3 Anak Muda Ini Bikin Motor Listrik, Salah Satunya Terinspirasi Honda Monkey

Tiga karyawan muda Elnusa menciptakan motor listrik hasil konversi sepeda motor konvensional, salah satunya terinspirasi desain Honda Monkey.

Selasa, 12 Januari 2021 21:15
3 Anak Muda Ini Bikin Motor Listrik, Salah Satunya Terinspirasi Honda Monkey Sepeda motor listrik ciptaan tim Elbike (Istimewa)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - PT AGNI PT Elnusa Tbk (Elnusa) mengembangkan motor listrik berbasis sepeda motor konvensional. Showcase motor yang diberi nama Elbike lebih dulu diperkenalkan di kalangan internal di Graha Elnusa.

Motor listrik tersebut merupakan hasil rancang bangun Tim Elbike yang dibentuk oleh tiga karyawan muda Elnusa. Mereka adalah Fachrul Muttaqien, M. Reza Falevi dan M. Dhea Titis G.

Rencananya motor tersebut akan dipasarkan menjadi tiga varian yang disesuaikan dengan kegunaan maupun harga.

 

 

1 dari 3 Halaman

"Saya tidak menyangka teman-teman Agniers dapat membuat sepeda motor listrik yang menarik, namun nantinya harga jual dan layanan yang ditawarkan harus menarik agar bisa kompetitif dengan yang ada di market saat ini," kata Arief Riyanto, Direktur Pengembangan Usaha & Operasi Elnusa.

Latar belakang pembuatan motor tersebut lantaran tim Elbike melihat jasa penyediaan konversi motor listrik dan varian buatan lokal masih kurang. Selain itu desain motor listrik buatan lokal dinilai kurang bagus.

Sepeda motor listrik bergaya supermoto (Elbike)

 

2 dari 3 Halaman

Elbike mengembangkan produk berupa layanan konversi dan modifikasi motor listrik, baik berupa kit maupun produk akhir sepeda motor listrik. Nantinya pengguna sepeda motor konvensional yang ingin mengonversi menjadi sepeda motor listrik dapat menggunakan jasa Elbike melalui platform digital untuk desain serta pemesanan.

Saat ini Elbike sudah memiliki beberapa desain produk motor listrik, seperti yang ECR-3000 'Bima Enduro' Supermoto Traill Bike. Motor ini dapat dipacu hingga 100 km per jam.

Selain itu, ada juga ECR-1000 Classic yang terinspirasi Harley Davidson Twin Model 10F tahun 1914, serta ECR-500 Gorilla yang terinspirasi Honda Z50 Monkey.

 

3 dari 3 Halaman

"Bagus motornya, baik dari sisi framecenter of gravity, responsif dan pengendaliannya sudah setara sepeda motor listrik pabrikan besar," ujar Rony Hartanto, VP Oilfield Services Elnusa.

Kedepannya Elbike bekerja sama dengan startup AGNI lain yaitu EVINE akan memberikan layanan terintegrasi pengecasan cepat (fast charging) dan manajemen baterai.

 

(kpl/nzr)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami