan, yakni 209 km/jam.

Fitur keamanan utama dari mobil ini antara lain adalah 6 buah airbag, termasuk diantaranya yang tertanam di headrest dan torso airbag. Rollover sensor, Kendali stabilitas elektronik, ABS, serta DRL. Mobil ini mempunyai kekuatan atap yang dites oleh IIHS dan mampu menahan beban sampai 8.200-an kg beban.

Kabarnya, meskipun dianggap tidak memiliki pasar di Indonesia, Mazda 3 model hatchback kabarnya dihargai sampai Rp 300 jutaan.

2 dari 3 Halaman

Chevrolet Spark LS

Chevrolet Spark LS

Mobil yang jadi robot kembar di film Transformers sebagai Skids dan Mudflap ini, ternyata memiliki fitur keamanan yang menggiurkan dan memberi kesan bahwa mobil ini tak hanya keren di wajah, tapi secara fitur keamanan juga lengkap.

Mobil dengan ukuran relatif kecil ini bersenjatakan mesin 1.2 liter 4 silinder. Kecepatan maksimalnya mencapai 164 km/jam. Dengan tenaga sejumlah 84 hp dan torsi maksimal 84 Nm.

Fitur keamanannya antara lain airbag yang tertanam pada bagian depan kemudi, headrest, sisi kanan kiri, rollover sensor, Electronic Stability Control, ABS, DRL dan pembedanya ada di bagian knee airbag, yang melindungi kaki pengemudi dan penumpang depan dari cedera lutut / tulang kering. Kekuatan mobil ini bisa menahan tekanan sebesar 4.600 kg.

Chevrolet Spark generasi ketiga ini dihargai Rp 143 jutaan On the Road Jakarta.

3 dari 3 Halaman

Subaru Impreza 2.0R

Subaru Impreza 2.0R

Mobil buatan Jepang ini ternyata juga memberikan model hatchback pada Subaru Impreza buatan tahun 2012. Model yang tersedia antara lain model original, Premium, Sport Premium, Limited, dan Sport Limited.

Mobil ini dibekali dengan dapur pacu sebesar 2.0 liter dengan 4 silinder. Dengan tenaga mencapai 148 hp dan torsi maksimal sejumlah 146 Nm.

Subaru Impreza hatchback juga dilengkapi 6 buah airbag, di depan, belakang, serta sisi kanan kiri untuk mengantisipasi tekanan dari samping. Dilengkapi rollover sensor, ABS, DRL, dan pelindung lutut pengemudi berupa knee airbag. Subaru Impreza Hatchback sendiri mampu menahan tekanan sebesar sampai 7.000 kg.

Subaru Impreza untuk seri New Impreza 2.0R dengan transmisi manual dijual dengan harga Rp 280 juta On the Road Jakarta.

 

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami