3 Alasan Kenapa Skutik Listrik Yamaha Tak Langsung Dijual

Kenapa tidak langsung dijual? Dyonisius Beti, Chief Operating Officer (COO) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menyebut tiga alasan.

Kamis, 02 November 2017 09:45
Yamaha Electric (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing baru saja memperkenalkan skutik listrik dengan bentuk semacam Fino untuk digunakan di area terbatas.

Empat tempat dipilih, yakni Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, dan The Breeze BSD.

Kenapa tidak langsung dijual? Dyonisius Beti, Chief Operating Officer (COO) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menyebut tiga alasan.

"Yamaha secara teknologi dan secara komersial sudah punya pengalaman yang cukup lama sejak 1993. Untuk Indonesia, kenapa tidak langsung dan jual dan impor? Kami tidak berani gegabah untuk langsung jual ke pasar," ujarnya.

Alasan pertama, di Jakarta itu di beberapa area, saat hujan terjadi, pengguna motor akan terabas. Jika yang digunakan adalah motor bensin, maka masalahnya mogok. Untuk motor listrik, pengguna pun bisa saja tersetrum.

Alasan kedua terkait dengan suara motor listrik yang hampir tidak terdengar.

"Di Indonesia, naik motor ada masalah kecepatanlah, terobos lampu lalu lintas. Ini enggak ada suara. tahu-tahu bruk tabrak. Tidak bersuara, ini bisa banyak sekali kecelakaan," ujarnya.

Hal lainnya menyangkut baterai. Baterai litium, seperti dikatakannya,, berbeda dengan aki. Sementara itu, masyarakat Indonesia memperlakukan baterai yang habis dengan mudah saja, yakni meebuangnya ke tong sampah.

"Ini bisa jadi limbah berbahaya. Aki sekarang pun dikolek bisa dijual bekas. Kalau baterai ini tidak bisa direcycle lagi. Ini menyangkut anak cucu kita, bisa jadi racun. Jadi ini tes dulu. Kami memilih lingkungan terbatas. Coba di dalam pabrik, dengan edukasi. Aman dipakai indoor, beda dengan motor listrik. Tidak langsung di jalan raya."

YANG LAINNYA JUGA GOKIL NIH, OTOLOVERS!

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami