3 Cara Mengemudi Efisien Saat Macet Kala Harga BBM Naik

Supaya bisa berhemat BBM, sebenarnya Otolovers bisa menyiasatinya dengan memperbaiki cara berkendara saat macet.

Jum'at, 12 Oktober 2018 22:00
Ilustrasi macet (futurity.org)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kini sudah dinaikkan, membuat para pengendara kendaraan bermotor harus pintar-pintar mengirit BBM saat berkendara.

Terlebih saat kondisi jalanan sedang macet. Tentu saja hal itu akan menambah kerugian lantaran selain memakan waktu, padatnya arus lalu lintas membuat bahan bakar terbuang sia-sia karena kondisi macet.

Supaya bisa berhemat BBM, sebenarnya Otolovers bisa menyiasatinya dengan memperbaiki cara berkendara saat macet. Seperti dilansir dari Astraworld, ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, atur suhu kabin. Jangan posisikan temperatur pada posisi terendah. Ketika suhunya terasa cukup segera naikkan agar kinerja kompresor AC tak terlalu berat.

Kondisi ini dapat membuat kompresor berhenti bekerja. Sehingga mengurangi beban pada mesin dan irit BBM.

Kedua, bagi pengguna mobil transmisi otomatis, jangan menggunakan modus 'D' saat berhenti menunggu macet. Sebab ketiak berada di posisi tersebut dan pedal rem diinjak, laju mobil akan tertahan.

Praktis, kondisi ini membuat beban mesin lebih berat sehingga membuat konsumsi BBM lebih boros. Disarankan, menggunakan modus 'N' ketika mobil diperkirakan berhenti. Pada posisi ini mesin mobil tidak akan terbebani dan pada akhirnya memuat distribusi bensin lebih hemat.

Ketiga, hindari menginjak gas terlalu dalam ketika transmisi dari berhenti kemudian jalan. Tekan pedal perlahan sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami