3 Alasan Mesin Supercar Diletakkan di Belakang, Sudah Tahu?

Pada mobil populer biasanya mesin terletak di depan. Sedangkan pada mobil dengan spesifikasi tinggi, seperti supercar ada di belakang. Mengapa begitu?

Jum'at, 17 Mei 2019 21:45
Porsche hybrid (Autoevolution)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Jika diperhatikan, posisi mesin mobil berbeda-beda. Ada yang di depan, tengah, dan belakang.

Pada mobil populer biasanya mesin terletak di depan. Sedangkan pada mobil dengan spesifikasi tinggi, seperti supercar ada di belakang. Menurut Zing, hal itu bukan tanpa alasan.

Pertama, untuk akselerasi yang lebih baik. Ketika berakselerasi, seluruh volume kendaraan akan tepojok ke belakang. Mesin yang dipasang di depan tidak akan membuat banyak kompresi pada permukaan jalan untuk roda belakang. Hal itu menyebabkan roda belakang bisa tergelincir dan mengurangi akselerasi kendaraan.

Kedua, mempermudah mobil menikung dalam kecepatan tinggi. Supercar tidak dihadirkan untuk berjalan lambat. Jika pabrikan menempatkan mesin supercar di depan, mobil akan mudah understeer.

Ketiga, mengurangi berat kendaraan. Kebanyakan mobil sport menggunakans sistem penggerak roda belakang. Maka menempatkan mesin di belakang, bisa membantu mengurangi detail sistem transmisi seperti poros baling-baling. Mengurangi detail berarti mengurangi bobot kendaraan, inilah yang penting untuk supercar.

Meski begitu, ada kekurangannya juga dengan posisi mesin di belakang. Banyak yang beranggapan mobil dengan mesin di belakang susah dikendarai. Padahal jika bisa menguasai, sebenarnya pengemudi bisa melakukan drift-through-drift dan mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami