3 Cara Berkendara Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar

Cara menghemat bensin untuk sepeda motor bisa dilakukan dengan mudah. Cara menghemat bahan bakar sepeda motor bisa dilakukan mulai dari cara berkendara hingga merawatnya secara berkala.

Jum'at, 09 Agustus 2019 15:45
3 Cara Berkendara Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar Cara berkendara sepeda motor untuk hemat bensin (Istimewa)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Menghemat bahan bakar artinya juga bisa menghemat pengeluaran. Apalagi jika setiap hari harus beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor.

Selain kondisi sepeda motor yang terawat dan prima, untuk menghemat konsumsi bahan bakar juga diperlukan cara berkendara yang tepat. Mengutip laman Wahana Honda, berikut cara berkendara sepeda motor yang tepat supaya konsumsi bahan bakar sepeda motor lebih irit.

Berkendara Sewajarnya

Saat berkendara jangan terlalu berlebihan, jangan asal geber gas. Apalagi para pengguna motor matik yang asal menarik tuas gas. Hal itu bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Menggeber gas yang terlalu mendadak menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros, ketimbang menarik gas secara pelan-pelan.

Selain boros, mesin juga akan menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama. Sementara dari segi keamanan, perilaku itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

1 dari 2 Halaman

BBM Oktan Lebih Tinggi

BBM Oktan Lebih Tinggi

Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, selain bisa menghemat bahan bakar juga bisa membuat mesin awet. Sebab, pembakaran bahan bakar akan lebih sempurna. Sehingga mesin pun lebih bersih tanpa ada kerak yang menempel di dinding mesin.

Memang baha bakar beroktan tinggi memiliki risiko lain, seperti mesin jadi lebih panas. Tapi hal ini bukan masalah sebab mesin motor kekinian sudah dibekali dengan sistem pendingin mesin yang baik.

2 dari 2 Halaman

Servis Mesin Berkala

Servis Mesin Berkala

Untuk menunjang cara berkendara sepeda motor yang menghemat bahan bakar, mesin motor yang terawat memiliki sistem pembakaran dan penggunaan bahan bakar yang optimal. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar menjadi lebih efektif dan jauh lebih irit.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami